10 Alasan Kenapa Harus Beli Drone DJI Mini 2, Upgrade Sob!

Diposting pada

DJI baru saja merilis drone terbarunya bernama DJI Mini 2. Drone ini pada awalnya diprediksi bernama DJI Mavic Mini 2 lantaran memiliki kesamaan desain dan ukuran dengan DJI Mavic Mini.

DJI Mini 2 dengan video 4K 30 fps dan file RAW DNG
DJI Mini 2 dengan 4K 30 fps dan file DNG RAW

Namun setelah launching ternyata namanya adalah DJI Mini 2. Meski begitu penggemar menyimpulkan bahwa drone ini adalah seri “peningkatan” spesifikasi dari versi Mavic Mini yang telah beredar sejak awal tahun 2020 lalu.

Lantas apa yang ditawarkan dari DJI Mini 2 ini sehingga kita harus upgrade dari versi Mavic Mini? Tentu saja peningkatan spesifikasi seperti kualitas rekaman video mencapai 4K 30 fps, file foto mentah DNG, lama terbang yang bertambah 1 menitan hingga jarak terbang yang lebih jauh.

Mengenai harga DJI Mini 2 ini memang lebih mahal satu atau dua jutaan dibanding DJI Mavic Mini. Harga DJI Mini 2 di Indonesia dibandrol sekitar Rp.9 jutaan untuk versi combo dan harga ini juga hanya memiliki selisih dua jutaan saja dengan DJI Mavic Air 2.

Saya pernah membahas diartikel sebelumnya sob mengenai selisih harga ini sehingga kita perlu berpikir lebih matang lagi apakah memutuskan membeli DJI Mini 2 atau DJI mavic Air 2 versi basic? Nah silahkan menuju artikelnya : Pilih DJI Mini 2 atau DJI Mavic Air 2.

Nah kali ini saya akan membahas mengenai 10 alasan penting kenapa sobat harus membeli DJI Mini 2 dan mengupgrade drone Mavic Mini yang sudah dimiliki? Berikut penjelasannya.

Tentang DJI Mini 2

Kita tahu DJI Mavic Mini cukup laris dipasaran termasuk di Indonesia, awal mula kemunculannya drone mungil ini langsung banyak yang membeli mengingat harga yang ditawarkan cukup bersaing dikelasnya yakni sekitar Rp.7 jutaan saja versi combonya.

Kita tahu drone dengan harga Rp.7 jutaan dipasaran cukup bersaing dengan merek Hubsan seperti Hubsan Zino Pro ataupun Fimi X8E 2020. Namun penggemar tentu lebih melihat kepada merek dimana DJI sudah cukup baik dalam hal reputasi.

Namun pada kenyataannya tidak sedikit penggemar mengeluhkan drone DJI Mavic Mini ini semisal dari jarak terbang yang hanya mampu mencapai beberapa puluh meter saja.

Meski banyak yang mengatakan “jarak tidak terlalu penting” namun nyatanya banyak pengguna yang mencoba mengakalinya dengan memasang booster penguat sinyal. Ternyata jarak terbang memang memberikan kepuasan tersendiri bagi para pencinta drone.

DJI Mavic Mini memang tampil mungil dan ringan sehingga lebih nyaman dibawa kemana-mana. Namun banyak juga yang mengatakan angin kencang membuat drone menjadi rentan terjadi crash ataupun error.

Bagi saya pribadi dari pada membeli DJI Mavic Mini maka akan lebih baik jika kita membeli drone merek lainnya seperti Hubsan Zino Pro Plus yang sudah pasti tidak memiliki masalah secara umum termasuk jarak terbang yang mampu mencapai 8 KM dalam kondisi tertentu. Silahkan simak ulasannya di artikel sebelumnya : Alasan pilih Hubsan Zino Pro Plus dibanding DJI Mavic Mini.

Selebihnya DJI Mavic Mini tampil istimewa dari sisi kamera meskipun hanya memiliki resolusi 2.7 K saja namun hasilnya tetap jernih. Selain itu lama terbang mencapai 30 menitan menjadi pertimbangan utama melirik drone mungil ini.

Namun bagi para video creator tentu selalu menginginkan spesifikasi yang lebih dalam banyak hal. Oleh sebab itu DJI Mini 2 dihadirkan dengan mengalami peningkatan spesifikasi. Lantas apa saja yang terdapat pada DJI Mini 2?

  1. Video 4K 30fps

Kita tahu pada DJI Mavic Mini sekalipun hanya dibekali resolusi 2.7K 30 fps pada videonya namun hasilnya sudah lumayan baik. Apalagi pada DJI Mini 2 yang dibekali resolusi video 4K 30 fps serta maksimaum bitrate mencapai 100 Mbps menjadikan lebih banyak data tangkapan gambar sehingga kualitas video terlihat semakin sempurna.

4K video resolusi pada DJI Mini 2
4K video DJI Mini 2

Ini adalah salah satu alasan penting bagi para videography aerial bertema cinematic dimana kualitas video menjadi nomor satu yang menjadi perhatian.

  1. Gambar File RAW DNG

Kita tahu para fotographer profesional lebih menyukai foto dengan file RAW atau mentahan. File mentah ini akan memberikan keleluasaan bagi para fotographer dalam mengolah gambar pada software seperti Adobe.

Kita bisa leluasa mengkombinasikan berbagai warna serta ketajaman foto sesuai keinginan untuk menciptakan gambar unik dan menawan. Tentu ini adalah salah satu keunggulan dari DJI Mini 2 yang tidak sobat temukan di DJI Mavic Mini.

  1. Peningkatan Performa Drone

Pihak DJI mengatakan drone DJI Mini 2 ini mengalami peningkatan tenaga sehingga bisa tetap stabil meski angin menerpa dengan kecepatan 24 miles perjam.

Meski begitu pengguna mungkin tidak akan terlalu menyadari akan peningkatan performa ini sekalipun menggunakan mode sport pada saat terbang. Tapi kalau sobat terbiasa menerbangkan DJI Mavic Mini tentu mode Sport pada DJI Mini 2 akan terasa lebih cepat.

  1. DJI Mini 2 Bisa Zoom Kamera

Kelebihan DJI Mini 2 adalah adanya fitur Zoom pada kameranya sehingga kita bisa melakukan Zoom pada saat merekam video. Meski begitu fitur ini akan aktif jika sobat melakukan perekaman diresolusi 1080p.

-1080p gives you 4x Zoom: 2x lossless zoom plus 2x lossy zoom
-2.7K – 3x lossy zoom
-4K – 2x lossy zoom

  1. Terbang Lebih Lama

Kita tahu pada DJI Mavic Mini memiliki kemampuan terbang 30 menitan sementara pada DJI Mini 2 mengalami penambahan 1 menit menjadi total 31 menitan.

Tapi bagi saya pribadi drone dengan kemampuan terbang 25 menit saja sudah cukup memuaskan apalagi jika mampu terbang mencapai 31 menitan tentu kita akan lebih banyak mendapatkan footage yang diinginkan.

  1. Transmisi OcuSync 2.0

Perbedaan yang mencolok pada DJI Mini 2 adalah sistem transmisi OcuSync 2.0 yang sama pada DJI Mavic Air 2. Tentu saja hal ini akan meningkatkan jarak terbang drone ini sekaligus memberikan obat penawar atas kekecewaan DJI Mavic Mini yang hanya mampu terbang beberapa puluh meter saja.

upgrade remot transmisi DJI Mini 2
Upgrade remot dan transmisi DJI Mini 2

DJI Mini 2 di klaim mampu terbang mencapai 10 kilometer dengan dua pita frekuensi 2.4 or 5.8 GHz.

Meski dalam kenyataannya kita akan sulit mencapai titik maksimum 10 kilometer namun jika mampu mencapai 4 atau 5 kilometer saja maka sudah cukup memuaskan. mudah-mudahan pada DJI Mini 2 ini kita akan terpuaskan dengan jarak terbang yang didapatkan.

  1. Remot Terbaru seperti Mavic Air 2

Peningkatan transmisi ini diimbangi dengan upgrade remot controlnya menjadi sama seperti DJI Mavic Air 2. Transmisi OcuSync 2.0 akan membuat drone mampu terbang hingga maksimum 10 kilometer. Desain remot juga sangat elegan dan lebih nyaman saat pengoperasian.

  1. Propeller yang Lebih Baik

Pada DJI Mavic Mini banyak penggemar yang mengeluhkan masalah propeller yang meyebutkan ada sedikit perubahan setelah mengalami pemakaian ataupun setelah disimpan cukup lama.

Perubahan ini semisal pada sumbu-sumbu critical yang berhubungan dengan aerodinamis yang mengakibatkan penurunan daya angkat.

Nampaknya pada DJI Mini 2 terdapat nomor seri berbeda pada setiap propellernya dan ini menunjukkan peningkatan kualitas propeller agar selalu terjaga fungsinya dengan baik.

  1. Memotret dengan Mode Panorama

Ada tiga pilihan tipe memotret mode panorama pada DJI Mini 2 yakni Sphere, 180 and Wide.

Pada mode Sphere kamera DJI Mini 2 akan memotret setidaknya 26 gambar dan kemudian menggabungkannya menjadi gambar utuh. Sementara pada mode 180 kamera akan menangkap tujuh gambar saja secara menyeluruh dengan model landscape. Mode Wide adalaha gambar yang lebih besar dengan menggabungkan sembian foto yang dihasilkan.

  1. Kecepatan Memindahkan Gambar ke Smartphone

Kenyamanan tentu menjadi hal utama bagi para pencinta drone terutama saat proses pemindahan file ke perangkat lain seperti smartphone. Pada DJI Mini 2 ini kecepatan 20 Mbps membuat proses transfer file lebih cepat.

Kesimpulannya

Tentu saja melihat detail ulasan diatas ada peningkatan spesifikasi yang cukup signifikan pada drone DJI Mini 2 dibanding DJI Mavic Mini. Para penggemar akan lebih simpel saat membawa drone ini kemana-mana lantaran ukurannya yang kecil.

Selain itu para videographer akan dimanjakan dengan kualitas video 4K 30 fps serta foto dengan file mentah RAW DNG.

Drone DJI Mini 2 versi combo bisa menjadi pilihan dengan 3 baterainya maka kita bisa terbang hingga 93 menitan diluar sana dan puas mengumpulkan footage-footage cantik yang diinginkan.

Meski begitu ada beberapa hal yang terlewatkan di DJI Mini 2 ini yakni tidak adanya active track sehingga ketika kita ingin mengambil sebuah objek dengan drone yang bergerak keberbagai arah tentu harus dilakukan secara manual dan butuh latihan rutin untuk melakukan hal ini.

Jadi dengan harga Rp.9 jutaan untuk versi combo ini bisa jadi drone ini akan memenuhi hasrat sobat dalam dunia video atau fotography aerial. Atau jika ingin bersabar sedikit sobat bisa mencoba meminang DJI Mavic Air 2 dengan fitur yang jauh lebih canggih, apalagi harganya terpaut Rp. 2 juta saja dengan versi standarnya.

Jadi bagaimana apakah sobat akan upgrade DJI Mavic Mini ke DJI Mini 2?

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”