Bingung Memulai Bisnis Online dari Nol? Inilah Tahapan yang Perlu Dipelajari

Diposting pada

Di Desa saya Desa Sarinagen, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat bisa dikatakan hanya saya saja yang terjun full sebagai online marketer atau berprofesi sebagai internet marketing. Saya sendiri mulai terjun didunia bisnis online sejak tahun 2010 lalu sehingga sudah cukup lama dan selalu merasakan pahit manisnya bisnis online.

cara memulai bisnis online bagi pemula

Banyak teman-teman saya yang tertarik menjadi seperti saya lantaran cukup dari rumah berbekal internet dan laptop namun bisa menghasilkan uang yang cukup lumayan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Dipikiran mereka berprofesi sebagai internet marketing sangat menyenangkan, tidak perlu kerja ke orang lain dan bebas mengatur waktu bisa dikerjakan kapan saja dan dimana saja namun masih bisa menghasilkan uang. Bahkan mereka berpikir uang yang dihasilkan lebih besar ketimbang gaji yang harus didapatkan dari perusahaan sebagai karyawan.

Memang tidaklah salah apa yang mereka bayangkan, bagi para internet marketing atau pembisnis online yang sudah berpengalaman maka penghasilan ratusan dollar hingga ribuan dollar perbulan bukanlah hal aneh. Hal itulah yang menjadi motivasi bagi sebagian besar para pemula.

Enaknya Bisnis Online

Seperti yang saya katakan diatas banyak orang yang ingin terjun didunia bisnis online lantaran melihat ada beberapa kelebihan diantaranya adalah.

1. Waktu dan Tempat yang Fleksibel

Hal pertama yang menjadi perhatian orang memutuskan terjun didunia bisnis online adalah lantaran bisa dikerjakan dimana saja dan kapan saja. Kamu hanya perlu membawa laptop yang terhubung dengan internet maka disitulah kamu bisa mulai bekerja.

2. Banyak Peluang Bisnis Tanpa Modal

Selain itu ada banyak peluang bisnis online yang bisa dikerjaan dan banyak pula yang bisa dimulai tanpa membutuhkan modal selain laptop dan internet. Sebagai contoh menjadi blogger, menjadi calo penjual produk atau biasa disebut dropshiper, menjadi affiliate dan lain sebagainya. Dan jika kamu bisa fokus disalah satu bidang tersebut maka besar kemungkinan kamu akan sukses.

3. Resiko yang Rendah

Bayangkan jika kamu ingin bisnis off line dengan membuka sebuah toko sepatu, maka kamu membutuhkan modal yang besar lantaran perlu membangun sebuah toko atau minimal menyewanya.

Kemudian kamu perlu belanja sepatu untuk dijual kembali dengan modal belanja yang tidak sedikit. Untung dan rugi dalam berbisnis memang sudah biasa, namun jika kebetulan kamu rugi maka modal besar yang dikeluarkan seakan sia-sia.

Bedakan jika kamu berbisnis online dengan menjualkan produk sepatu orang lain, kamu bisa memilih sepatu di marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia atau lainnya. Kamu hanya perlu mempromosikan foto sepatunya saja dan ketika ada yang membelinya dan mentransfer ke kamu, maka kamu tinggal membelinya ke shopee dan mengirimnya ke kostumer kamu.

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Tidak sedikit yang ingin terjun didunia online atau bisnis online namun mereka bingung ingin memulainya dari mana terlebih mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk modal. Maka ada beberapa yang perlu kamu fokus mempelajarinya.

1. Menjadi Blogger

Hampir semua orang yang terjun didunia bisnis online berawal dari menjadi blogger. Mereka pernah memiliki sebuah blog dan mengurusnya hingga mampu mendatangkan pengunjung ke blognya.

Ketika blognya ramai maka akan mulai masuk pundi-pundi uang ke kantong rekeningnya. Menjadi belogger tidaklah sulit lantaran kamu hanya perlu konsisten membuat artikel dan mempublishnya di blog.

Menariknya, menjadi blogger hanya perlu bermodalkan laptop dan internet, mungkin kamu perlu membeli domain dengan harga Rp.150rb pertahun dan menggunakan platform gratisan seperti blogger.com. Kamu bisa melihat artikel sebelumnya tentang cara mudah membuat blog bagi pemula di blogspot.

Fokus dengan ngeblog juga bisa menjadi pekerjaan utama kamu di bisnis online. Tak sedikit yang berhasil menghasilkan uang hingga ribuan dollar dari blog. Saya sendiri pernah rekor menghasilkan USD.4000 sebulan dari sebuah blog. Anda mungkin bisa memulainya dari sini.

2. Belajar SEO (Search Engine Optimasi)

SEO atau Search Engine Optimasi adalah langkah selanjutnya yang bisa kamu pelajari setelah kamu bisa membuat dan mengurus blog. Pengertian SEO secara umum adalah bagaimana caranya membuat blog kamu ramai dikunjungi orang yang datang dari search engine seperti Google.

Sebagai contoh ketika orang lain menuju Google.com dan mengetikkan kata kunci “cara membuat kue balok yang lezat” maka dihalaman pencarian akan muncul artikel blogmu dengan judul yang sama. Dengan sendirinya setiap orang yang mencari informasi tentang cara membuat kue balok maka akan langsung menuju blogmu.

Maka sudah dipastikan blog kamu akan ramai dikunjungi oleh orang-orang yang mencari informasi tentang kue balok dan jumlahnya bisa ribuan atau puluhan ribu perhari. Bayangkan jika kamu memiliki banyak artikel yang berada dihalaman pertama pencarian google, maka traffik blognya akan semakin membludak.

Nah cara mendatangkan traffik secara alami tersebut maka kamu perlu mempelajari tentang SEO yang terbagi jadi dua yakni SEO Onpage dan SEO Off page. Untuk mengetahui tentang SEO maka kamu bisa searching di google.

Belajar mandiri dari google meskipun gratisan namun banyak orang yang membagi teknik-teknik SEO secara gratis. Meski begitu teknik tersebut jika diterapkan bisa jadi akan berdampak positif bagi blog kamu. Namun banyak juga yang menjual teknik SEO melalui kursus berbayar. Semua tinggal kamu yang pilih, gratisan bukan berarti buruk ko.

3. Jualan Jasa Teknik SEO Blog (Backlink)

Jika kamu sudah mahir membuat blog dan jago SEO maka kamu bisa membuka jasa SEO untuk menaikkan ranking blog klien kamu di mesin pencari (Google, Yandex atau Bing). Jasa SEO masih sangat menjanjikan.

Bayangkan saja ada jasa SEO yang menawarkan berbagai jenis backlik untuk memperkuat sebuah blog sementara komunitas blogger itu cukup banyak maka jasa tersebut akan ramai diminati.

Saat ini banyak blogger yang tidak mau ribet urusan SEO dan backlink blognya. Mereka akan memanfaatkan jasa SEO untuk membeli Backlink dan berani mengeluarkan uang agar blognya bisa mendapatkan posisi bagus di mesin pencari. Sementara SEO dipercayakan ke jasa dan dirinya masih bisa fokus membuat artikel blog atau mengerjakan bisnis lainnya.

4. Jualan Artikel

Biasa mengurus blog sudah pasti kamu akan terbiasa dalam membuat artikel. Nah banyak blogger yang memiliki beberapa blog, bagi para profesional menjadi seorang blogger mereka sudah tak punya waktu lagi untuk membuat konten artikel.

Mereka biasanya menggunakan jasa para pembuat konten terutama artikel dengan membayar sejumlah uang perartikelnya. Rata-rata untuk artikel bahasa Indonesia dihargai mulai dari Rp.10 ribu rupiah peratikel, sementara bahasa Inggris mulai dari Rp.20 ribu hingga ratusan ribu semuanya tergantung panjang pendeknya artikel.

Nah kamu bisa menjadi penulis konten dengan modal keahlian saja maka kamu sudah bisa menghasilkan uang.

5. Memulai Menjadi Youtuber

Jika kamu merasa menjadi blogger cukup berat lantaran harus membuat artikel setiap hari, maka kamu bisa menjadi seorang youtuber. Baik blogger maupun Youtuber adalah sama saja yang membedakan hanya konten yang dibuat.

