10 Peluang Usaha Makanan Rumahan Sistem Delivery yang Menjanjikan

Diposting pada

Peluang Bisnis Makanan – Siapapun pasti ingin memiliki usaha sekalipun usaha tersebut adalah usaha sampingan. Hanya saja banyaknya faktor terutama kurangnya modal keinginan tersebut masih belum bisa dilaksanakan.

peluang usaha makanan rumahan

Padahal jika kita benar-benar “kekeuh” pengen usaha sebenarnya ada banyak jenis usaha yang tidak memerlukan modal besar dan hanya membutuhkan keahlian memasak dengan membuat beraneka ragam jajanan atau makanan.

Dari hasil pengamatan saya, usaha jajanan atau makanan memang cukup menggiurkan, jika tak mempunyai warung atau toko, tentu saja tidak masalah. Sekarang ini banyak pengusaha pemula memanfaatkan sosial media seperti facebook sebagai media promosi. Silahkan baca artikel sebelumnya tentang Tips Berjualan di Facebook Secara Gratis Tapi Efektif.

Strategi Bisnis Makanan Disekitar Kita

Sebelum kita ke intinya, sebaiknya sobat sekalian memperhitungkan terlebih dahulu mengenai strategi apa yang bakal digunakan, sobat harus membuat riset terlebih dahulu produk makanan apa yang bakal diproduksi.

Tentukan target pasarnya misalkan se-Kecamatan Cipongkor, maka sobat tinggal masuk ke grup facebook Cipongkor. Kemudian mulai perhatikan di kecamatan tersebut makanan atau kue apa yang jarang atau bahkan tidak ada dipasaran namun cukup diminati.

Parameternya bisa melalui diri kamu sendiri atau keluarga, kira-kira suka tidak dengan kue atau makanan ini, kalau misal mereka suka maka bisa menjadi bahan produk makanan kamu untuk dijual.

Pastikan kamu mengemasnya dalam bentuk paket box untuk menekan biaya produksi dan lebih memberikan keuntungan besar.

10 Jenis Usaha Makanan yang Menjanjikan

Nah kali ini kita akan berikan informasi mengenai jenis-jenis makanan apa saja yang bakalan laku dipasaran sekitaran kamu tinggal praktekan saja dan mulai promosikan melalui sosial media facebook.

1. Jenis Usaha Makanan Aneka Kue

Kue menjadi yang paling kami rekomendasikan, anek kue yang bisa kamu produksi seoerti kue kering atau kue basah. Jajanan kue tempo dulu terkadang memiliki daya tarik lebih dibandingkan kue-kue modern.

Sebut saja kue terompet, kue pisang molen, kue risol keju, kue tradisional dan lain sebagainya. Kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan aneka gorengan.

2. Jenis Usaha Makanan Siap Saji Tradisional (Seblak, Mie Goreng, Dll)

Jenis makanan siap saji seperti mie goreng spesial, seblak spesial, seblak ceker dan lain sebagainya yang bisa delivery akan lebih diminati konsumen. Study kasus ditempat saya penjual Seblak Delivery selalu memiliki pelanggan baru dan juga tetap.

3. Jenis Usaha Makanan Pelengkap

Jenis usaha makanan pelengkap makanan utama atau pelengkap nasi, kamu bisa membuat serundeng kelapa yang dicampur dengan kacang dan lain sebagainya. Atau kamu juga bisa membuat abon daging ayam atau sapi.

Kemas dalam ukuran sedang dan besar dan bisa dipesan atau delivery sehingga pemesan tidak perlu datang ke toko.

4. Jenis Usaha Makanan Keripik

Penggemar keripik memang tak pernah ada habisnya, jenis cemilan ringan ini paling disukai lantaran bisa dinikmati kapan saja terutama diwaktu santai sambil nonton TV. Kamu bisa membuat aneka keripik seperti keripik singkong, keripik kentang, keripik sukun, keripik pisang dan lain sbagainya.

5. Buah-Buahan

Jenis usaha buah-buahan masih harus riset pasar terlebih dahulu, jika buah-buahan umum seperti mangga, anggur, salak nampaknya akan cukup sulit. Namun jenis buah-buahan khusus seperti Alpukat Mentega dan buah-buahan yang jarang akan cukup menjanjikan.

Tips Sukses Bisnis Makanan Disekitar

Siapapun ingin sukses dalam setiap bisnisnya, maka dari itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisnis makanan yang dijalaninya bisa berjalan lancar. Berikut tips yang perlu diperhatikan.

  • Kualitas Makanan yang Baik

Bisnis makanan erat kaitannya dengan kualitas makanannya, jaminan makanan yang dijual dalam kondisi sangat baik, aman serta sehat menjadi faktor penentu. Cara pengolahan yang sehat juga perlu diperhatikan serta kemasan yang bersih dan rapi.

  • Inovasi Bisnis Makanan

Jika kamu memiliki jenis usaha makanan seblak maka kamu bisa berinovasi dengan membuat aneka varian seblak, misal seblak ceker, seblak kikil, seblak iga dan lain sebagainya. Begitupun dengan jenis makanan lainnya.

  • Target Pasar yang Tepat

Target pasar bisnis makanan cukup terbuka lebar lantaran siapapun pasti suka dengan makanan. Asalkan syarat tadi seperti kualitas makanan dan inovasi yang terus menerus terpenuhi maka gak sulit menjual produk makanan sobat sekalian.

Target pasar bisa dimulai dari lingkungan sekitar ataupun ruang lingkup wilayah seperti Desa atau Kecamatan. Kamu bisa bergabung di grup-grup Facebook sekitar dengan jumlah pengikut yang banyak dan aktif.

  • Jaga Hubungan Baik dengan Konsumen

Buat konsumen betah berbelanja ke kamu dengan memberikan pelayanan terbaik, jalin komunikasi yang baik serta service delivery yang memuaskan.

  • Berfikir Positif

Hal terpenting adalah kamu harus berpikir positif, jalani dengan ikhlas dan penuh rasa optimis. Hal ini akan membantu kamu dalam menemukan ide-ide baru baik untuk jenis makanan dan cara penjualannya.

Nah itulah sekilas tentang peluang usaha makanan rumahan yang menjanjikan. Semoga ulasan dari kami bisa memberikan mafaat bagi sobat sekalian dan bisa meraih kesuksesan dalam bisnisnya.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *