Begini Cara Daftar Bantuan BLT UMKM Rp.2,4 Juta

Diposting pada

Kabar baik untuk para pelaku usaha berskala UMKM lantaran pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UMKM RI (Kemenkop UMKM) berencana akan memperpanjang pendaftaran bantuan presiden (banpres) produktif untuk usaha mikro (BPUM) sebesar Rp.2,4 juta.

bantuan uang UMKM 2.4 juta
Ilustrasi bantuan uang

Jika sebelumnya BLT UMKM ini hanya akan dibuka hingga akhir tahun 2020 namun kabar terbaru menyatakan program ini rencananya akan dilanjutkan hingga tahun 2021 demi percepatan pemulihan ekonomi pelaku usaha berskala UMKM.

DISINI LINK: PENDAFTARAN BANPRES UMKM Rp.2,4 JUTA

Perlu diingat pendaftaran hanya dilakukan secara offline dan tidak secara online.

“Sampai saat ini KemenkopUKM belum membuka link online terkait pendaftaran Banpres Produktif untuk Usaha Mikro. Silahkan konfirmasi ke Dinas Koperasi dan UKM setempat apakah Dinas terkait membuka pendaftaran secara online ataupun offline ya, Sobat!” tulis akun Twitter resmi @KemenkopUKM seperti dikutip Bisnis, Sabtu (14/11/2020) dan dikutip daro situs ekonomi.kompas.com.

Program ini murni bantuan sehingga peserta tidak dipungut biaya apapun. Bahkan jika tidak memiliki akun rekening bank nantinya akan dibuatkan oleh pihak bank yang ditunjuk yakni BRI, BNI dan Bank Syariah Mandiri.

Setelah daftar nantinya peserta akan mendapat SMS pemberitahuan dan harus melakukan validasi ke Bank yang ditunju agar uang bantuan Rp.2,4 juta bisa segera dicairkan.

Syarat Daftar BLT UMKM Rp.2,4 juta:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  3. Memiliki usaha mikro
  4. Bukan ASN, TNI/POLRI, serta pegawai BUMN/BUMD
  5. Tidak sedang menerima kredit atau pembiayaan dari perbankan dan KUR.
  6. Bagi pelaku usaha mikro yang memiliki KTP dan domisili usaha yang berbeda, dapat melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU)

Cara daftarnya yaitu peserta harus datang ke dinas terkait dalam hal ini yang membidangi koperasi dan UKM, koperasi yang telah disahkan sebagai badan hukum, kementerian/lembaga, dan perbankan maupun perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Nantinya akan diberikan formulir yang harus diisi berupa data-data seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat tempat tinggal sesuai KTP, bidang usaha, dan nomor telepon.

BACA: CARA MUDAH DAPAT BANTUAN BANPRES UMKM Rp.2,4 JUTA

Jika mendapatkan rekomendasi dari dinas terkait nantinya peserta yang akan mendapat bantuan Rp.2,4 juta akan mendapat SMS pemberitahuan dan harus melakukan validasi di BANK yang sudah ditunjung untuk pencairan dana bantuan.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”