Jika blogger membuat artikel untuk kontennya maka youtuber dengan membuat sebuah video. Kamu bisa memulai merekam video menggunakan smartphone yang dimiliki. Bisa membuat video berbagai tutorial seperti tutorial masak, mancing, ataupun video petualangan ketempat-tempat wisata.

Meski begitu kamu hanya perlu menguasai sedikit editing seperti memotong dan menyambungkan video dan memberikan latar musik atau backsound yang free lisensi agar video kamu terlihat menarik.

Video-video tutorial yang bermanfaat akan banyak dicari oleh orang lain dan kemungkinan besar akan mulai mendapat pengunjung organik dan subscriber. Kamu juga perlu memperlajari SEO youtube dan semuanya bisa berjalan bersamaaan.

6. Menjual Video dan Foto di Shutterstock

Kamu mungkin tak kebayang sebuah foto atau gambar dan video bisa dijual di internet. Salah satu situs yang bisa dikatakan marketplace bagi foto atau video yakni shutterstock bisa menjadi ladang penghasilan kamu.

Tak sedikit yang mampu menghasilkan ratusan hingga ribuan dollar perbulan dengan hanya memajang foto dan video di situs tersebut dan menjualnya. Kamu bisa mulai menual foto hewan-hewan kecil, foto bunga, foto alam dan lain sebagainya.

Modal yang diperlukan bisa dengan smartphone kamu atau jika ada bisa memanfaatkan kamera digital. Nah semuanya hanya membutuhkan modal internet dan laptop untuk mengupload foto kamu.

7. Menjadi Dropshiper

Banyak juga yang terjun ke bisnis online sebagai dropshiper atau calo penjualan. Rata-rata para dropshiper pernah menjadi seorang blogger. Dropshiper adalah kamu menjualkan produk orang lain dan ketika ada yang membeli ke kamu maka kamu tinggal transfer ke toko orang lain dan barang akan dikirim oleh toko ke kostumer kamu.

Keuntungannya yakni dari selisih harga, jika harga produknya Rp.100 ribuan maka kamu bisa menjualnya dengan harga Rp.125 ribu atau Rp.150 ribu terserah kamu.

Meski begitu menjadi dropshiper juga tidaklah mudah lantaran kamu perlu menguasai berbagai cara promosi di internet. Ada promosi berbayar seperti menggunakan Facebook ads, Google Ads dan lain sebagainya, namun ada juga yang memanfaatkan promosi gratis.

Seperti promosi di facebook kamu atau di akun instagram kamu dengan follower yang sudah cukup banyak. Promosi gratis ini biasanya membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan ke calon kostumer. Namun sekalinya sudah terbangun maka kamu tak akan sulit mendapatkan pembeli.

Sebenarnya ada banyak bidang bisnis online yang bisa kamu fokus didalamnya, namun sebagai seorang pemula yang baru terjun kedunia internet marketing maka hal diatas wajib kamu kuasai yakni menjadi seorang blogger dan mengerti SEO, kemudian bisa menjadi penulis artikel atau video creator dan selanjutnya bisa menjadi dropshiper atau penjual foto.

Setelah salah satu dari fokus kamu diatas sudah biasa kamu kerjakan maka kamu tinggal upgrade kemampuan kamu ke bisnis online yang lebih luas lagi dan lebih besar.

Syarat Sukses Bisnis Online

Jika kamu memutuskan ingin terjun ke dunia bisnis online maka setidaknya ada dua hal penting yang perlu ada dalam diri kamu. Pertama kamu harus hobby online karena banyak pemula yang mulai terjun didunia bisnis online namun gak bertahan lama lantaran bosan online untuk hal-hal yang belum tentu menghasilkan uang dalam waktu singkat.

Kedua kamu pantang menyerah dan mau berusaha keras, fokus terhadap satu bisang bisnis online yang kamu kerjakan hingga mahir dan menghasilkan sebelum memutuskan mempelajari model bisnis online lainnya.

Tidak bosan untuk terus belajar berbagai metode mengenai bisnis online yang tengah dijalani. Mencari berbagai informasi baru dan mempelajarinya serta memperaktekannya.

Nah itulah sekilas tentang bisnis online bagi pemula, jika kamu bingung akan memulainya dari mana maka mulailah dari apa yang menjadi minat kamu. Semoga berhasil.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *