Berapa Biaya Membuat Website atau Blog Sendiri?

Setidaknya beberapa orang sudah bertanya kepada saya mengenai berapa sih modal membuat website secara mandiri? Trus sebaiknya membuat website seperti apa dan bagaimana cara menghasilkan uang dari website?

Para pemula didunia online pasti banyak yang penasaran sehingga bertanya mengenai hal itu. Mereka ingin segera terjun kedunia blogging dan mulai menghasilkan uang. Padahal bagi kita yang sudah lama berkecimpung didunia blogging tentu tidaklah semudah dan sesederhana yang mereka pikirkan.

Jika sekedar membuat website saja sih gampang banget dan bisa dilakukan hanya beberapa jam saja. Namun yang sulit adalah bagaimana caranya agar website atau blog yang kita buat tentu digandrungi banyak pengunjung karena pengunjung adalah sumber penghasilan kita nantinya.

Agar website kita lebih mudah diketemukan oleh orang lain di pencarian google.com maka minimal kita harus membuatnya dengan baik dan benar. Memperhatikan kaidah-kaidah SEO atau Search Engine Optimasi baik secara onpage maupun secara offpage.

SEO Onpage adalah kita memaksimalkan blog kita dari dalam yang mencakup banyak hal seperti strukture website, hosting, domain yang mudah diingat, template atau tampilan blog, konten mencakup artikel, gambar maupun video, internal linking dan lain sebagainya. Sementara SEO Offpage mencakup popularitas blog kita dimata orang lain.

Salah satu contoh SEO Offpage adalah adanya link dari website lain menuju ke blog kita atau biasa dikenal dengan backlink. Misalkan artikel kita menarik banget nih dan sangat bermanfaat. Kemudian artikel kita dijadikan rujukan dan sumber referensi oleh blog lain. Blog lain membuat artikel dengan bahasan yang sama dan menanam link atau tautan ke blog kita sebagai sumber rujukan.

Nah semakin banyak backlink yang baik maka akan semakin populer blog kita dimata google sehingga berpengaruh besar menaikkan ranking blog kita dipencarian google.

Lantas bagaimana cara membuat blog dan berapa modal yang diperlukan?

Teman saya yang pemula yang pikirannya hanya menghasilkan duit dan duit dari blog udah gak sabar pengen segera membangun blog dengan harapan bisa gajihan dollar dari internet. Gampang banget ya? Padahal susahnya minta ampun!

Dia sendiri gak mau berusaha membuat blog sendiri dan menyuruh saya untuk membuatkannya dan berani membayar saya berapapun. Saya pikir dia mau terjun kedunia blogging tapi tidak bisa membuat blog sendiri maka sudah pasti sangat mustahil untuk sukses.

Menjadi blogger bukan hanya bisa membuat blog saja melainkan harus konsistem mengurusnya dengan mengisi berbagai macam konten berupa artikel dengan gambar maupun video. Blog yang tidak terurus dengan baik maka tidak mungkin akan mendatangkan pengunjung. Jadi kamu harus merawat blog kamu layaknya merawat anak sendiri dengan memberikannya konten secara rutin.

Modal Membuat Blog

Biaya membuat blog tidaklah mahal dan bisa dikatakan murah banget. Jika kamu menggunakan platform blogger maka kamu bisa membuat blog secara gratis dengan domain berakhiran “dot blogspot”. Namun kamu bisa mengakalinya dengan membeli domain sendiri misal nama kamu seperti halnya blog ini dengan domain nama saya “DENIANDRIAN”.

Setelah membeli domain seharga Rp.150 ribu dengan kontrak satu tahun kamu tinggal custom domain blogspot tadi dengan domain barunya sehingga dari awalnya bernama deniandrian.blogspot.com dirubah menjadi deniandrian.com. Hal ini tentu akan terlihat lebih profesional.

Jadi kamu gak perlu mengeluarkan uang banyak, cukup dengan Rp.150 ribu setahun kamu sudah memiliki blog yang profesional menggunakan mesin blogger. Kamu hanya perlu menginstalnya sendiri dan itu sangatlah mudah, untuk panduannya bisa lihat disini Cara Mudah Membuat Blog di Blogger (Blogspot) untuk Pemula.

Nah selain membuat blog dengan blogger (blogspot) maka kamu juga bisa membuat blog menggunakan platform wordpress agar terlihat lebih profesional. Hal ini lantaran selain kita harus membeli domain seharga Rp.150 ribu setahun maka kamu juga perlu membeli hosting.

Jika di blogspot (blogger) kita numpang di hostingnya blogger maka lain halnya dengan wordpress self hosting. Keunggulannya kalau di selfhosting blog kita aman dari delete. Kita gak tahu kan karena kita numpang hosting di blogger dan karena suatu hal blog kita tiba-tiba hilang larena dihapus blogger artinya file data-data semuanya hilang. Nah kalau di selfhosting maka semua file aman dan tidak akan ada yang menghapus selagi kamu membayar biaya hosting tahunan.

Berapa biaya membuat blog di wordpress selfhosting? Untuk beli domainnya seperti biasa sekitar Rp.150 ribuan setahun, sementara untuk hosting mulai dari harga USD.36 setahun atau sekitar Rp.540 ribuan pertahun.

Jadi total biaya yang diperlukan untuk membuat blog selfhosting adalah sekitar Rp.690 ribuan pertahun dengan catatan kamu sudah memiliki themes wordpress sendiri, cukup murah bukan??

Kesimpulan:

Membuat blog di Blogger cukup membeli domain seharga Rp.150.000 pertahun untuk custom domain.
Membuat blog di selfhosting total sekitar Rp.690.000 pertahun.

Untuk membeli domain murah berkualitas bisa membelinya disini, klik idwebhost. Sementara hosting murah yang powerfull bisa membelinya sini, klik Hawkhost.

Nah silahkan temen-temen tinggal pilih ingin menggunakan blogspot atau menggunakan wordpress selft hosting. Dengan membuatnya secara mandiri tentu akan lebih murah dan kamu akan lebih bisa menguasai mengenai blogging.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *