Amal Ibadah yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Ramadan

Amal Ibadah yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Ramadan

Amal Ibadah yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Ramadan – Bulan sunci Ramadan 2021 InsyaAllah akan segera menghampiri kita, sebagai umat muslim tentu saja bulan Ramadan sangatlah spesial karena bulan ini sangat dimuliakan.

Amal Ibadah yang Dianjurkan Dilakukan pada Bulan Ramadan
Amalan dibulan puasa Ramadan

Pada bulan Ramadan umat muslim diseluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa selama sebulan penuh. Bukan hanya menahan haus dan lapar selama seharian penuh melainkan di bulan ini kita akan mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah Subhanahuwata’ala.

Benar sekali, selain pahala berpuasa pada bulan suci Ramadan setiap amalan baik yang kita kerjakan maka akan dilipat gandakan pahalanya sehingga tak heran pada bulan puasa umat muslim akan berloma-lomba melakukan amalan baik.

Tentu saja jika bulan puasa tahun lalu kita merasa kurang dalam hal beramal baik, beribadah, maka di bulan Ramadan 2021 kita semestinya sudah mempersiapkan diri untuk meningkatkan ibadah kita.

Amal Ibadah yang Bisa Dilakukan pada Bulan Ramadan

Nah kali ini kita akan sedikit mengulas mengenai Amal Ibadah yang bisa Dilakukan pada Bulan Ramadan yang tentu saja akan mendapatkan pahala yang besar, diantaranya adalah.

  1. Tadarus Al-Qur’an

Banyak orang yang tidak memiliki kesempatan membaca Al-Qur’an pada bulan biasanya namun di bulan suci Ramadan ini banyak pula orang yang selalu menyempatkan diri untuk membaca Al-Qur’an.

Yang tadinya jarang menjadi lebih rutin sehingga kita memiliki target hatam Al-Qur’an selama sebulan. Setipa hari kita membaca Al-Qur’an sebanyak satu juz maka dalam 30 hari kita sudah hatam, alhamdulillah.

Namun sebaiknya kualitas membaca Al-Qur’an perlu diperhatikan, jangan hanya mengejar hatam saja melainkan perbaiki bacaannya agar lebih baik.

  1. Perbanyaklah Sedekah

Nabi Muhammad Sollollohu alaihi wasallam adalah orang yang paling dermawan diantara manusia lainnya. Dan beliau akan semakin dermawan tatkala di bulan Ramadan (HR. Al-Bukhari No. 4711 dan Muslim No. 2307).

Maka susah sepatutnya kita mencontoh apapun yang dilakukan Nabi, apalagi tahun ini kita berpuasa ditengah pandemik Covid-19 sehingga banyak masyarakat yang terkena dampak secara ekonomi, oleh sebab marilah kita berlomba-lomba untuk bersedekah agar mendapatkan pahala yang berlipat dari Allah Subhanahuwata’ala.

  1. Melaksanakan Solat Tarawih

Sholat Tarawih hanya ada di bulan Puasa Ramadan maka sudah sepatutnya sebagai bagian dari amalan bulan puasa Ramadan kita hendaknya rutin melaksanakan sholat tarawih setiap malam selama bulan puasa.

Sebaiknya Sholat tarawih berjamaah dengan imam yang tidak terlalu cepat melainkan khusu agar kualitas shalat tarawih kita semakin baik.

  1. Beri’tikaf dan Mendekatkan Diri kepada Allah Subhanahuwata’ala

Beri’tikaf biasanya dilakukan di masjid, bukan hanya tidur-tiduran saja melainkan memperbanyak amalan ibadah di masjid. Pada sebuah hadits disebutkan bahwa, dari Ibnu Umar RA (diriwayatkan bahwa) Ia berkata: Rasulullah SAW selalu beritikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadhan. (HR. Al-Bukhari No. 2025 dan Muslim No. 2838).

Dari Aisyah ra, Nabi shallallahu alaihi wa sallam beritikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya kemudian istri-istri beliau pun beritikaf setelah kepergian beliau. (HR. Al-Bukhari No. 2016 dan Muslim No. 1172).

  1. Memperbanyak Dzikir

Berdzikir bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja terutama ditempat-tempat yang baik, apalagi dibulan puasa ramadan ini berdzikir memiliki keistimewaan. Maka selagi kamu lenggang bacalah dzikir sehingga kamu menjadi terbiasa.

  1. Berdakwah

Dakwah atau menyebarkan ajaran kebaikan agama Islam memiliki keistimewaan dibulan Ramadan, lakukan amalan ini di bulan Ramadan sehingga kamu akan terbiasa mengajak kepada kebaikan dibulan lainnya.

  1. Bertaubatlah

Kita adalah manusia biasa yang tak luput dari dosa dan dosa, baik dosa kecil maupun dosa besar maka tepatlah di bulan puasa ini kita mengingat dosa-dosa yang pernah kita lakukan dan memohon ampunan dari Allah Subhanahuwata’ala.

Sesungguhnya Allah Subhanahuwata’ala sangat menyukai orang-orang yang bertaubat dan tidak akan mengulai perbuatan dosa lagi.

Hal Sunnah di Bulan Puasa Ramadan

Selain berbuat baik dengann amalan-amalan baik dibulan Ramadan sobat sekalian juga perlu mengetahui hal-hal sunnah di bulan Puasa ini diantaranya:

  1. Mengakhirkan Sahur

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Barangsiapa ingin berpuasa, maka hendaklah dia bersahur”.HR. Ahmad 3/367. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini derajatnya hasan dilihat dari jalur lainnya, yaitu hasan lighoirihi.

“Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.” HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095.

dan masih banyak lagi hadits-hadits lainnya.

  1. Menyegerakan Berbuka Puasa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

“Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15/281-282.

“Umatku akan senantiasa berada di atas sunnahku (ajaranku) selama tidak menunggu munculnya bintang untuk berbuka puasa.” HR. Ibnu Hibban 8/277 dan Ibnu Khuzaimah 3/275. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih.

  1. Berbuka dengan Kurma atau Air

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan rothb (kurma basah) sebelum menunaikan shalat. Jika tidak ada rothb, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering). Dan jika tidak ada yang demikian beliau berbuka dengan seteguk air.” HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

  1. Berdoa Saat Berbuka Puasa

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi.” HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16/396. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

  1. Memberi Makanan Berbuka Puasa pada Orang Lain

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

  1. Banyak Berbuat Baik dan Ibadah di Bulan Ramadan

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan. Kedermawanan (kebaikan) yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril ‘alaihis salam menemui beliau. Jibril ‘alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur’an) hingga Al Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila Jibril ‘alaihi salam datang menemuinya, beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus.”. HR. Bukhari no. 1902 dan Muslim no. 2308.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”