Berapakah Harga Drone dengan Kamera Bagus untuk Videography?

Diposting pada

Berapakah harga drone dengan kamera bagus untuk kebutuhan videography? Tentu saja harga dipasaran akan bermacam-macam. Namun ada standar tertentu jika sobat menginginkan drone dengan kualitas video yang bagus juga merek-merek apa saja yang menyediakan drone dengan kamera yang bagus.

berapakah harga drone dengan kamera yang bagus
Drone-drone dengan kamera yang bagus

Nah dikesempatan kali ini saya akan bahas secara detail namun juga ringkas agar sobat gak terlalu panjang membacanya.

DRONE UNTUK PHOTOGRAPHY DAN VIDEOGRAPHY

Drone untuk kebutuhan foto atau video maka sudah pasti drone tersebut harus dibekali dengan kamera yang berkualitas yang mampu merekem video dengan kualitas gambar yang bagus.

Rata-rata drone kamera saat ini dibekali dengan kualitas video rekaman hingga resolusi 4K yang cukup jernih meskipun ada juga yang masih resolusi 2,7K seperti yang dimiliki oleh DJI Mavic Mini. Meski begitu kualitas gambar yang dihasilkan sudah cukup sempurna.

Maka sudah pasti sebelum membeli drone kamera yang bagus maka sobat harus perhatikan terlebih dahulu spesifikasi yang ditawarkan apakah drone tersebut mampu merekam video dengan resolusi 2.7K atau 4K atau baru sebatas 1080 pixel saja. Standar minimalnya bagi saya pribadi sih di angka 2.7K.

Sementara untuk kualitas foto maka yang perlu diperhatikan adalah kamera yang digunakan berapa mega pixel? Jika melihat drone merek DJI kelas pemula rata-rata sudah dibekali dengan kamera 12 Mega pixel.

FITUR DRONE UNTUK VIDEOGRAPHY

Selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah fitur drone apakah sudah mendukung untuk aktivitas videography seperti membuat video-video cinematic atau belum. Standarnya drone tersebut harus dibekali dengan gimbal stabilizer 3 axis pada kameranya agar gambar video tidak bergetar dan halus.

Selain itu drone harus memiliki fitur FPV yang terhubung dengan smartphone sehingga kamera pada drone akan terhubung dengan smartphone dan kita bisa dengan mudah memantau pergerakan drone dari smartphone dan menembukan spot-spot terbaik untuk direkam.

Drone juga harus memiliki kemampuan hovering yang stabil dan biasanya drone seperti ini adalah drone GPS karena mengandalkan kekuatan GPS untuk mengunci drone agar lebih stabil. Drone GPS juga memiliki fitur Return to Home (RTH) yaitu fitur dimana drone akan kembali keposisi semula jika terputus atau disconnect.

Fitur videography pada drone lainnya adalah kemampuan drone bermanuver secara otomatis semisal fitur circle atau mengelilingi sebuah objek, fitur active track, timeslapse dan lain sebagainya.

Merek Drone dengan Kamera yang Bagus

Setidaknya yang beredar dipasaran di Indonesia ada tiga merek drone populer yang menawarkan kemampuan videography dan photography yang bagus diantaranya adalah DJI, Hubsan dan FIMI. Meskipun ada Parrot namun merek asal Prancis tersebut masih kalah populer dibanding ketiga merek dari China tersebut.

Berapa Harga Drone dengan Kamera yang Bagus?

Pertanyaannya berapakah harga drone dengan spesifikasi diatas tadi? Tentu jawabannya bervariasi karena merek satu dengan merek lain tidaklah sama. Namun ada standar minimalnya dari masing-masing vendor.

Sebut saja merek Hubsan maka sobat akan menemukan drone dengan spesifikasi canggih serta kamera mumpuni pada seri Hubsan Zino Pro Plus dimana drone ini dibandrol sekitar Rp.6 jutaan untuk versi combo.

Ada juga merek Fimi X8SE 2020 yang dibandrol sekitar Rp.7 jutaan untuk versi combo, juga merek DJI Mavic Mini dengan harga Rp.6,5 jutaan versi Combo atau DJI Mini 2 dengan harga Rp.9 jutaan versi Combo.

Sobat juga bisa memilih Hubsan Zino 2 Plus dengan spesifikasi canggih yang dibandrol sekitar Rp.9 jutaan versi combonya. Baca juga Daftar Harga Drone Kamera yang Bagus dibawah Rp.10 Jutaan.

Nah itulah beberapa drone kelas pemula dengan harga minimal yang bisa sobat pilih. Selebihnya harganya tentu lebih mahal karena disesuaikan dengan fitur seperti DJI Mavic Air 2 yang dijual seharga Rp.15 jutaan versi combonya atau versi diatasnya.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”