Anggaran Biaya dalam Proposal Berisi Apa saja?

Diposting pada

Anggaran biaya dalam proposal – Beberapa waktu lalu kita pernah membahas mengenai apa yang di maksud dengan proposal, pengertiannya secara luas serta jenis-jenis dari proposal. Nah sobat bisa lihat artikel selengkapnya di link berikut ini: Pengertian proposal.

anggaran biaya dalam proposal berisi

Secara umum proposal adalah sebuah tulisan yang di susun sedemikian rupa secara sistematis mengenai rangkaian kegiatan, tujuan kegiatan serta anggaran kegiatan sehingga pembaca akan memahami isi dari proposal tersebut.

Meski sudah dituliskan secara lengkap dan sistematis namun proposal sendiri sifatnya berupa usulan. Sebuah usulan yang akan diberikan kepada pembaca dengan harapan pembaca bisa memahami dan menyetujui dari usulan proposal tersebut sehingga acara bisa terselenggara.

Unsur-Unsur Proposal

Sebelum kita membahas mengenai anggaran biaya dalam proposal berisi apa saja sebaiknya kita mengingat terlebih dahulu mengenai unsur-unsur proposal, berikut ini diantaranya.

1. Halaman Judul

Sudah pasti halaman ini berisi dari judul kegiatan yang akan di selenggarakan. Selain itu juga mencantumkan mengenai siapa penyelenggaranya, waktu hingga lokasinya.

2. Latar Belakang Kegiatan

Halaman ini berisikan secara jelas kenapa kegiatan ini harus dilaksanakan, alasan-alasan yang melandasi kegiatan ini harus terselenggara dan lain sebagainya.

3. Tujuan dan Manfaat

Setelah halaman latar belakang baru kita masuk ke halaman tujuan dan manfaat. Menjelaskan tujuan kegiatan secara ringkas serta manfaat yang akan didapatkan setelah menjalankan kegiatan tersebut.

4. Penyelenggara Kegiatan

Adalah orang-orang atau kelompok yang menjadi bagian penting sebagai penyelenggara kegiatan. Mereka adalah yang berinisiasi melakukan kegiatan.

5. Nama dan tema Kegiatan

Menjelaskan nama kegiatan serta tema dari kegiatan tersebut. Nama dan tema ini haruslah bisa mewakili dari isi proposal secara keseluruhan.

6. Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan adalah rincian secara detail mengenai susunan acara yang akan dilaksanakan. Susunan kegiatan dari awal hingga selesai sehingga pembaca mengetahui apa-apa saja yang akan dilakukan dan bisa menilai apakah bisa mencapai goal atau tujuan atau tidak. Hal ini cukup bisa menjadi bahan pertimbangan pembaca.

7. Peserta Kegiatan

Siapa saja yang akan mengikuti kegiatan ini dan apakah nantinya akan sesuai dengan tujuan dari kegiatan, apakah akan tercapai atau tidak. Serta keuntungan apa yang akan didapatkan baik oleh peserta maupun pelaksana.

8. Jadwal dan Lokasi Kegiatan

Setelah menjelaskan bentuk kegiatan tentu menjelaskan juga jadwal berupa tanggal kegiatan serta lokasi dilaksanakannya kegiatan tersebut.

9. Susunan Panitia

Adalah orang-orang yang terlibat langsung dalam acara kegiatan tersebut sebagai panitia. Tentu saja orang-orang yang memang sudah dipilih dan diputuskan bersama.

10. Rencana Anggaran Biaya dalam Proposal

Anggaran Biaya dalam Proposal Berisi Apa saja? Nah disini kamu harus menuliskan etimasi biaya yang dibutuhkan secara total. Dan dijabarkan secara rinci apa saja yang perlu dibeli.

11. Penutup

Halaman ini adalah penutupan berisikan harapan-harapan agar pihak-pihat terkait memberikan dukungan baik moril maupun materil agar acara tersebut bisa terlaksana dengan lancar dan sesuai yang diinginkan.

Anggaran Biaya dalam Proposal

Bagian anggaran menjadi sangat penting lantaran tanpa biaya acara apapun tidak akan terlaksana dengan baik. Sebuah acara tentu akan menghabiskan biaya, jika kita tidak memiliki biaya dan ingin mengadakan acara maka proposal menjadi salah satu solusi.

Proposal yang baik selain menjelaskan maksud dan tujuan dari kegiatan yang akan dilaksanakan juga mencantumkan anggaran biaya dalam proposal. Terkadang kita bingung berapa anggaran yang akan dicantumkan dalam proposal.

Terkadang berpikiran anggaran harus dibesarkan saja dua atau tiga kali lipat karena nantinya donatur tidak akan memberikan dana secara full. Padahal donatur akan memberikan dana sesuai yang diminta jika acara yang akan dilaksanakan akan memberikan dampak positif.

Nah sebaiknya tuliskan berapa anggaran biaya dalam proposal secara jujur sesuai dengan yang dibutuhkan. Cantumkan apa-apa saja yang dibutuhkan semisal, konsumsi, operasional, administrasi, panggung, kesehatan, sound system dan lain sebagainya.

Jangan ada bagian yang terlewatkan dan jangan ada item-item yang sebenarnya tidak dibutuhkan tapi dipaksakan untuk dimasukan dalam daftar anggaran yang harus dibeli. Kemudian totalkan semuanya dan cantumkan total biaya tersebut.

Kesimpulan

Anggaran biaya tentu harus disesuaikan dengan kegiatan dan dicantumkan dengan apa adanya, jangan di lebih-lebihkan dan jangan pula di kurang-kurangkan.

Anggaran biaya dalam proposal haruslah realistis dan masuk akal karena ini akan menentukan donatur apakah akan memberikan sumbangan dana atau tidak.

Jika anggaran ini di “gelembungkan” atau di “susutkan” maka donatur akan menilai kualitas dari proposal tersebut serta kualitas dari kegiatan yang akan dilaksanakan.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"