10 Tanda Gula Darah Tinggi yang Wajib di Waspadai

Diposting pada

Kita wajib waspada dengan penyakit komplikasi diabetes yang berkaitan erat dengan gula darah yang tinggi. Maka kita wajib waspada jika sudah ada ciri-ciri gula darah tinggi pada tubuh kita.

Bukan hanya diabetes saja yang menjadi ancaman, jika kondisi gula darahnya tinggi maka sakit syaraf, stroke hingga sakit jantungpun bisa menghampiri kita.

tanda tanda gula darah tinggi
Tanda-tanda gula darah tinggi

Lantas berapa sih kadar gula darah tergolong tinggi? Nah menurut American Diabetes Association (ADA) seseorang dikategorikan memiliki gula darah tinggi jika gula darah puasa atau sebelum makan ada diangka 126 mg/dL apalagi jika berada diatas angka tersebut.

Juga jika angka gula darah setelah dua jam makan berada diangka 200 mg/dL dan Hemoglobin A1C (HbA1C): di atas atau sebesar 6,5. Untuk mengetahui kadar gula darah pada diri kamu tentu perlu melakukan pengecekan menggunakan alat medis. Kamu juga bisa membelinya sendiri alat tersebut dengan harga di kisaran Rp.200 ribuan.

Nah meski banyak yang tak menyadari akan kadar gula darah tinggi pada dirinya padahal ada beberapa ciri-ciri yang bisa dirasakan pada tubuh kita yang membuat kita tak nyaman. Berikut ini ciri-ciri gula darah tinggi yang wajib diwaspadai.

Baca: 5 Makanan yang Mampu Turunkan Risiko Diabetes

  1. Mudah Kelelahan dan Lemas

Jika kamu sering merasa kelelahan dan lemas padahal kamu tidak melakukan aktifitas telalu berlebihan maka kamu wajib waspada barangkali kadar gula darah kamu tengah tinggi.

Biasanya penderita diabetes akan merasakan mudah lelah dan lemas tapi tahukan kamu jika kamu sering mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti gula pasri dalam jumlah besar sehari-hari maka kamupun bisa mengalami lemas dan kelelahan. Maka sebaiknya cek kadar gula darah dalam tubuh kamu segera.

  1. Kencing Terus Menerus

Kandungan gula pada darah yang terlalu linggi membuat ginjal bekerja ekxtra untuk mengeluarkan gula tersebut melalui kencing. Maka gak heran penderitan gula darah tinggi akan sering kencing.

Sebaiknya jika kamu mengalami hal ini segera periksakan ke dokter untuk memastikan. Jika memang benar gula darah kamu tinggi maka tinggal mengikuti langkah selanjutnya agar tidak mengalami komplikasi seperti diabetes dan lainnya.

  1. Merasa Sering Haus

Sudah pasti lantaran cairan dalam tubuh kamu terus terkuras lantaran kencing terus menerus maka kamu juga akan merasakan haus yang berkelanjutan. Alhasil minum dan kencing menjadi lebih sering dan membuat aktivitas kamu terganggu.

  1. Sakit Kepala

Sakit kepala memang bukan mengindikasikan kamu memiliki penyakit gula darah tinggi tapi jika dikaitkan dengan dehidrasi karena kamu terus menerus kencing maka bisa menyebabkan sakit kepala.

Kamu tinggal korelasikan saja apakah sakit kepala ini karena dehidrasi kecing terus menerus atau bukan, jika iya maka sebaiknya kamu waspada dan mulai mengecek kadar gula darah kamu.

  1. Penglihatan Menjadi Kabur

Kadar gula darah tinggi atau kelebihan gula yang bersama-sama dengan air terjebak pada lensa mata sehingga pandangan menjadi kabur. Nah waspada jika penglihatan kamu mulai terganggu apalagi jia ciri-ciri gula darah tinggi sudah dirasakan, langkah selanjutnya silahkan periksakan ke dokter terdekat.

  1. Merasa Mual dan Muntah Serta Bingung

Iji adalah gejala yang langka pada penderita gula darah tinggi namun bukan berarti tidak ada. Rasa mual lantaran kadar gula pada darah terlalu banyak dan liver sudah tidak bisa lagi menggunakan gula darah sebagai sumber energi melainkan akan menggunakan lemak. Kadar gula yang menumpuk bisa menjadi asam dan membuat mual dan muntah serta rasa bingung.

  1. Mudah Mengalami Infeksi

Infeksi jamur adalah salah satu ciri gula darah terlalu tinggi dan biasanya ini terjadi pada wanita. Yupz, sakit gula darah yang tinggi akan membuat daya tahan tubuh berkurang sehingga tubuh mudah terkena infeksi.

  1. Luka yang Sulit Sembuh

Pasti sering menemukan penderita diabetes atau gula darah tinggi yang mengalami luka dan lukanya sulit sembuh bahkan sampai membusuk. Hal ini lantaran aliran darah tersendat oleh kadar gula dan merusak sistem kekebalan tubuh.

  1. Mengalami Sakit Gigi

Gusi bengkak, radang gusi hingga gigi berlubang dan sakit gigi juga menjadi indikasi kamu mengalai kadar gula yang tinggi pada tubuh.

  1. Sering Kesemutan Baik Tangan maupun Kaki

Kondisi gula darah yang tinggi bisa menyebabkan kerusakan saraf atau neuropari sehingga tangan dan kaki sangat mudah kesemutan.

Nah itulah beberapa ciri gula darah kamu tinggi yang wajib diwaspadai. Jangan anggap sepele penyakit gula darah tinggi ini karena bisa menyebabkan komplikasi yang sangat bebahaya, Mulaikan hidup sehat dengan rajin berolah raga juga menjaga asupan makanan kamu.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"