10 Cara Memperbaiki Layar HP Tidak Merespon Disentuh dan Berfungsi Lagi

memperbaiki layar hp rusak

Halo sobat, kali ini saya mau bahas lebih lengkap mengenai cara memperbaiki layar HP tidak merespon disentuh. Saat ini hampir semua ponsel menggunakan layar sentuh sebagai tempat utama untuk mengoperasikan ponsel.

Jika terjadi masalah pada layarnya seperti tidak berfungsi dengan baik tentu ponsel kita akan sulit dioperasikan. Berbeda halnya dengan jaman dulu dimana masih menggunakan tombol Qwertypad dengan layar HP jenis biasa saja.

Ketika layar HP rusak atau bahkan retak selama masih bisa telrihat gambarnya maka tombol Qwertypad masih bisa digunakan dengan baik.

Sementara pada layar HP model touchcreen ini memang kita mesti hati-hati menjaganya agar tidak rusak bahkan tergores sedikitpun. Maka tak jarang dari produsen smartphone sudah melapisi layar tersebut dengan lapisan pelindung plastik. Meski pada dasarnya layar sudah didesain kuat dengan lapisan Corning Gorilla Glass namun tetap saja tidak bisa maksimal melindungi dari goresan.

Apalagi kondisi layar rusak bisa terjadi dengan berbagai sebab seperti kena air, kena debu dan tergores atau bahkan jatuh dan retak. Nah diartikel cara memperbaiki layar HP yang tidak merespon kali ini selama kondisinya masih belum retak maka sobat bisa mencoba beberapa langkah dibawah ini.

Jadi sebelum pergi ke tempat serviece HP ada baiknya sobat mecoba langkah-langkah cara memperbaiki layar HP yang tidak merespon, berikut lebih jelasnya:

memperbaiki layar hp yang rusak

10 Cara Memperbaiki Layar HP Tidak Merespon Saat Disentuh

Cara ini bisa dilakukan disemua ponsel dengan layar sentuh atau touchscreen seperti vivo, oppo, samsung, xiaomi dan HP lainnya.

  1. Bersihkan Layar HP dari Kotoran

Layar HP akan sulit merespon lantaran dipermukaannya terdapat kotoran seperti sisa makanan atau minyak yang sudah mengering. Biasanya hal ini terjadi jika Ponsel sobat sering digunakan oleh anak-anak.

Oleh sebab itu langkap pertama yang harus dilakukan adalah pembersihan layar HP dari kotoran dengan cara “mengelapnya”. Gunakan kain yang halus agar tidak tergores kemudian sedikit basahi dengan air atau bisa menggunakan minyak kayu putih.

Gosok secara perlahan sampai permukaan layar HP benar-benar bersih setelah itu “lap” dengan kain yang kering dan biarkan sampai layar ponsel benar-benar kering.

Sobat juga bisa menggunakan tisu basah untk membersihkan layar HP dan setelah bersih silahkan keringkan. Cara ini umum dilakukan untuk mengatasi layar touchscreen HP yang tidak merespon dengan masalah ringan.

  1. Mengganti Lapisan Pelindung Layar (Tempered Glass)

Tempered Glass atau lapisan pelindung layar yang sudah rusak bisa menjadi penyebab layar HP sulit merespon saat disentuh. Biasanya jika ada tempered glass yang retak atau rusak maka sebagian tombol fingsi HP menjadi bermasalah.

Solusinya sudah pasti sobat harus mengganti lapisan pelindung layar tersebut dengan yang baru. Sobat bisa membelinya dipasaran atau dimarketplace yang sesuai dengan jenis ponsel yang sobat miliki.

Kemudian sebelum menempelkannya pada lapisan layar touchscreen HP sobat maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu layarnya dan pastikan dalam kondisi kering. Kemudian silahkan tempelkan tempered glass tersebut pada layar dengan baik dan benar.

Dengan cara ini maka layar HP yang tidak merespon saat disentuh akan kembali berfungsi seperti semula.

  1. Merestart Ponsel Sobat

Sistem yang error bisa menjadi penyebab layar HP tidak merespon saat disentuh. Biasanya sistem yang error atau “ngehank” diakibatkan oleh banyak hal seperti kondisi memori RAM yang sudah tidak sanggup menampung kinerja ponsel dengan terlalu banyaknya aplikasi yang dipasang.

Jika sudah “ngehank” maka ponsel akan sulit dioperasikan, layar ponsel dalam kondisi hidup namun sayang layar sentuhnya tidak merespon sama sekali. Solusinya adalah restart ponsel sobat kemudian nyalakan kembali.

Hal ini akan sekaligus menghapus “cache” atau file sampah didalam sistem dan membuat ponsel akan kembali normal seperti semula. Jika masih belum berhasil juga silahkan resrat kembali kemudian lepas baterai dan sim card, diamkan selama beberapa menit dan pasang kembali baterai dan sim cardnya lalu nyalakan ponsel.

