10 Hal Penting Agar Blog Keterima Google Adsense Terbaru

cara keterima google adsense

Beberapa waktu lalu kita sudah bahas mengenai cara daftar google adsense terbaru agar keterima, nah kali ini kita akan ulas lebih dalam lagi mengenai hal apa saja yang wajib ada agar pengajuan google adsense sobat bisa lancar jaya dan keterima.

Beberapa orang memang mengalami kesulitan mengajukan google adsense agar keterima, gak sedikit yang mengalami kegagalan alias di tolak. Namun dari yang ditolak tersebut rata-rata memang blognya masih belum memenuhi syarat.

Kebanyakan mereka gak sabar ingin buru-buru mendaftar google adsense kemudian keterima dan bisa menampilkan iklan di blognya. Padahal blog yang didaftarkan tersebut bisa dikatakan masih baru dan belum bertrafik.

Padahal kalau kamu realistis juga buat apa memiliki akun google adsense ketika blog masih belum ada traffiknya karena penghasilanpun gak akan ada. Jadi lebih baik sabar aja dulu sambil membangun blog sobat hingga ramai pengunjung sehingga pas keterima google adsense sudah ada klik yang nyantol untuk menambah pundi-pundi uang sobat.

keterima google adsense

Google Adsense jadi Pilihan Prioritas Blogger

Google Adsense masih menjadi pilihan utama para blogger untuk memoneteize blognya. Hal ini tak heran lantaran Google Adsense memiliki sistem yang sangat baik yang mampu menampilkan iklan yang sesuai dengan isi blog kita.

Bagi para pemburu dollar dari Adsense inilah yang kerap mengakalinya untuk memaksimalkan pendapatan dengan membuat blog-blog dengan tema yang tinggi harga kliknya atau CPC (Cost Per Click) sehingga sekali klik si pemilik blog berpotensi mendapatkan uang yang lumayan.

Selain itu Google merupakan perusahan yang tak perlu diragukan lagi sehingga setiap tanggal 22 setiap bulannya para blogger sudah pasti digaji sesuai pendapatannya dan di transfer ke rekening bank masing-masing.

Hanya saja saat ini Google Adsense menerapkan peraturan yang cukup ketat sehingga tidak semua blog bisa keterima lantaran harus memenuhi beberapa syarat wajib. Bukan hanya itu adanya “Addsite review” membuat tidak semua blog bisa menampilkan iklan.

Misalkan sobat sudah memiliki akun Google Adsense dengan satu blog yang menampilkan iklan, kemudian sobat berencana menampilkan iklan lagi di blog lainnya. Nah blog yang baru tersebut harus di review terlebih dahulu oleh tim Google Adsense apakah memenuhi syarat atau tidak.

Kalau sesuai maka blog baru tersebut bisa menampilkan iklan sementara sebaliknya kalau tidak sesuai maka tidak bisa menampilkan iklan. Ibaratnya ini seperti daftar baru hanya saja di satu akun Google Adsense.

Alasan Umun Tidak Keterima Google Adsense

Rasanya “nyesek” banget pengajuan google adsense kita ternyata di tolak, padahal bisa saja kita sudah mencoba membuat blog sebagus mungkin. Tapi nyatanya bagus menurut kita belum tentu bagus menurut Google kan? Nah inilah alasan-alasan kenapa Google Adsense menolak blog kamu diantaranya.

  1. Konten Tidak Berkualitas

Biasanya ketika ditolak Google Adsense mereka akan mengirimkan email ke kita dengan isi kurang lebih “konten tidak memadai”. Artinya blog kita bisa disebut masih belum memiliki konten yang cukup banyak.

Kebanyakan dari kita memang tidak sabaran ketika membuat blog masih memiliki belasan artikel sudah mau langsung daftar Google Adsense.

Disamping itu isi konten bisa dikatakan kurang bagus baik dari sisi penulisan atau grammer jika blog sobat berbahasa Inggris. Intinya Google Adsense ingin blog kita menyuguhkan artikel berkualitas yang enak dibaca oleh pengunjung.

Artikel juga tidak boleh melanggar hak cipta atau copas artikel orang lain. Artikel harus murni apa yang ditulis oleh pemilik blog.

Nah jika sobat sudah niat ingin menjadi blogger maka keahlian utama yang harus dimiliki adalah menulis karena blog berisi artikel-artikel. Berbeda dengan youtube yang berisi video-video. Silahkan buatlah blog dengan artikel yang berkualitas dan kaya minimal 350 kata dan semakin panjang semakin bagus.

  1. Template Blog Tidak Enak Dilihat

Bagi pemula tentu masih cukup kesulitan merubah template blog agar lebih enak dilihat apalagi jika sobat menggunakan mesin Blogger yang perlu keahlian khusus dalam mengedit kode HTML.

Blog yang tidak keterima Google Adsense bisa jadi dipengaruhi oleh tampilan blog yang kurang baik, terlalu banyak tombol menu yang tidak perlu serta widget-widget yang tidak semestinya diadakan. Alhasil pengunjung blog merasa tidak nyaman jika berada di blog tersebut.

Saya pribadi lebih senang membjat blog yang minimalis namun semua kebutuhan untuk pembaca terpenuhi dengan baik seperti menu-menu utama yang ditampilkan.

  1. Menu Halaman Wajib Tidak Lengkap

Hal penting lainnya kenapa blog kamu tidak diterima Google Adsense adalah menu halaman di blog tidak lengkap atau tidak ada sama sekali. Halaman tersebut adalah “About” yang menjelaskan singkat tentang blog sobat. Kemudian halaman “Contact” berisi form contact agar pengunjung tidak kesulitan menghubungi sobat.

Halaman privacy policy yang berisikan agrement atau kebijakan privasi yang saat ini tentu mudah dibuatkan dengan cara mencari di google dengan kata kunci cara membuat halaman privacy policy.

Sebenarnya tiga halaman tersebut sudah cukup namun sobat masih bisa menambahkan halaman lainnya sebagai pelengkap seperti halaman site map dan disclaimer.

  1. Melanggar Kebijakan Google Adsense

Sudah pasti blog yang tidak keterima google adsense adalah blog yang melanggar kebijakan dari google adsense itu sendiri. Diantaranya adalah blog yang tidak memiliki konten yang cukup memadai bisa karena jumlahnya masih sedikit, artikelnya pendek alias kurang kaya informasi atau artikel hasil copy paste.

Selain itu blog dengan traffik bukan dari search engine juga rentan ditolak google adsense. Usahakan terlebih dahulu blog sobat memiliki traffik dari search engine atau minimal blog dan artikel-artikelnya sudah terindeks oleh mesin pencari google.com.

Navigasi blog juga cukup berpengaruh terhadap kenyamanan pembaca semisal penempatan menu-menu di halaman blog yang menyulitkan. Traffik dari sumber ilegal adalah dilarang sehingga sudah pasti pengajuan google adsense sobat akan ditolak.

Lantas apa saja yang harus dilakukan sebelum mendaftar Google Adsense agar peluang blog sobat diterima semakin besar? Berikut beberapa hal yang perlu dimiliki oleh blog sobat.

Sebelum Mendaftar Google Adsense, Lakukan Beberapa Langkah ini

  1. Membuat Blog

Buatlah blog yang baik dan benar, sebaiknya pikirkan dengan matang blog apa yang mau sobat buat, kemudian tentukan nama domain yang pas untuk blog sobat setelah itu putuskan apakah akan menggunakan blog selfhosting yakni wordpress atau menggunakan mesin blogger. Jika sudah silahkan instal blog sobat.

  1. Gunakan Domain TLD (Top Level Domain)

Top Level Domain tentu saja akan terlihat lebih istimewa dan profesional dibandingkan dengan domain gratisan seperti blogspot.com meskipun beberapa waktu kebelakang domain blogspot.com cenderung lebih mudah diterima google adsense.

Sayangkan akun google adsense tersebut bersifat “hosted” sehingga iklan tidak bisa tayang di blog dengan domain .com dan lain sebagainya. ALhasil akun iklan adsense tersebut harus di upgrade dengan syarat yang tidak mudah.

Bukan hanya itu saat ini setiap akun adsense tidak bisa menampilkan iklan pada blog yang tidak terdaftar di adsense sehingga harus melewati proses “ADD Review”. Artinya meskipun kamu sudah memiliki akun adsense dan tayang di blog utama, maka kode iklan lainnya ketika dipasang di blog lain tidak akan muncul iklannya.

Nah sebaiknya dari awal silahkan membeli domain TLD semisal dot com (.com). Instal blog sobat dengan domain tersebut di blog wordpress dengan self hostingnya atau jika sobat menggunakan blogger maka bisa dicustom domain.

Blog dengan domain TLD dirasa memiliki peluang yang lebih besar diterima google adsense karena dianggap blog akan diurus secara profesional.

  1. Desain Blog Minimalis

Sebenarnya tidak ada aturan apakah desain blognya mau minimalis atau cukup “wah” hanya saja yang perlu diperhatikan adalah desain blog yang sesuai dengan kebutuhan. Jika blog sobat bersipat lebih personal dengan informasi-informasi ringan maka bisa menggunakan desain atau template yang minimalis.

Atau sobat yang rajin menulis maka bisa menggunakan desain yang semi “news” dengan memasang menu-menu penting saja atau navigasi yang memudahkan pengunjung.

Intinya silahkan berkaca pada diri sobat sendiri dan posisikan sobat sebagai pengunjung blog apakah sobat cukup nyaman saat mengakses blognya atau tidak. Selain itu perhatikan kecepatan loading blog jangan sampai “lemot”, blog juga harus mobile friendly dan SEO friendly.

Saran kami adalah investasikan sedikit uang sobat untuk membeli template blog premium baik wordpress maupun blogger.

  1. Buat Beberapa Halaman Penting

Halaman-halaman penting yang wajib ada dalam sebuah blog diantaranya adalah halaman about, contact, privacy policy dan beberapa halaman opsional seperti sitemap dan disclaimer.

Halaman about berisi penjelasan singkat mengenai maksud dan tema dari blog sobat, jelaskan secara detail tentang apa sih blog sobat ini. Kemudian halaman contact berisikan form contact yang memudahkan pengunjung saat ingin menguhungi sobat, akan lebih bagus jika ditambah nama dan alamat email atau kontak lainnya.

Sementara privacy poilicy sobat bisa membuatnya secara otomatis bisa menggunakan plugin wordpress atau mencarinya di google search dengan kata kunci “cara membuat privacy policy online”.

  1. Perhatikan Jenis Konten

Google Adsense melarang blog-blog yang membahas tentang pornography atau konten dewasa, konten bajakan, hacking, obat-obatan terlarang, perjudian dan lain sebagainya. Usahakan blog sobat akan bersih dari hal-hal yang memang dilarang oleh google adsense dan juga dilarang pemerintah.

  1. Buatkan Konten Berkualitas

Google sangat menyukai blog dengan konten atau artikel berkualitas yang disukai oleh banyak orang. Artiel-artikel tersebut sangat bermanfaat bagi banyak orang dan bukan konten hasil copy paste. Tim Google Adsense akan melakukan pengecekan manual untuk menilai kualitas konten sobat.

Konten berkualitas bisa dilihat dari judulnya yang sesuai dengan isi artikel, artikel memiliki jumlah kata yang banyak sehingga menyuguhkan pembahasan yang lebih panjang namun mendalam. Dari sisi grammer juga cukup baik sehingga mudah dimengerti oleh para pengunjung blog.

  1. Jumlah Postingan

Agar blog keterima Google Adsense maka sebelum mendaftar pastikan jumlah artikel yang sudah diposting cukup banyak dengan artikel-artikel yang berkualitas minimal 350 kata. Sambail menunggu blog ada traffiknya maka sebaiknya sobat fokus kepada konten terlebih dahulu.

Saya sendiri ketika blog sudah memiliki artikel sebanyak minimal 20 artikel asli bukan copy paste juga cukup panjang kemudian artikel-artikel tersebut sudah diindeks oleh google search dan sudah berumur minimal 3 minggu atau satu bulan maka setelah itu mendaftar Google Adsense.

Dengan cara tersebut saya sendiri hampir semua blog didaftarkan google adsense selalu keterima dengan status full aprove.

