Arti Penting Persatuan dalam Keragaman Masyarakat Indonesia adalah

Diposting pada

Arti penting persatuan dalam keragaman masyarakat indonesia adalah untuk menjaga masyarakat Indonesia selalu bersatu dan terhindar dari perpecahan. Hal ini lantaran Indonesia merupakan negara yang majemuk dimana terdiri dari berbagai suku, ras, budaya, agama dan lain sebagainya.

Arti penting persatuan dalam keragaman masyarakat indonesia adalah
Arti penting persatuan dalam keragaman masyarakat indonesia adalah

Pancasila sebagai dasar negara juga mepertegas arti penting persatuan ini yang tertuang dalam sila ke tiga yang berbunyi “Persatuan Indonesia”. Masyarakat Indonesia wajib menjalankan sila-sila pancasila tersebut agar tercipta persatuan dan terhindar dari perpecahan.

Persatuan berasal dari kata “Satu” yang berarti menyatukan masyarakat Indonesia yang majemuk, hal inilah yang membuat Indonesia kuat lantaran masyarakatnya bisa saling menghargai dan menghormati satu sama lainnya.

5 Arti Penting Persatuan dan Kesatuan Adalah Sebagai berikut:

  1. Mewujudkan Cita-cita Negara Kesatuan Republik Indonesia
    Hal ini terdapat dalam UUD 1945 alinea ke empat yang berisi:
    a. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia,
    b. Memajukan kesejahteraan umum,
    c. Mencerdaskan kehidupan bangsa, dan
    d. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
  2. Menjaga Semangat Nasionalisme

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Nasionalisme adalah pahan atau ajaran untuk mencintai bangsa dan negara sendiri. Banyak hal yang bisa kita lakukan sebagai bentuk nasionalisme kita terhadap negara yakni dengan cara mengharumkan nama bangsa, melestarikan budaya, menjaga keutuhan negara dan lain sebagainya.

  1. Sebagai Masyarakat yang Ber-Bhinneka Tunggal Ika

Indonesia adalah negara yang kaya hal ini ditunjukkan dengan keragaman yang ada didalamnya, keragaman suku, budaya, ras, agama dan lain sebagainya adalah sesuatu yang positif.

Garuda Pancasila sebagai lambang dasar negara juga tertulis kata “Bhinneka Tunggal Ika“. Kesadaran akan hal ini akan membuat kita menjadi kuat dan terhindar dari perpecahan.

  1. Wawasan Nusantara

Wawasan nusantara adalah sudut pandang geopolitik Indonesia secara mendasar. Secara harfiah, wawasan nusantara berarti konsep kepulauan; secara kontekstual istilah ini lebih tepat diterjemahkan sebagai “visi kepulauan Indonesia”. Wawasan nusantara adalah cara bagi Indonesia untuk memandang dirinya sendiri (secara geografis) sebagai satu kesatuan antara ideologi, politik, ekonomi, sosiokultural, serta masalah keamanan dan pertahanan.

Konsep ini berupaya untuk menjawab tantangan geografis yang melekat pada diri Indonesia — sebagai negara yang terdiri dari ribuan pulau serta ribuan latar belakang sosial budaya penduduknya.

  1. Demokrasi Pancasila

Demokrasi adalah suatu sistem bermasyarakat dan bernegara serta pemerintahan memberikan penekanan pada keberadaan kekuasaan di tangan rakyat baik dalam penyelenggaraan berada di tangan rakyat mengandung pengertian tiga hal, yaitu pemerintahan dari rakyat, pemerintahan oleh rakyat dan pemerintahan untuk rakyat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”