  1. Memori RAM Penuh

Selain bisa mengakibatkan “ngehank” memori RAM yang sudah overload bisa menyebabkan layar sentuh pada HP tidak merespon dengan baik dan akan terjadi “ngelag” yang parah. Hal ini disebabkan terlalu banyaknya aplikasi yang diinstal dan berjalan di backround.

Solusinya adalah hapus file sampah atau “Cache” bisa secara manual melalui “Settingan” kemudian “penyimpanan” dan bersihkan atau bisa menggunakan aplikasi pembersih cache seperti CC Cleaner dan lain sebagainya.

Namun hal ini bersifat sementara selama aplikasi lain masih terinstal karena aplikasi-aplikasi android tersebut membutuhkan memori dan RAM untuk operasionalnya. Oleh sebab itu sebaiknya hapus aplikasi-laplikasi android yang tidak perlu dan memberatkan kinerja ponsel.

  1. Mengaktifkan GPU Reading

Penyebab layar sentuh yang kurang responsif bisa jadi lantaran efek transisi pada layar yang buruk, oleh sebab itu tidak ada salahnya jika sobat mencoba meringankannya dengan mengaktifkan Force GPU Reading pada ponsel.

Caranya bisa masuk kemenu “Pengaturan atau Setting” kemudian “Depeloper Options” dan “Force GPU Reading“. Karena setiap ponsel berbeda maka sobat bisa mencoba masuk ke menu “Setting atau Pengaturan” kemudian pilih “About Phone” dan “Depeloper Options“.

Namun hal ini bisa dilakukan jika ponsel kamu sudah tidak memiliki cara lain untuk memperbaiki layar HP yang tidak merespon saat disentuh.

  1. Rendah HP Didalam Beras

Biasanya hal ini dilakukan jika ponsel sobat terkena air sehingga beberapa fungsi HP tidak berfungsi dengan baik termasuk layar, bisa jadi HP akan mati karena kemasukan air. Cara yang umum dilakukan adalah merendam HP pada beras.

Entah ini cara dari siapa namun cara ini dipercaya mampu mengembalikan fungsi HP dengan baik karena beras dianggap bisa menyerap kandungan air pada HP. Benarkah?

  1. Kembalikan ke Pengaturan Awal (Pabrik)

Jika kelima cara diatas masih belum berhasil memperbaiki layar HP yang tidak merespon maka langkah selanjutnya yang bisa sobat coba adalah mengembalikan kepengaturan awal ponsel atau ke pengaturan pabrik.

Namun terlebih dahulu silahkan sobat backup data-data terlebih dahulu dikarenakan dikhawatirkan nomor-nomor ponsel sobat yang sudah di save akan hilang semuanya. Cara mengembalikan ponsel ke versi pabrik diantaranya adalah:

Tekan tombol power dan volume secara bersamaan dan jangan dilepas sampai muncul menu pilihan pada layar HP sobat, kemudian piliha “Factory Reset”. Gunakan tombol volume untuk memilih menu-menunya. Setelah itu klik “Factory Reset” dan tunggu proses reset ponsel ke pengaturan pabrik.

  1. Bawa Ke Tukang Service

Langkah terakhir jika semua langkah sudah kamu lakukan namun layar HP masih belum merespon maka kemungkinan ada kerusakan baik pada layarnya maupun pada sistem ponselnya. Langkah terakhir adalah silahkan bawa ke service center atau tukang service HP.

Siapkan dana secukupnya karena kemungkinan akan ada proses penggantian layar LCD ponsel sobat dengan yang baru.

Cara Mengecek Kondisi Layar HP

Cara mengecek kondisi layar ponsel sobat apakah dalam kondisi baik atau tidak maka sobat bisa menggunakan aplikasi android Multitouch Tester. Silahkan sobat unduh aplikasi tersebut kemudian jalankan dan ikuti langkah-langkah pengecekan kondisi layar sesuai perintah pada aplikasi tersebut.

Mengecek Fungsi Layar HP

Untuk memperbaiki layar rusak sebagian maka sobat perlu mengetahui sebelah mana posisi yang rusak pada layar, caranya adalah dengan melakukan pengecekan fungsi layar pada ponsel.

Caranya cukup mudah sobat hanya perlu menyentuh sudut kiri atas pada layar HP kemudian tarik ke sudut kanan bawah secara perlahan dan hitung prosesnya selama 10 kali saja. Jika saat proses penarikan jari pada layar tersebut ternyata terlepas, maka kemungkinan ada kerusakan pada hardware layar ponsel.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki layar HP rusak tidak merespon saat disentuh, semoga saja cara ini bisa berhasil bagi sobat yang memiliki masalah dengan HP nya. Semiga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”