2 Cara Ampuh Mengatasi Anak Main HP Terus, ALhamdulillah Berhasil

Diposting pada

Artikel mengenai Cara mengatasi anak main HP terus menerus memang cukup banyak bertebaran di Internet. Namun sayangnya artikel-artikel tersebut bisa dikatakan sebagai formalitas semata yang sudah pasti cara-cara yang disuguhkan akan sulit berhasil.

Dari beberapa situs yang kami termukan disebutkan caranya diantaranya dengan membatasi waktu penggunaan HP atau gadget lainnya. Mungkin ibu-ibu pernah melakukan cara ini, namun sayangnya tidak berhasil lantaran ibu dan ayahnya sedikit sibuk dengan pekerjaan rumah lainnya, sementara anaknya terus merengek minta HP atau gadget.

Kemudian disebutkan juga dengan memberikan jadwal kepada si anak dalam bermain HP. Apalagi ini rasanya sulit banget diwujudkan lantaran si anak gak mau tau kapanpun dia mau maka dia harus pegang HP dan kalau nggak maka si anak bakal rewel terus terusan.

Anak Sering Bermain HP

Jadi bisa disimpulkan artikel-artikel yang bertebaran di internet tentang cara mengatasi anak sering bermain HP hanya didasarkan pada teori semata tanpa mereka tahu kondisi sebenarnya dilapangan.

Banyak faktor yang membuat orang tua tidak bisa melepaskan begitu saja anaknya dari bermain HP. Dan yang paling umum adalah anaknya agar lebih “anteng” sejenak lantaran si orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Minimal sampai si orang tuanya selesai mengerjakan pekerjaannya kemudian baru bisa bermain dengan si anak.

Disisi lain tidak mungkin juga ketika orang tuanya tengah sibuk lantas si anak dibiarkan menangis lantaran ingin bermain HP. Kondisi dilapangan memang cukup beragam, meski si anak sudah diberikan setumpuk mainan terkadang dia bosan dan ingin bermain HP untuk melihat youtube.

Kondisi saat ini memang menunjukkan banyak anak-anak usia 2 hingga 4 tahun lebih gemar menonton youtube di HP ketimbang bermain game. Sementara anak-anak yang menuju remaja lebih gemar bermain game online di smartphone.

Kami pikir untuk anak-anak remaja akan cukup sulit diatur apalagi jika sering berada diluar bersama teman-temannya untuk “mabar” game online. Sementara anak-anak usia dini akan lebih banyak menghabiskan waktu dirumah bersama ibunya.

2 Cara Ampuh Mengatasi Anak Bermain Gadget

Cara ini cukup ampuh untuk mengatasi anak gemar bermain smartphone lantaran sudah saya alami sendiri ketika mengatasi anak saya yang berusia 2,5 tahun sering banget menonton youtube, diantaranya adalah:

1. Jangan Bermain HP Didepan anak

Saya sudah cukup frustasi ketika melihat anak kesayangan terlalu lama bermain HP untuk menonton video anak-anak di youtube. Hingga suatu hari keluarga kecil saya bermain kesuatu tempat tanpa membawa HP dengan alasan ketinggalan.

Seharian penuh kita gak memegang HP dan si anakpun sempat merengek minta HP namun karena gak ada maka kita tidak bisa memberikannya.

Hingga sampai kerumah kita kecapean dan gak sempat memegang HP, kedua HP Kami juga disimpen di laci. Sementara anak saya tidak juga melihat HP pada hari itu, tidak juga melihat ayah dan ibunya memegang HP.

Akhirnya satu hari satu malam kita tidak memegang HP, hingga keesokan harinya kami baru sadar anak kami tidak memegang HP selama seharian kemarin. Rekor ini ingin kami perpanjang hingga waktu yang tidak ditentukan. Sebisa mungkin orang tua jangan pernah memegang HP didepan anak dan HP harus disembunyikan.

Kami juga sering menemani anak bermain meski hanya sebentar-sebentar, alhasil dua hari anak saya tidak memegang HP. Hari ketiga udah gak pernah nanyain HP lagi begitupun hari selanjutnya. Nampaknya anak saya sudah mulai lupa dengan HP.

Jika dihitung waktu maka anak saya sudah sekitar 3 bulan gak bermain HP. Sayangnya setelah itu kembali bermain HP lantaran gak kuat dengan godaan orang-orang yang datang kerumah dan memegang HP. Disisi lain anak saya habis jatuh saat berlarian dan giginya patah kemudian merengek minta HP. Hal ini bikin kami sebagai orang tua sedikit tersayat dan kembali memberikannya HP.

2. Cara Extrem dengan Panggilan Hantu

Saat ini kami menemukan cara dengan panggilan hantu dimana photo profil Whatsapp HP saya menggunakan gambar hantu, sementara anak saya sering menggunakan HP ibunya untuk menonton youtube.

Kebetulan anak saya pernah ketakukan saat lihat tayangan youtube dimana video anak-anak kartun orang berkepala babi sedang bernyanyi. Aslinya videonya lucu karena video khusus anak-anak, tapi anehnya anak saya malah takut.

Akhirnya saya gunakan gambar tersebut untuk photo profil Whatsapp. Ketika anak saya udah terlalu lama menonton video youtube maka saya akan melakukan panggilan via Whatsapp sehingga photoprofilnya langsung muncul. Alhasil anak saya langsung melemparkan HP nya.

Anak saya cukup unik, kalau photo profilnya hantu pocong atau kuntilanak betulan dia malah gak begitu takut, tapi gambar kartun orang kepala babi lagi nyanyi malah takut.

Meski cara ini tidak sepenuhnya melepaskan anak saya dari kebiasaan bermain HP, namun setidaknya kita bisa mengontrol waktu berapa lama anak akan bermain HP, jika sudah disara sudah cukup lama maka tinggal melakukan panggilan dan menampilkan gambar yang cukup ditakutinya.

Nah itulah dua cara ampuh mengatasi anak yang keseringan bermain HP. Cara ini cukup bisa diandalkan, semoga artikel ini bermanfaat ya.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *