Bagaimana Cara Membuat Ketupat Lebaran agak Tidak Lembek? Inilah Langkahnya

Diposting pada

Bagaimana cara membuat ketupat lebaran? – Alhamdulillah sebentar lagi kita akan menemui hari kemenangan bagi umat islam yaitu hari raya Idul Fitri. Hari kemenangan karena kita selama sebulan penuh berpuasa menahan segala nafsu dan perbuatan yang buruk. Kita juga berharap berakhirnya bulan Ramadhan bisa membuat kita semakin tambah ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT dan menjadikan kita sebagai pribadi yang baik dan soleh, amiinn.

Bagaimana cara membuat ketupat lebaran yang kenyal dan nikmat
Bagaimana cara membuat ketupat lebaran yang kenyal dan nikmat

Hari Raya Idul Fitri biasa disetiap rumah selalu menghidangkan aneka makanan dan minuman. Tentu yang paling spesial adalah hidangan ketupat lebaran yang bisa kita santap dengan berbagai lauk pauk terutama opor ayam atau gulai daging.

Masih ada beberapa hari lagi menuju ke lebaran dan masih ada waktu untuk kita membuat ketupat lebaran sendiri. Karena membeli ketupat yang sudah jadi rasanya kita sulit menemukannya, paling hanya anyaman selongsong yang dari daun kelapa saja yang dijual.

Sementara untuk membuat ketupatnya masih harus berusaha sendiri. Nah kali ini kita akan bagikan mengenai bagaimana cara membuat ketupat lebaran yang benar agar ketupat lebih nikmat dan tidak lembek.

Cara Membuat Ketupat Lebaran agar Tidak Lembek

Ada beberapa tips agar ketupat yang kita buat nantinya tidak lembek dan juga tidak terlalu keras, pokoknya ketupatnya akan terasa pulen dan nikmat. Berikut ini bahan-bahan dan langkah pembuatannya.

Bahan Membuat Ketupat Lebaran

Bahan yang harus dipersiapkan adalah beras secukupnya misalkan besar setengah kilo gram (500 gram) kemudian dan air kapur sirih dan anyaman ketupat dari daun kelapa yang sudah dibeli jadi.

Cara Membuat Ketupat Lebaran

  1. Rendam terlebih dahulu beras kedalam air kapur sirih beberapa menit , hal ini berguna agar nantinya ketupatnya menjadi lebih kenyal dan tidak lembek. Cara ini biasa dilakukan di perkampungan. Sementara anyaman ketupatnya juga bisa direndam terlebih dahulu agar lebih kuat.
  2. Cuci beras yang sudah direndam dengan air kapur sirih, cuci hingga bersih kemudian tiriskan.
  3. Setelah ditiriskan, masukan beras tersebut kedalam anyaman selongsong ketupat dengan ukuran 1/3 dari volume anyaman selongsong ketupatnya. Hal ini karena nantinya beras akan mengembang sehingga pas menempati isi ketupat.
  4. Setelah diisi dengan beras selanjutnya eratkan anyaman tersebut agar nantinya berasnya tidak keluar dari lubang-lubangnya. Setelah siap kini waktunya memasak ketupat lebaran.
  5. Siapkan badeng atau panci yang cukup besar kemudian isi dengan air, masak air tersebut sampai mendidih. Setelah mendidih masukan semua ketupat lebaran tadi kedalamnya dan pastinya ketupatnya kerendam dengan air.
  6. Masak ketupat hingga matang dan biasanya membutuhkan waktu antara 4 hingga 5 jam. Jangan lupa selama memasak dan air didalam badeng menyusut maka bisa ditambahkan lagi airnya agar ketupat tidak gosong.
  7. Setelah matang, angkat ketupatnya dan tiriskan dengan diangin-angin agar ketupat menjadi lebih kenyal.
  8. Ketupat siap dihidangkan dengan aneka opor ayam dan gulai daging.

Nah itulah bagaimana cara membuat ketupat agar tidak lembek dan nikmat. Silahkan mencobanya dan selamat hari raya idul fitri, mohon maaf lahir dan batin.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”