5 Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi Adalah

Diposting pada

Faktor pendorong Globalisasi – Pasti kita semua sudah sering mendengar istilah Globalisasi, kita juga bisa memberikan arti tersendiri mengenai globalisasi, bagi saya globalisasi adalah perubahan tatanan suatu daerah ke ruang lingkup yang lebih besar lagi yaitu secara dunia.

5 Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi Adalah
Faktor pendorong Globalisasi

Baik dari segi lingkungan pergaulan, teknologi, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Mau tidak mau kita harus terbiasa menerima arus pergerakan dari luar tersebut dan menerapkannya dikehidupan kita sehari-hari.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Globalisasi diartikan sebagai proses masuk ke ruang lingkup dunia. Ada banyak hal positif dari era globalisasi ini namun juga tak perlu dipungkiri dampak negatifnyapun cukup besar.

Dampak positif misalnya kita menjadi lebih mudah mengetahui berbagai informasi yang terjadi didunia dengan adanya kemajuan teknologi dari luar seperti memanfaatkan teknologi internet.

Sementara dampak negatif yang paling kerasa adalah perubahan perilaku masyarakat kita yang sudah mulai meninggalkan adat istiadat leluhur bangsa dan terpengaruh oleh budaya keseharian negara lain atau luar.

Faktor Pendorong Terjadinya Globalisasi Diantaranya

Ada banyak faktor pendorong terjadinya globalisasi yang perlu kita ketahui diantaranya adalah:

  1. Kemajuan di Bidang Pengetahuan dan Teknologi

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi faktor perndorong era globalisasi dimana saat ini kita lebih mudah mendapatkan informasi apapun dan dimanapun secara uptodate.

Jika dahulu kita hanya mengandalkan televisi untuk mengetahui informasi namun kita kita bisa mengakses dunia melalui teknologi informasi seperti internet. Hal ini tentu mendorong terjadinya globalisasi secara cepat karena cepatnya informasi yang kita dapatkan.

  1. Sistem Perekonomian Antar Begara yang Terbuka

Sistem perekonomian negara-negara yang terbuka membuat banyak negara mudah memasarkan setiap produknya ke negara lain. Tentu saja kita juga semakin mudah berbelanja apapun dinegara manapun.

Hal ini mendorong perubahan globalisasi yang cukup besar mengingat kita bisa mendapatkan apapun dari negara lain secara mudah.

  1. Kemudahan Trasportasi

Bidang transportasi juga memiliki peranan penting dalam era globalisasi karena kita akan lebih mudah berpergian dari satu tempat ke tempat lainnya.

Transportasi darat, laut dan udara kini sudah semakin canggih, kita bisa menggunakan kereta api tercepat didunia, menggunakan pesawat terbang ataupun berkendara dengan kendaraan umum yang nyaman.

  1. Kemudahan dalam Bermigrasi

Salah satu faktor pendorong globalisasi adalah terjadinya migrasi dari satu daerah atau negara ke daerah lain atau negara lain dengan tujuan menetap.

Jika suatu daerah ke daerah lain dalam satu negara tidaklah susah, namun jika migrasi dilakukan antar negara mungkin akan sedikit susah karena perlu melalui proses administrasi terlebih dahulu.

Adanya migrasi yang memudahkan akan tercipta globalisasi karena akan ada interaksi antar masyarakat yang baru dan budaya yang baru pula.

  1. Kerjasama Antar Negara

Kini suatu negara bisa mudah menjalin kerjasama antar negara, bahkan hampir semua negara menjalin kerjasama dengan negara lain baik dari segi ekonomi, teknologi hingga budaya dan hal itu sangat berpengaruh terhadap terjadinya globalisasi.

Nah itulah 5 faktor pendorong terjadinya globalisasi dan sebenarnya masih banyak lagi faktor pendukung lainnya. Mau tidak mau kita juga harus mengikuti tren perubahan ini namun juga perlu adanya benteng agar dampak negatif dari globalisasi ini tidak sepenuhnya kita rasakan.

Kita perlu memilah dan memilih hal positif dan negatif dari perubahan jaman ini agar kita bisa selamat dunia dan akherat.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"