Berapa Ukuran Story Instagram Foto dan Video yang Benar?

Diposting pada
Berapa Ukuran Story Instagram Foto dan Video yang Benar?

Instagram menjadi salah satu aplikasi berbagi foto dan video pendek yang cukup populer di dunia. Bisa dikatakan Instagram masuk dalam jajaran 5 besar aplikasi sosial media paling populer. Meski cukup populer ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui mengenai berapa ukuran story instagram foto dan video yang benar agar foto dan video yang di upload memiliki kualitas yang bagus.

Bahkan kita sering mengalami kendala saat upload ke story instagram untuk foto dan video, padahal foto yang kita upload memiliki resolusi yang bagus namun ketika di upload justru ukurannya menjadi berubah dan gambar terlihat lebih buram. Ternyata instagram memiliki aturan tersendiri mengenai ukuran foto atau video yang harus di upload di instagram story.

Ukuran Story Instagram Foto dan Video

Kali ini kita akan berikan informasi mengenai ukuran foto dan video yang bisa di upload ke instagram story agar kualitasnya menjadi lebih bagus. Berikut ini penjelasannya.

1. Ukuran Foto untuk Instagram Story

Perhatikan gambar dibawah ini, agar kualitas foto tetap terjaga maka kamu harus mengupload foto dengan rasio 9:16 dengan resolusi mencapai 1080×1920 pixels. Gambar yang diambil haruslah potrait, jika kamu mengupload gambar landscape maka nantinya gambar akan terpotong. Jenis file gambar boleh JPG, JPEG atau PNG dengan batas maksimal ukuran 30 MB.

Meski begitu kamu boleh mengupload foto dengan resolusi 720×1280 atau 450×800 pixels hanya saja semakin kecil resolusinya maka kualitas gambar semakin buruk.

2.Ukuran Video untuk Instagram Story

Lantas bagaimana dengan file berupa video? Berapa ukuran yang pas untuk instagram story berupa video? Perhatikan gambar diatas. Membuat story dengan file video sebaiknya memiliki rasio 9:16 dengan resolusi 1080×1920 pixels. Atau kamu bisa menggunakan video dengan rasio 9:18 dengan resolusi 1080×2160 pixels.

Perlu diingat gambar video haruslah berbentuk potrait agar tampil secara sempurna. Selain itu filenya bisa berupa MP4 atau MOV dengan maksimal ukuran file mencapai 4 GB. Semakin kecil resolusi juga bisa kamu upload hanya saja kualitas gambar video menjadi berkurang.

Cara Membuat Layout Story Instagram

Agar foto atau video kamu memiliki ukuran yang sesuai dengan yang di syaratkan oleh instagram maka kamu perlu melakukan editing terlebih dahulu. Kamu bisa mengedit menggunakan aplikasi editing foto yang biasa kamu gunakan seperti photoshop, coreldraw, lightroom dan lain sebagainya. Berikut ini cara membuat layout story instagram menggunakan photoshop.

  • Buka aplikasi Photoshop terlebih dahulu di PC atau laptop kamu.
  • Bikin proyek baru, klik file dan New.
  • Membuat proyek baru dengan data-data berupa ukuran width 1080p dan height 1920, resolusi bisa 720p.
  • Klik OK dan akan muncul tempat editing foto sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
  • Upload foto dengan klik File dan masukan gambar.
  • Setelah itu lakukan editing sesuai kebutuhan kamu.
  • Jika sudah selesai editing silahkan klik Save As.
  • Gunakan format foto seperti JPEG dan tentukan lokasi penyimpanan.
  • Setelah di save silahkan upload ke story instagram kamu.

Beberapa aplikasi editing foto atau video yang bisa kamu gunakan diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Photoshop
  2. Kinemaster
  3. Lightroom
  4. InShot
  5. FilmoraX
  6. Video Director
  7. Premier Pro

Aplikasi Template Instagram Story

Selain menggunakan aplikasi-aplikasi editing diatas, saat ini ada banyak aplikasi android yang bisa kamu gunakan untuk membuat template instagram story. Aplikasi-aplikasi ini gratis dengan beragam template yang disediakan. Kamu juga bisa berlangganan secara premium untuk mendapatkan beragam template instagram story yang lebih profesional.

  1. Aplikasi Insta Story Art Maker

Aplikasi pertama yang bisa kamu gunakan adalah Insta Story Art Maker, disini tersedia cukup banyak koleksi template untuk instagram story baik foto maupun video. Selain itu kamu tidak perlu lagi melakukan pengaturan lain mengenai ukuran-ukuran. Lakukan editing sederhana maka aplikasi ini akan menghasilkan foto dan video yang cantik untuk di upload di IG Story.

  1. Aplikasi Canva

Salah satu aplikasi editing foto untuk instagram feed, instagram story maupun IGTV adalah aplikasi Canva. Aplikasi ini sudah sangat populer sekali karena selain untuk instagram para youtuber juga kerap menggunakan aplikasi ini untuk membuat thumbnail video.

  1. Aplikasi Mojito

Membuat ukuran Story Instagram Foto dan Video menggunakan aplikasi Mojito menjadi semakin mudah. Selain itu tersedia hingga 500 template gratis yang berkualitas yang bisa kamu gunakan untuk membuat foto dan video kamu terlihat profesional di instagram story.

  1. Aplikasi Story Lab

Aplikasi Story Lab menyediakan hingga 500 template gratis untuk kebutuhan editing foto kamu agar bagus saat di upload di IG story. Kamu bisa berlangganan secara premium untuk mendapatkan banyak template dan fitur lainnya. Dan yang paling penting kamu gak perlu repot-repot mengatur ukuran yang sesuai dengan IG story karena template tersebut sudah didesain sesuai dengan ukuran IG story.

  1. Aplikasi Over

Jika membutuhkan template instagram story yang profesional dan cocok untuk aktivitas bisnis kamu maka kamu bisa menggunakan aplikasi Over. Tersedia banyak template gratis dan juga berbayar.

Itulan penjelasan kami mengenai berapa ukuran story instagram foto dan video yang pas agar foto dan video yang kita upload memiliki kualitas yang terjaga dan bagus. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kita semua.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”