Arti Ucapan “Eid Mubarak” Saat Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha

Diposting pada

Arti kata Eid Mubarak – Besok InsyaAllah kita akan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri 1442H ditahun 2021. Hari lebaran tahun ini nampaknya tak jauh berbeda dengan tahun lalu dimana kondisi Covid-19 masih menjadi penghalang untuk kita bisa berkumpul dengan sanak saudara di kampung halaman.

Arti dan makna Ied Mubarak, Selamat Idul Fitri
Arti dan makna Ied Mubarak, Selamat Idul Fitri

Meski begitu kita tentu harus tetap bersuka cita di hari kemenangan ini. Hari kemenangan dimana setelah sebulan penuh kita berpuasa menahan hawa nafsu, menahan rasa dahaga dan lapar. Dan mudah-mudahan selesai bulan Ramadhan ini kita sudah terlatih untuk selalu bisa menahan diri dari perbuatan buruk.

Menjadikan pribadi yang baik seterusnya sehingga setiap langkah kita tidak ada yang sia-sia melainkan suatu amalan soleh yang InsyaAllah akan memberatkan timbangan kita di akherat kelak yang menjadikan kita penghuni surganya Allah Subhanahuwata’ala, Amiinnn ya Allah.

Arti Eid Mubarak saat Lebaran Idul Fitri

Menjelang Hari Raya Idul Fitri tentu kita akan dibanjiri ucapan selama merayakan idul fitri dari banyak orang baik keluarga maupun sahabat. Ada yang mengucapkan secara langsung “selamat Idul Fitri”, ada juga yang mengucapkannya sesuai yang di contohkan para sahabat Nabi Muhammah Shallallahu alaihi wasallam yakni.

“Taqoballahu minna waminkum” yang berarti semoga amal ibadah dan puasa saya dan anda diterima oleh Allah Subhanahuwata’ala. Sebuah ucapan yang mengandung doa kebaikan bagi sesama muslim.

Namun ada juga yang mengucapkan dengan kata “Eid Mubarak” yang memiliki arti juga sebagai ucapan selamat hari raya Idul Fitri.

Namun tahukah sobat sekalian apa makna dari Ied Mubarak? Ied Mubarak sendiri merupakan ucapan selamat dan doa yang biasa digunakan oleh umat islam dalam menyambut hari raya baik idul fitri maupun idul adha.

Dalam bahasa Arab kata “Mubarak” jika diterjemahkan berarti “Diberkati” sementara kata “Ied” memiliki arti sebagai perayaan, fersital atau pesta. Maka jika digabungkan kata “Eid Mubarak” memiliki makna “perayaan yang diberkati” sebuah ucapan doa bagi sesama muslim dalam merayakan hari Raya Idul Fitri.

Makna Perayaan Idul Fitri

Seperti kita ketahui Hari Raya Idul Fitri atau dengan sebutan Ied Mubarak adalah hari pertama bulan Syawal setelah berakhirnya bulan Ramadhan.

Penentuan 1 Syawal memang harus melalui beberapa tahapan yang kalau di Indonesia biasa dilihat munculnya Hilal dan dilakukan juga sidang isbat oleh Kementerian Agama.

Makna Eid Mubarak atau Idul Fitri bagi setiap orang memang bisa berbeda-beda, namun yang pasti, idul Fitri atau Ied Mubarak atau hari lebaran adalah hari dimana kita berkumpul dengan sanak saudara kemudian bermaaf-maafan antar satu sama lain.

Juga hari dimana akan ada banyak makanan yang dihidangkan untuk bisa dinimkati oleh semua orang. Namun sayangnya seperti tahun lalu Idul Fitri tahun 2021 ini serasa masih kurang lantaran pandemic Covid-19 sehingga kita semua tidak bisa mudik ke kampung halaman.

Nah itulah arti dan makna dari Ied Mubarak yakni perayaan yang di berkati, perayaan Idul Fitri yang penuh berkah untuk kita semua. Semoga artikel ini bisa memberikan pencerahan. Aminn..

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"