Begini Cara Menghasilkan Uang dari Youtube untuk Pemula dengan Mudah

Diposting pada

Youtube masih menjadi sosial media berbagi video paling populer di Indonesia, maka tak heran banyak orang yang berlomba-lomba pengen jadi youtuber dengan harapan bisa menjadi terkenal sekaligus menghasilkan uang.

cara menghasilkan uang dari youtube

Udah banyak cerita dipublik bahwa seorang youtuber sukses mampu menghasilkan uang dari youtube secara rutin dengan kisaran yang lumayan gede. Mereka menjadi motivasi banyak orang yang berlomba-lomba membuat channel youtube sendiri.

Sayangnya dengan minim pengetahuan dan teknik mereka hanya sekedar terjun saja membuat channel youtube dan mengupload video seadanya tanpa ada proses editing sederhana, alhasil video yang diupload terlihat jauh dari kata menarik.

Oh ya, bagi sobat yang belum tau cara membuat channel youtube silahkan menuju artikel sebelumnya tentang Cara Mudah Membuat Channel Youtube di HP Android dan PC.

Dan bagi sobat yang membutuhkan software editing video terbaik dan ramah untuk para pemula sehingga sangat mudah digunakan maka sobat bisa mendownloadnya artikel sebelumnya tentang Software Edit Video Terbaik Mudah Digunakan untuk Youtuber Pemula.

Cara Mendapatkan Uang dari Youtube

Youtube Adsense menjadi salah satu yang paling difavoritkan oleh para youtuber untuk mendulang penghasilan. Tentu saja youtube adsense adalah yang utama yang harus sobat garap, yang harus menjadi perhatian utama sobat dalam memoneteize setiap video yang diupload.

Apa itu youtube adsense? Sobat pasti sering melihat iklan yang muncul saat memutar sebuah video di youtube, nah setiap orang yang memutar video tersebut dan melihat iklannya, maka si yang punya video tersebut akan mendapatkan bayaran dari Youtube.

Semakin banyak orang yang melihat video tersebut maka akan semakin besar penghasilan yang akan sobat dapatkan dari youtube.

Seorang pemula bertanya apakah kita akan dibayar sesuai jumlah subscriber? Tentu saja tidak sob, subscriber akan membantu mendong banyak orang yang melihat video kita. Semakin banyak subscriber maka akan semakin besar peluang video kita dilihat orang lain terutama subscriber kita, otomatis akan semakin besar penghasilan kita.

Syarat Bergabung Youtube Adsense

Syarat bergabung ke youtube adsense dengan bergabung ke YouTube Partner Program (YPP) yakni channel youtube sobat harus sudah memiliki minimal 4000 jam tayang atau waktu tonton dengan 1000 subscriber selama 12 bulan terakhir.

Setekah kamu mendaftar ke Youtube Adsense tersebut maka mereka akan melakukan peninjauan secara manual mengenai kelayakan channel sobat. Jika keterima maka video sobat yang diupload akan mulai otomatis menayangkan iklan.

Cara Sukses Menjadi Youtuber dan Menghasilkan Uang

Jika Sobat sudah keterima Youtube Adsense maka sobat sudah harus semangat dalam membuat konten menarik dan menguploadnya ke channel youtube sobat. Namun sobat juga perlu memperhatikan hal-hal sederhana berikut agar video sobat menjadi semakin baik dan menarik diantaranya.

1. Bikin Video yang Banyak Disukai

Jika channel youtube sobat membahas tentang hal-hal yang menarik maka sobat usahakan selalu membuat video-video yang tengah trending di youtube saat ini, tentu saja dengan editing sendiri bukan video hasil re-upload yang beresiko untuk akun Youtube Adsensenya.

Sobat juga bisa membuat video yang sesuai dengan tema channelnya seperti teknologi, smartphone, drone, travelling, tips-tips dan lain-lain. Fokusnya disana agar channel sobat lebih terlihat khusus membahas satu tema saja. Hal itu akan semakin cepat mendapatkan subscriber dan viewer.

Jangan lupa edit video sebagus mungkin agar terlihat semakin menarik dan penonton gak bosan melihat video sobat.

2. Optimasi Video Youtube yang di Upload

Kalau sekedar upload video sih gampang, namun mendatangkan penonton ke video kita yang bisa dikatakan susah-susah gampang. Nah agar video sobat makin maksimal di youtbe maka ada beberapa hal yang perlu dioptimasi.

Diantaranya buatlah video orisinal hasil karya sobat sendiri meskipun video tersebut diambil dari beberapa sumber video lain, namun sobat masih harus mengeditnya agar terlihat baru. Selain itu jika membutuhkan backsound music maka carilah yang free copyright.

Buatlah judul yang menarik penonton namun tetap memperhatikan kaidah SEO nya seperti judul mengandung kata kunci, pemberian descripsi yang jelas dan menyelipkan kata kunci serta meta tag dan lain sebagainya.

3. Kreatif dalam Membuat Video

Terkadang orang bosan dengan gaya video yang kita suguhkan, nah disitu kita harus selalu kreatif menyuguhkan hal-hal baru dengan penyampaian yang lebih segar sehingga pengunjung betah berlama-lama menonton video kita.

Jika video review tentang sebuah produk misalkan smartphone, drone, tempat wisata dan lain sebagainya, buatlah video yang lebih jelas dan detail serta enak dalam penyampaian.

Sumber Penghasilan Lain selain Youtube Adsense

Apakah kita hanya akan mendapatkan uang dari youtube cuman dari youtube adsense? Tentu saja tidak ada banyak sumber penghasil uang lainnya yang bisa kamu garap diantaranya.

1. Affiliate Marketing

Sebagai contoh channel youtube sobat membahas tentang mainan dan drone, sobat membahas sebuah produk drone terbaru yang lagi hits maka di kolom descripsi sobat bisa menaruh link pembelian drone seperti di gearbest, banggod, tokopedia, shopee dan lain dimana link tersebut adalah link affiliate sobat.

Jadi ketika ada yang beli drone melalui link affiliate tersebut maka sobat akan menghasilkan komisi penjualan. Semakin banyak yang membeli maka penghasilan sobat akan semakin besar, menarik bukan? Jadi sobat bisa mendapat dua sumber penghasilan.

2. Sponsorship

Biasanya channel yang memiliki subscriber yang lumayan banyak dengan jumlah viewer besar akan mudah mendapatkan sponsorship. Biasanya channel yang membahas review sebuah produk seperti smartphone, drone, elektronik dan lain-lain akan lebih diminati para sponsor.

Mereka akan mengirimkan produknya untuk sobat review di channel youtubenya, nah dari sana sobat akan mendapatkan uang sponsorship yang lumayan besar. Mantul banget pokoknya.

3. Berjualan Produk Sendiri

Jika sobat memiliki produk sendiri seperti hoodie, t-shirt, sepatu dan lainnya maka gak ada salahnya sobat menyelipkan di video informasi penjualan produk-produk kamu tersebut.

Tantangan Menjadi Youtuber

Sadar gak sadar saat ini jumlah pemain youtube di Indonesia sudah sangat banyak, mereka termotivasi banyak youtuber sukses dan ingin juga merasakan kesuksesan dari youtube.

Dengan demikian setiap hari saingan youtuber baru akan terus bermunculan. Tinggal bagaimana kamu bisa memberikan video informasi yang lebih menarik dan disukai banyak orang.

Selain itu kamu juga perlu mengetahui peraturan-peraturan youtube yang kian ketat seperti tidak membuat video yang berbau penipuan, sara, provokarif dan lain sebagainya. Lebih baik buatlah video-video seputar tutorial, tips, review, travelling dan lain sebagainya.

Akhir kata itulah cara menghasilkan uang dari youtube, asalkan sobat bersunggguh-sungguh dalam menggarapnya maka kesuksesan lambat laun akan sobat raih, semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *