6 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Menjanjikan

Bisnis online atau peluang usaha online menjadi salah satu alternatif bisnis yang bisa dijalankan semua orang, apalagi bisnis online ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar hanya bermodal laptop dan jaringan internet saja sudah cukup.

Selain itu menjalankan peluang usaha online lebih fleksibel dalam segala hal terutama waktu dan bisa dilakukan dimana saja.

peluang usaha modal kecil hasil maksimal

Seiring perkembangan dunia internet saat ini dimana hampir semua penduduk bumi menggunakan jaringan internet, banyak diantara kita sudah mulai berpindah kebiasaan dalam bertransaksi, sebut saja berbelanja yang mulai berpindah dari pasar tradisional ke dunia online dengan berbelanja di marketplace.

Hal itulah menjadi salah peluang besar yang bisa kita manfaatkan untuk mencari keuntungan. Selain itu ada banyak peluang usaha online lain yang cukup menjanjikan jika kita menjalankannya secara konsisten. Nah kali ini, kita akan berikan 6 contoh peluang usaha online yang menjanjikan dimasa depan.

Syarat Bisnis Online

Agar usaha online kamu bisa berjalan dengan lancar, maka ada beberapa syarat yang harus kamu penuhi. Syarat utama adalah fasilitas pendukung seperti laptop dan jaringan internet. Meski menggunakan smartphone juga bisa, namun akan jauh lebih baik jika menggunakan laptop.

Selanjutnya adalah kamu harus mengerti tentang dunia internet marketing. Sumber penghasilan bisnis online sangat banyak, misal kamu ingin berjualan di marketplace minimal kamu harus tahu cara pemasaran didunia online.

Jika ada modal sedikit maka kamu bisa ikut pelatihan online mengenai pemasaran online baik menggunakan Facebook, Markerplace dan lain sebagainya. Dan yang paling penting adalah kamu harus konsisten menjalankannya dan jangan bosan untuk terus mengupgrade kemampuan kamu dalam hal internet marketing.

Nah jika syarat-syarat tersebut bisa kamu penuhi, maka kamu bisa mulai menjalankan peluang usaha online ini. Untuk referensi berikut ini beberapa bisnis di internet yang bisa kamu jalankan, diantaranya.

1. Ngeblog dan Jadi Publisher

Salah satu bisnis online yang cukup menjanjikan dengan modal sangat minim adalah ngeblog atau membuat blog dan mengurusnya. Modalnya cukup dengan jaringan internet saja yang hanya 300 ribuan sebulan. Sementara blog bisa memanfaatkan blog gratisan dari Blogger.

Atau kamu bisa membeli domain untuk custom domain bloggernya dengan harga sekitar Rp.150rb setahun. Cukup murah bukan??

Tugas kamu adalah mengurus blog secara konsisten dengan mengisi artikel setiap hari. Kemudian menerapkan beberapa teknik seperti SEO Onpage dan Offpage untuk menjaring traffik sebanyak-banyaknya ke blog kamu.

Meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun jika dijalankan secara konsisten insyaAllah akan mendatangkan pengunjung ke blog kamu sehingga kamu bisa mulai menghasilkan uang.

Sumber penghasilan dari blogging cukup banyak, namun yang paling populer adalah menjadi publisher atau penayang iklan seperti Google Adsense, MGID Native ADS, Affiliate dan lain sebagainya. Baca juga Gajian 2000 Dollar dari MGID.

2. Menjadi Penulis Artikel atau Membuat Konten Website

Tak dipungkiri lagi saat ini komunitas blogger semakin meningkat pesat. Banyak orang yang mulai beralih kedunia internet untuk mencari penghasilan salah satunya menjadi seorang blogger.

Namun untuk mengurus blog yang cukup banyak maka banyak diantara mereka yang membutuhkan penulis-penulis baru. Alhasil mereka mulai mencari jasa-jasa penulis artikel online. Hal ini tentu saja cukup menjanjikan untuk dijadikan profesi sampingan kamu.

Tarif menulis sendiri cukup beragam mulai dari 10.000 perartikel dengan jumlah karakter hanya 500 hingga harga Rp.50.000 per 1000 karakter. Tarif ini semakin besar jika kamu mampu menulis dalam bahasa Inggris.

Beberapa situs web seperti sibulancer.com, projects.co.id atau sribu.com menjadi ajang bagi calon klien yang mencari para penulis online.

3. Menjadi Youtuber

Jika blogger adalah berprofesi sebagai penulis, maka tak jauh berbeda dengan youtuber. Hanya saja kontennya berupa video yang diupload di youtube. Saat ini kepopuleran youtube tak diragukan lagi, salah satu sosial media terbesar didunia adalah youtube kemudian disusul oleh Whatsapp dan Facebook.

Maka tepatlah jika kamu memilih youtube sebagai media untuk mencari penghasilan. Kamu hanya perlu membuat channel youtube dan mulai membuat video. Tentukan niche video yang bisa kamu garap seperti tutorial, tips dan trik, traveling dan lain sebagainya.

Perbanyak subscriber untuk menjaring traffik sebanyak-banyaknya. Kalau perlu kamu bisa ikut pelatihan youtube yang diadakan oleh mastah-mastah youtube. Jika dijalankan secara serius maka penghasilan dari youtube akan sangat menggiurkan.

Selain youtube, content creator berupa video bisa memanfaatkan Facebook. Saat ini Facebook membayar setiap orang yang mengupload video di fanpage nya. Syaratnya kamu memiliki fanpage dengan minimal 10 ribu fans dan mulai daftar Adbreak.

4. Menjadi Selebgram (Instagram)

Instagram merupakan aplikasi sosial media berbagi foto yang cukup populer saat ini, apalagi saat ini IG dan Facebook adalah satu perusahaan. Rasanya sayang jika kamu tak memanfaatkan IG untuk mendulang penghasilan.

Syaratnya adalah perbanyak follower instagram kamu maka dengan sendirinya kamu akan menghasilkan uang dari jasa endorsement. Tak akan sulit jika kamu sudah memiliki follower 10K maka akan ada banyak perusahaan yang minta di endorse.

Selain itu kabarnya Video Instagram juga akan mulai menampilkan iklan, artinya kamu bisa menjadi publisher iklan di IG dan mulai menghasilkan uang.

5. Peluang Usaha Online Dropshiper

Saat ini menjadi dropshiper atau menjual produk orang lain dengan menaikkan harga sendiri sudah cukup populer lantaran bisa dilakukan siapa saja. Apalagi mencari produk sudah semakin mudah dengan hadirnya beberapa marketplace seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak.

Anda tinggal mencari produk di marketplace untuk dijualkan kembali, ketika ada pembeli dan membayarnya ke kamu, maka kamu tinggal order ke marketplace dan mereka akan mengirim produknya ke konsumenmu langsung.

Meski terdengar simpel, namun tetap kamu harus cukup faham mengenai cara promosi. Kamu bisa memanfaatkan sosial media seperti instagram atau facebook. Silahkan baca artikel sebelumnya mengenai Tips berjualan di Facebook secara gratis.

6. Jadi Seorang Gamer

Kamu yang hoby ngegame tentu saat ini bisa dijadikan sebagai profesi. Jika kamu sebelumnya hanya ngegame saja, maka manfaatkan hoby kamu tersebut untuk menghasilkan uang. Syaratnya cukup mudah, siapkan laptop dan jaringan unternet.

Kemudian kamu daftar di Facebook Gaming dan mulai membangun fanpage dan komunitas fans kamu. Lakukan streaming game setiap hari semisal bermain PUBG, FF, Mobile Legends, Truck Simulator dan lain sebagainya.

Jika komunitas kamu sudah cukup terbangun maka tak menutup kemungkinan kamu akan langsung dikontrak oleh Facebook untuk terus bermain game. Tak tanggung-tanggung kontrak perbulan dari Facebook Gaming ini mencapai 1000 dollar perbulan atau sekitar Rp.14 juta bayaran kamu perbulannya.

Apalagi saat ini Facebook gaming sudah cukup populer sehingga kamu bisa langsung terjun ke bisnis ini. Cuman ngegame dan digaji besar, enak bukan?

Nah itulah 6 peluang usaha online dengan modal kecil yang cukup menjanjikan jika dilakukan secara serius dan konsisten. Maka tak heran banyak diantara mereka yang mampu menghasilkan jutaan hingga puluhan juta perbulan dengan model bisnis diatas. Semoga artikel ini bisa menginspirasi sobat sekalian untuk memulai bisnis online modal kecil ini.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *