5 Cara Cek IMEI Ponsel dengan Mudah

Diposting pada

Cara cek IMEI Ponsel – Minggu-minggu ini sobat pasti dapat SMS dari KOMINFO yang menyatakan ponsel kita dengan IMEI yang sudah terdaftar sehingga aman dari pemblokiran. Seperti kita tahu pemerintah secara resmi akan memblokir ponsel-ponsel dari Black Market (BM).

Namun jika sobat masih belum mendapatkan SMS dari KOMINFO dan hawatir apakah ponsel sobat merupakan ponsel BM atau bukan dan takut di blokir maka sobat bisa melakukan pengecekan IMEI secara mandiri.

cara cek IMEI Ponsel

IMEI Ponsel Adalah

IMEI sendiri terdiri dari 15 digit yang merupakan identitas internasional yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Association (GSMA) yang berfungsi untuk mengidentifikasi perangkat ponsel yang digunakan dan nantinya akan didaftarkan ke KEMENPERIN jika hendak dijual di Indonesia.

Rapat bersama antara Kominfo, Kemenperin, Kemendag atau Kementerian Perdagangan, dan Kemenkeu atau Kementerian Keuangan serta operator seluler hasilnya memutuskan akan melakukan pembelokiran ponsel BM dengan skema whitelist. Hal ini bertujuan agar masyarakan menjadi lebih faham mengenai produk yang akan dibelinya apakah legal atau tidak.

“Dalam RPM (Rancangan Peraturan Menteri) yang baru, kita menerapkan mekanisme berbasis whitelist sebagai solusi pengendalian IMEI nasional. Konsumen wajib memastikan bahwa perangkatnya akan tersambung ke jaringannya benar perangkat ilegal. Analoginya, whitelist ini seperti sistem registrasi kendaraan motor,” tutur Nur Akbar Said, Kasubdit Kualitas Layanan dan Harmonisasi Standar Perangkat Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cara Mudah CEK IMEI Ponsel Secara Mandiri

Ada lima langkah mudah untuk mengecek IMEI Ponsel sobat dan bisa dilakukan secara mandiri berikut diantaranya:

  1. Biasanya nomor IMEI ponsel akan terdapat pada bagian belakang ponsel dan dekat dengan baterai, silahkan sobat buka baterainya. Namun jika ponsel sobat berupa ponsel dengan baterai Non-removable maka bisa melakukannya dengan cara lain.
  2. Silahkan ketikan pada ponsel *#06# disusul SERI Ponsel yang digunakan, maka akan muncul 15 digit Nomor IMEI Ponsel.
  3. Cara lainnya bisa melakukannya dari pengaturan ponsel. Saya contohkan di ponsel VIVO S1 Pro maka sobat tingga menuju “Pengaturan” yang loginya “Gear”, kemudian klik “Perangkat Saya”, kemudian klik “Parameter Lainnya” maka akan muncul 15 digit nomor IMEI. Jika ada dua nomor IMEI berarti ponsel sobat menyediakan dua slot SIM Card.

Cara Cek IMEI Sudah Terdaftar

Cara melakukan pengecekan IMEI ponsel apakah sudah terdaftar atau belum silahkan menuju laman https://imei.kemenperin.go.id/ dan masukan 15 digit tadi. Jika sudah terdaftar selamat ponsel sobat aman dari pemblokiran.

Nah demikian cara mudah melakukan cek IMEI ponsel secara mandiri, silahkan bisa dicoba oleh sobat sekalian, semoga informasi ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”