  1. Hindari Memasang Iklan Lain

Jika sobat ingin mendaftar google adsense maka sebaiknya hindari memasang kode iklan lain. Ada banyak program periklanan baik PPC atau CPM yang tidak “bersahabat” dengan Google Adsense maka sebaiknya lepas semua kode-kode iklan tersebut setelah itu baru daftar Google Adsense.

Namun jika sudah keterima Google Adsense sobat masih bisa memasang iklan dari perusahaan lainnya seperti MGID yang juga saya gunakan pada blog saya lainnya.

  1. Usia Minimal 18 Tahun

Usahakan usaha minimal 18 tahun sebelum mendaftaf google adsense namun jika sobat masih belum cukup umur atau masih sekolah maka bisa menggunakan identitas milik orang tua. Masukan identitas yang benar sesuai dengan KTP karena nantinya akan verifikasi alamat melalui PIN yang dikirim ke rumah juga verifikasi metode pembayaran.

  1. Jangan Gunakan Sumber Traffik Terlarang

Google Adsense akan menyukai traffik yang datang dari mesin pencarian seperti google.com. Maka untuk mendapatkan pengunjung dari google blog sobat harus dibangun dengan baik dan benar yang sesuai dengan metode SEO. Silahkan mengunjungi artikel sebelumnya tentang Cara Ampuh Membuat Blog Banyak Pengunjung.

Jika Ditolak Google Adsense

Tentu Google Adsense menolak permohonan sobat sekalian lantaran blog dianggap masih belum layak untuk mengikuti program tersebut. Biasanya yang dotolak adalah blog-blog yang masih baru yang dianggap belum memenuhi standar namun sudah didaftarkan, maka yang harus dilakukan adalah.

  1. Jangan Menyerah

Maka sobat jangan menyerah, google akan mengirimkan surat balasan penolakan pengajuan google adsense dengan alasan blog masih belum sesuai dengan kebijakan yang diminta google. Maka google memberikan peluang untuk mengajukan kembali dengan syarat blog harus diperbaiki dengan baik.

Oleh sebab itu janganlah menyerah apalagi blog sobat juga belum ada traffiknya, sekalipun keterima maka tidak akan ada pemasukan lantaran pengunjungpun tidak ada, maka perbaiki blognya dan daftar ulang.

  1. Perbaiki Blog

Perbaiki blog sobat mulai dari template serta menu-menu yang dirasa kurang bermanfaat namun dipaksakan dipasang, sederhanakan blog sobat dengan navigasi yang memudahkan pengunjung.

Perbaiki kualitas artikel blog dan rajin update sekaligus menunggu blog sobat mampu mendatangkan pengunjung harian yang stabil. Jika sudah cukup ada pengunjung sekalipun masih puluhan namun stabil dan bersumber dari search engine maka silahkan daftar Google Adsense kembali maka peluang diterimanya lebih besar.

  1. Gunakan Alternatif Lain

Jarang rasanya jika blog yang sudah dibangun dengan baik sepenuh hati serta mampu mendatangkan trafik yang stabil dari google search namun masih ditolak oleh Google Adsense.

Namun jika tetap masih ditolak maka sobat masih bisa memanfaatkan sumber penghasilan lain selain Google Adsense salah satunya adalah MGID. Saya sendiri pernah menghasilkan $3000 dari MGID bermodalkan blog gratisan.

Kesimpulan

Secara umum mendaftar google adsense tidaklah sulit begitupun peluang diterimanya juga sangat besar mengingat program ini adalah gratis dan bisa diikuti oleh siapa saja diseluru h dunia.

Hanya saja blog-blog yang keterima Google Adsense wajib memenuhi persyaratan yang diberikan. Minimal buatlah blog yang simpel dengan donain TLD kemudian isilah dengan artikel-artikel berkualitas.

Setelah itu jangan buru-buru mendaftar apalagi belum ada pengunjungnya karena percuma saja ada iklannya tapi tidak ada trafiknya. Jika sudah ada traffik stabil dari google search sekalipun hanya puluhan maka silahkan daftar.

Nah itulah cara agar blog keterima oleh Google Adsense semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat sekalian.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”