8 Tips Cara Membeli Domain dan Hosting untuk Blog agar Lebih Maksimal

Diposting pada

Cara Membeli domain Hosting – Saat ini dunia internet kian semakin berkembang pesat, banyak pelaku bisnis yang awalnya offline sudah mulai melirik dunia online. Mereka ramai-ramai membuat blog untuk kebutuhan promosi produknya. Tak terkecuali bagi para blogger yang memanfaatkan blog sebagai media online penghasil uang.

tips cara membeli domain dan hosting

Namun untuk pemula yang baru terjun didunia blogging tentu saja ada beberapa masalah dasar yang masih perlu bimbingan. Terutama dalam hal domain dan hosting. Lantas apakah domain dan hosting itu?

Saya akan jelaskan secara lebih simpelnya agar mudah dimengerti oleh para pemula. Domain merupakan nama dari blog yang sobat miliki nantinya. Sebut saja www.deniandrian.com, ini adalah nama domain dari blog ini. Maka sobatpun bisa membeli domain sendiri sesuai dengan nama yang diinginkan.

Bisa juga membeli domain dengan nama pribadi atau nama usaha anda. Bisa menggunakan extensi “dot.com”, “co.id”, “net”, dan lain sebagainya.

Sementara pengertian hosting adalah tempat dimana kamu menyimpan semua data-data atau file pada blog anda. Ibaratnya adalah sebuah toko dimana domain adalah nama tokonya, sementara hosting adalah ruangan toko tempat menyimpan semua barang dagangan kamu.

Disini hosting akan menyimpan semua file seperti semua artikel-artikel, foto, video dan lain sebagainya. Hosting sendiri memiliki ukuran beragam ada yang kapasitasnya kecil ada juga yang besar.

Nah sepertinya sobat sekalian sudah mulai faham apa itu domain dan hosting, yang pasti untuk membuat blog maka sobat harus memiliki kedua hal tersebut. Lantas bagaimana cara menentukan dan membeli domain dan hosting yang baik agar blog menjadi lebih maksimal? Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Menentukan Nama Domain

Hal yang paling memakan waktu dalam pembuatan sebuah blog adalah menentukan nama domain. Meski mudah namun mencari nama domain yang pas cukup sulit dan terkadang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Terkadang mau membuat blog pribadi dengan nama sendiri dirasa kurang pas lantaran namanya dianggap kurang “kece”. Namun jika sobat sudah cukup “pede” dengan nama sendiri maka bisa langsung dijadikan nama domain blog seperti blog ini “Deniandrian.com”.

Namun jika sobat ingin secara lebih spesifik lagi lantaran akan membuat blog bertemakan otomotif misalnya, maka sobat bisa mencari nama domain yang berbau otomotoif, misalkan otomesia.com, otomonesia.com dan lain sebagainya. Maka sesuaikan nama domain sesuai dengan tema bahasan blog nantinya.

Atau sobat bisa menyesuaikan nama domain sesuai dengan toko online yang sobat miliki. Dan bisa memaksimalkan keyword on domain, misalkan toko sobat menjual sepatu maka bisa menggunakan domain “jualsepatu dot com”, dan lain sebagainya.

Beberapa tips dalam pemilihan nama domain diantaranya:

  1. Nama domain yang mudah diingat
  2. Nama domain yang tidak terlalu panjang, usahakan satu atau dua suku kata
  3. Nama domain yang mudah dieja atau dilapalkan
  4. Jauhi penggunaan simbol untuk nama domain
  5. Gunakan keyword tertarget untuk domain
  6. Pilih ekstensi yang paling tepat

2. Pilih Ekstensi Nama Domain yang Sesuai

Esktensi disini seperti dikatakan diatas adalah akhiran domain apakah akan .com, .net, .co.id, .biz, dan lain sebagainya. Biasanya yang paling umum untuk sebuah blog pribadi atau blog lainnya akan menggunakan ekstensi dot com (.com).

Namun untuk perusahaan atau blog yang lebih formal biasanya akan menggunakan ekstensi “dot co dot id” (.co.id). Maka pilihlan sesuai dengan yang anda butuhkan dan yang paling enak dibaca agar orang lain juga lebih mudah mengingat, biasanya ekstensi “dot com” akan lebih mudah diingat.

