5 Cara Bumbui Kacang Bawang Agar Lebih Gurih dan Renyah

Diposting pada

Rahasia Bumbu kacang bawang – Makanan paling banyak diminati dan paling cepat habis dimakan pada saat lebaran adalah kacang bawang. Banyak yang gak sadar sambil ngonrol saat lebaran taunya satu toples kacang bawang sudah habis.

Kacang bawang yang lezat biasanya selain rangu juga memiliki cita rasa yang gurih, kerasa bawangnya dan juga tidak terlalu asin. Semua bumbu terasa pas membuat kacang bawang sangat nikmat.

Cara bumbu kacang bawang agar lebih burih dan renyah
Cara bumbui kacang bawang

Nah kali ini, kita akan berikan tips cara membumbui kacang bawang agar rasanya lebuh gurih dan wangi, berikut penjelasannya:

  1. Merendam Kacang dalam Santan

Setelah bahan kacang di kupas kulitnya maka setelah itu rendamlah kacang tersebut pada air santan. Gunakan air santan dari kelapa asli atau jika tidak ada maka bisa menggunakan santan instan.

Rendamlah selama sejam atau lebih kemudian tiriskan, setelah itu kacang siap di goreng dan pastinya kacang bawang tersebut akan terasa lebih gurih dan renyah juga teksturnya lebih empuk.

  1. Tambahkan Bumbu Halus

Bumbu kacang bawang sangatlah simpel karena hanya menggunakan bawang putih saja dengan garam secukupnya. Haluskan bumbu tersebut kemudian campurkan kedalam kacang yang sudah direndam tadi, aduk-aduk sampai merata dan diamkan beberapa saat sampai bumbu meresap. Kemudian kacang siap di goreng.

  1. Menambahkan Daun Aromatik

Sebenarnya roma bawang putih sudah cukup menggoda bagi kita untuk segera menikmati kacang bawang. Namun jika ingin lebih bereksperimen lagi maka bisa menambahkan daun aromatik seperti daun jeruk atau daun seledri.

Sangrai terlebih dahulu daun tersebut kemduian masukan kedalam adonan kacang yang sudah dibumbui. Aduk-aduk sejenak dan kacang siap di goreng. Nantinya akan ada aroma daun jeruk atau daun seledri.

  1. Tambahkan Bumbu Pelengkap

Sebenarnya bumbu halus bawang putih dan garam saja sudah cukup namun jika ingin menambah citarasa yang kuat maka bisa menambahkan bumbu pelengkap lainnya sesuai selera. Mungkin sobat sekalian sudah memiliki bumnu rahasia kacang bawang bukan?

Bumbu tambahan diantaranya bisa menambahkan ebi bubuk atau keju bubuk, atau mungkin bisa menggunakan masako.

  1. Goreng dengan Minyak yang Baru

Janganlah menggoreng kacang bawang dengan minyak bekas penggorengan lain maka nantinya cita rasa asli kacang bawang akan terganggu. Maka sebaiknya gunakanlah minyak yang masih baru agar cita rasa kacang bawang masih original dengan aroma bawang putih yang khas.

Nah itulah 5 cara membumbui kacang bawang agar rasanya semakin gurih dan renyah serta teksture yang empuk. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan bathin.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"