5 Makanan yang Mampu Turunkan Risiko Diabetes

Diposting pada

Makanan yang Mampu Turunkan Risiko Diabetes – Indonesia masih menjadi salah satu negara dengan penderita penyakit diabetes tertinggi di dunia. Pola hidup yang kurang sehat menjadi salah satu faktor penyebab disamping memang ada risiko genetikan atau turunan.

Bayam dengan magnesium tinggi untuk diabetes

Ada banyak cara agar kita terhindar dari penyakit diabetes ini selain menerapkan pola hidup sehat dengan rutin berolah raga juga mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan sehat. Salah satu suumber makanan sehat yang bisa mengurangi faktor risiko diabetes adalah makanan dengan kandungan magnesium yang cukup.

Magnesium sendiri memiliki peranan penting bagi kesehatan jantung dan tulang karena mampu menyerap kalsium dengan baik. Bisa juga sebagai sumber mineral yang mampu mengurangi tingkat stres dan kecemasan.

Para pakar kesehatan menyarankan agar kita minimal mengkonsumsi 400 miligram magnesium untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Nah pertanyaannya makanan apa saja yang memiliki kandungan magnesium cukup tinggi yang bisa kita konsumsi, berikut ulasannya.

  1. Cokelat

Cokelat ternyata memiliki kandungan mineral yang sangat kaya yang baik untuk tubuh kita. Secara khusus bahkan setiap mengkonsumsi cokelat sebanyak 28 gram mengandung 64mg magnesium yang mampu mencukupi kebutuhan magnesium pada tubuh kamu sebanyak 16 persen kebutuhan harian.

Bukan hanya ituu cokelat juga memiliki kandungan zat besi yang cukup kaya, kemudian kandungan tembaga, antioksidan dan serat yang baik untuk pencernaan di perutmu.

  1. Buah Alpukat

Gak kalah dengan cokelat ternyata pada setiap buah alpukat setidaknya memiliki kandungan magnesium sebanyak 58 mg dan mampu memenuhi 15 persen magnesium kebutuhan harian kamu. Pada alpukat juga mengandung vitamin B, vitamin K hingga lemak sehat.

  1. Polong-polongan

Polong-polongan ternyata memiliki kandungan magnesium yang cukup besar, dalam setiap cangkir polong-polongan setidaknya terdapat 120 mg magnesium yang mampu memenuhi 30 persen kebutuhan magnesium harian pada tubuh kamu.

Pada polong-polongan juga terdapat kandungan potasium, protein, serat, dan zat besi yang bisa mengontrol kadar gula darah serta rendah kolesterol dan menurunkan risiko sakit jantung.

  1. Biji-bijian

Sebagai contoh biji labu dan pada setiap 28 gram biji labu ternyata mengandung 15 mg magnesium dan mampu memenuhi kebutuhan magnesium tubuh harianmu sebanyak 37 persen. Biji-bijian juga mengandung banyak mineral bermanfaat seperti zat besi, lemak tak jenuh, antioksidan, serat, dan asam lemak omega-3.

  1. Sayuran Hijau

Seperti diketahui sejak dulu sayuran memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, diantaranya adalah sayuran hijau seperti kale atau bayam. Bahkan setiap bayam yang dimasak ternyata mengandung 157 mg dan mampu memenuhi kebutuhan magnesium harian sebanyak 39 persen.

Apalagi sayuran ini juga mengandung zat besi, vitamin A, C, dan K yang baik untuk menurunkan risiko kanker.

Nah itulah beberapa makanan yang mampu menurunkan risiko diabetes, rasanya makanan-makanan tersebut cukup mudah didapatkan karena ada disekitar kita. Tinggal kitanya mau atau tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”