3. Memilih Hosting yang Tepat untuk Blog

Setelah domain didapatkan maka sobat masih perlu membeli hosting agar blog sobat bisa dionlinekan. penyedia hosting sendiri sangat banyak bisa menggunakan hostgator, hawkhost, ovh, idwebhost dan lain sebagainya.

Harga hosting disesuaikan dengan kapasitas penyimpanannya. Harga mulai dari USD.2,99 perbulan hingga harga yang paling mahal USD.8 dollar perbulan. Atau sobat juga bisa menggunakan dedicated server yang lebih mahal lagi dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Secara umum semakin tinggi spesifikasi hosting maka akan semakin baik pula blog yang sobat miliki termasuk dari segi kecepatan aksesnya. Namun untuk pemula sobat sudah cukup menggunakan hosting paling murah atau pertengahan saja.

4. Total Biaya Pembelian Domain dan Hosting

Biaya yang dikeluarkan untuk membeli sebuah domain sekitar Rp.150.000 untuk kontrak selama setahun. Jadi setelah setahun sobat bisa memperpanjang kembali dengan membayar perpanjangan kontrak domain.

Sementara untuk hosting pertahun dengan asumsi membeli yang paling murah yakni USD.3 dollar dan USD.1 sama dengan Rp.13.900 maka harga total hosting pertahunnya sekitar Rp.500.000. Sama seperti domain sobat nantinya bisa memperpanjang kontrak jika sudah setahun.

Jadi harga total domain dan hosting agar blog sobat bisa dionlinekan adalah sebesar Rp.650.000. Cukup murah bukan, jika blog sobat diurus dengan sangat baik maka bukan tidak mungkin penghasilan Rp.650 ribu anda akan didapat setiap bulan atau bahkan lebih. Maka tak heran para blogger mampu menghasilkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah perharinya hanya mengandalkan blog.

Untuk membeli domain dan hosting saya sendiri langganan di idwebhost, sobat bisa langsung menuju link ini, klik saja : Idwebhost.com.

Cara Membeli Domain dan Hosting

Saya akan contohkan cara membeli domain dan hosting agar sobat tidak kebingungan ketika menuju sebuah layanan hosting dan domain. Hal yang harus dipersiapkan.

Email yang aktif

Sebagai seorang blogger maka sudah diharuskan memiliki email yang aktif yang akan sering digunakan nantinya. Email ini akan digunakan dalam setiap pendaftaran salah satunya saat akan membeli domain dan hosting.

Beli domain dan Hosting

Sebagai contoh kita akan membeli domain dan hosting di idwebhost, silahkan menuju link ini, klik saja idwebhost.com. Sobat juga bisa membeli domain dan hosting ditempat lain.

cara membeli domain dan hosting

Dikolom pencarian domain silahkan ketikkan nama domain yang akan dibeli, misalkan otomomobilan.com. kemudian klik “CARI”, jika tersedia dalam ekstensi yang diinginkan maka tinggal klik “beli sekarang”.

cara membeli domain dan hosting

Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai sampai keluar total dana yang harus dibayarkan.

Daftar menggunakan email

Jangan lupa daftar di situs penyedia domain dan hosting dengan email yang anda miliki tadi. Setelah proses pemesanan domain dan hosting selesai maka akan ada kolom mengisi data-data seperti nama, alamat dan email serta password.

Email dan password akan digunakan untuk masuk ke dashboard domain dan hosting sobat nantinya sehingga sobat bisa melakukan settingan selanjutnya untuk mengaktifkan blognya.

Cek Email di kotak Pesan

Setelah selesai pendaftaran selanjutnya silahkan cek email di kotak pesan maka akan ada pesan dari layanan domain dan hosting kemudian lakukan aktivasi.

Setelah selesai proses pembelian domain dan hosting maka selanjutnya sobat tinggal melakukan setting atau pengaturan untuk mengaktifkan domain pada hosting agar blog bisa segera di onlinekan. Untuk langkah-langkah ini akan kita ulas diartikel selanjutnya. semoga artikel ini bermanfaat
.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *