Cara Ampuh Membuat Blog Banyak Pengunjung

Diposting pada

Cara Blog Banyak Pengunjung – Dalam dunia bisnis online traffik atau pengunjung adalah hal yang sangat penting yang harus dicapai oleh setiap pelaku bisnis online terutama para blogger. Traffik inilah yang nantinya akan memberikan kita penghasilan yang rutin.

Membuat blog sangatlah mudah sobat bisa menggunakan mesin gratisan yang dimiliki oleh google yakni Blogger dengan domain akhiran blogspot.com, namun jika ingin dicustom domain jadi dot.com tentu juga sangat bisa.

cara belog banyak pengunjung

Nah bagi sobat yang masih kebingunan bagaimana cara membeli domain silahkan sobat menuju artikel sebelumnya tentang “tutorial cara membeli domain untuk blog“, kemudian cara custom domain blogspot jadi dot.com.

Namun jika sobat ingin membuat blog dengan mesin wordpress maka sobat harus membeli domain dan hosting dengan harga yang tidak terlalu mahal, taruhlah untuk paket pemula dengan harga domain sekitar Rp.150 ribuan setahun sementara harga hosting sekitar Rp.40.000 hingga Rp.50.000 sebulan.

Jika masih bingung ingin membeli domain dan hosting dimana maka saya cukup merekomendasikan didua perusahaan ini lantaran blog saya ini juga menggunakan jasanya. Silahkan menuju artikel sebelumnya tentang “rekomendasi beli domain dan hosting murah“.

Traffik Sumber Penghasilan

Traffik atau pengunjung blog bisa dikatakan sebagai sumber penghasilan kita nantinya, maka percuma saja jika blog sobat yang sudah dibangun masih belum bisa mendatangkan traffik yang banyak. Apalagi blog sobat untuk moneteizenya mengandalkan google adsense maka membutuhkan banyak pengunjung blog.

Semakin banyak pengunjung ke blog sobat maka akan semakin besar peluang penghasilan yang akan didapatkan. Dan sebaliknya jika pengunjung masih sedikit atau bahkan gak ada sama sekali maka jangan harap sobat bisa menikmati gajian rutin dari Google.

Begitupun para pelaku bisnis online dengan toko onlinenya, sebagus apapun produk yang dijual ditoko onlinenya jika tidak ada pengunjung maka tidak akan ada yang beli. Jadi intinya traffik adalah sumber penghasilan kita yang harus diraih dengan susah payah, bagaimana caranya?

Tips Cara Blog Banyak Pengunjung

Membuat blog sangatlah mudah dan tidak terlalu banyak hal-hal sepele lainnya yang diwajibkan oleh google selaku mesin pencari terbesar dunia saat ini. Yupz, kenapa harus google? karena nantinya blog kita akan dicari oleh orang lain melalui mesin pencarian google, jika blog kita “nangkring” dihalaman satu google maka otomatis akan mendatangkan pengunjung yang lumayan banyak.

Meski banyak yang mengajarkan berbagai trik “ngeblog” dengan teknik SEO (Search Engine Optimasi) yang sangat sulit namun nyatanya Google hanya menyarankan untuk membuat konten yang baik.

  • Buat Artikel yang Bermanfaat

Istilah “Konten Is King” memang masih menjadi sesuatu yang sangat penting, logikanya sobat membuat blog akan diisi oleh berbagai konten berupa artikel dengan kelengkapan data seperti gambar dan lain sebagainya. Maka sudah pasti konten adalah pilar utama blog sobat yang harus dibuat dengan sangat baik.

Buatlah konten yang menarik yang banyak dibutuhkan oleh orang lain. Konten yang baik adalah konten yang memberikan pembahasan yang lebih detail dan lengkap juga konten yang orisinil atau tidak menjiblak hasil karya orang lain.

Konten tersebut sangat bermanfaat bagi pembaca sehingga pembaca senang dengan artikel sobat. Buatlah konten yang lengkap dengan panjang artikel minimal 500 kata atau lebih, semakin panjang dan lengkap artikelnya maka bisa menjadi semakin bagus.

Fokuslah pada konten dengan apa yang bisa sobat berikan untuk para pembaca dan bukan hanya berpaku pada kualitas SEO sebuah konten saja sehingga artikel sobat menjadi seperti dipaksakan. Biarkan SEO nya mengalir apa adanya disesuaikan dengan kebutuhan konten sobat karena dengan sendirinya keyword-keyword yang ditarget akan masuk kedalam artikel.

  • Desain Blog yang Menarik

Blog dengan desain bagus akan terlihat sangat profesional, hal ini akan menumbuhkan rasa kepercayaan pengunjung blog sobat sekalian sehingga lama-kelamaan blog akan ramai pengunjung baik pengunjung tetap maupun pengunjung baru.

Desain blog mencakup beberapa hal seperti pemilihan themes atau template yang tepat. Themes adalah tampilan dari blog itu sendiri dan sobat bisa menyesuaikan dengan themes hasil pencarian sobat sendiri yang banyak disediakan di google.com.

Jika sobat ingin menjadi blogger yang profesional maka gunakanlah themes premium atau berbayar dan jangan gunakan themes gratisan. Hal itupun pengaruh dengan strukture themes itu sendiri dan sudah pasti themes premium ada banyak kelebihannya.

Sesuaikan themes dengan niche atau tema blog sobat, jika temanya umum atau berbau news maka sobat bisa membeli themes dengan konsep news atau jika blog sobat bersifat personal atau blog pribadi maka bisa menggunakan themes yang lebih simpel.

Selain themes juga penempatan widget harus disesuaikan baik disisi kiri, atas atau bawah. Gunakan widget yang tidak berlebihan dan sesuaikan dengan kebutuhan.

Penting, gunakan themes yang sudah suport dengan smartphone atau mobile friendly sehingga pengunjung melalui smartphone bisa dengan mudah mengakses blog sobat dan enak membaca setiap artikelnya.

Salah satu rekomendasi themes blog wordpress dengan harga yang lebih murah maka sobat bisa menuju artikel sebelumnya tentang Harga Themes WordPress Premium Hanya 15 Dollar.

  • Optimasi Blog dengan SEO (Search Engine Optimasi)

SEO atau Search ENgine Optimasi adalah bagaimana mengoptimalkan blog dimesin pencari seperti Google, Bing, Yandex dan lain sebagainya. Intinya adalah bagaimana agar blog kita bisa diindex oleh mensin pencari tersebut.

Sebagai contoh kita mengcopy sebuah URL artikel blog kita di mesin mencari Google, kemudian ketika di “Enter” ternyata tidak ada Link atau artikel kita di blog dengan kata lain artikel blog kita tersebut masih belum terindekx oleh google.

Nah hal pertama yang perlu kita lakukan adalah berusaha agar artikel kita diindex google meski pada akhirnya seiring berjalannya waktu dan biasanya ada yang cepat ada yang lambat proses “indekstingnya”.

Keindex saja masih belum cukup lantaran kita masih harus bersaing dengan blog lainnya untuk menempati urutan pertama dihalaman pertama pencarian google. Karena sudah pasti dari setiap artikel yang kita buat akan ada banyak artikel-artikel yang sama dari blog orang lain.

Maka dengan kata lain kita harus mampu bersaing dengan artikel-artikel blog orang lain, disinilah pentingnya sobat mempelajari SEO agar blog sobat mampu bersaing dengan blog-blog orang lain. Ada dua bagian dari SEO itu sendiri yakni SEO Onpage dan SEO Offpage nah berikut ini ulasannya.

  • SEO Onpage

SEO Onpage adalah SEO yang dibangun dari dalam blognya itu sendiri seperti strukture blog yang mencakup themes yang SEO Friendly juga artikel-artikel yang SEO friendly. Jika di blog wordpress akan lebih mudah dalam membangun blog agar lebih SEO friendly lantaran bisa memanfaatkan beberapa plugin pendukung.

Sebagai contoh All in One SEO atau SEO by Yoast yang bisa secara otomatis membuat semuanya menjadi lebih baik. Hanya saja setting pertama kali pada plugin-plugin tersebut membutuhkan keahlian lebih dan kabar baiknya ada banyak blog yang memberikan tutorial mudah cara mensetting plugin-plugin tersebut.

Intinya adalah bangunlah blog sebaik mungkin dengan themes yang elegan dan sesuai niche kemudian artikel yang lengkap dan SEO friendly, bangun internal linking antar artikel secara natural dan lain sebagainya.

  • SEO Offpage

SEO Offpage adalah SEO yang dibangun dari luar blog itu sendiri. Secara garis besar SEO Offpage adalah membangun kepercayaan diri yang tinggi dengan artikel-artikel yang bermanfaat sehingga banyak dijadikan sumber referensi artikel orang lain.

Ketika orang lain membuat artikel untuk blognya dan memberikan link rujukan atau referensi ke blog sobat sekalian. Dengan kata lain blog orang lain akan menanamkan link blog sobat sehingga terjadilaj Backlink.

Backlink adalah link blog sobat dipasang di blog orang lain atau link artikel sobat dipasang di artikel blog orang lain.

Semakin banyak backlink maka akan semakin baik lantaran google menganggap artikel sobat sangat bermanfaat bagi orang lain sehingga banyak dijadikan rujukan. Hanya saja backlink sendiri bisa menjadi buruk jika backlik berupa spam atau dari blog-blog yang tidak berkualitas.

Sebagai contoh sobat memaksakan diri mencari backlink dengan menanampak link sobat di ratusan hingga ribuan blog orang lain melalui kolom komentar maka hal ini bisa dianggap spam. Backlink yang bagus adalah backlink dari blog-blog berkualitas dan terjadi secara alami.

Hanya saja jenis backlink ini sangat sulit didapatkan, banyak orang yang sudah lama terjun didunia online mengakali hal ini salah satunya dengan membuat PBN (Privat Blog Network).

Dimana PBN ini terdiri dari beberapa blog dengan domain yang sudah berumur dan memiliki authority yang baik dimata google. Padahal blog-blog PBN tersebut masih dimiliki oleh kita hanya saja memiliki IP berbeda dengan yang dimiliki kita sehingga secara kasat mata blog ini seolah bukan milik kita.

Kemudian blog-blog PBN tersebut membuat artikel yang ditanami link ke blog utama kita sehingga menjadikan backlink yang berkualitas.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan backlink dan sobat bisa melakukan cara-cara tersebut selagi cara yang diterapkan baik untuk blognya dan tidak membahayakan kelangsungan blog.

Membangun blog dengan cara-cara SEO ini membutuhkan waktu hingga mampu mendatangkan traffik dan biasanya antara 3 sampai 4 bulan baru akan ada traffik dengan catatan sobat update artikel secara rutin.

Meski terbilang lama namun traffik yang dihasilkan akan lebih stabil dan bertahan lama dengan pengingkatan yang cenderung meningkat. Cara ini bisa dilakukan untuk sobat yang menganggap blog adalah aset masa depan.

  • Submite ke Mesin Pencari dan Share di berbagai media sosial

Pada saat pertama membuat blog maka sobat sebaiknya melakukan submite ke mesin pencari seperti Google Webmaster Tools, Bing dan lain sebagainya. Submite juga sitemap.xml agar blog dan artikel-artikel sobat cepat terindek oleh mesin pencari.

Selain itu sobat juga perlu membagi setiap artikel ke sosial media seperti facebook, caranya bisa membuat fanpage khusus blog sobat dimana setiap artikel dishare di fanpage tersebut, bangun fans sebanyak-banyanya sehingga berpotensi mendatangkan traffik ke blog.

Selain media sosial bisa juga submite ke sosial bookmark yang terbukti masih sangat bagus untuk menaikkan rangkin blog di pencarian google. Ada banyak sosial bookmark dan sobat harus memilih yang memiliki reputasi baik.

Aktif diforum-forum dengan membuat threat yang bermanfaat serta menanambkan link didalamnya. Hal ini selain mampu mendatangkan traffik dari forum juga mampu meningkatkan rangking blog kita di mesin pencarian.

Sobat juga bisa membuat channel blog khusus dengan menyertakan link blog sobat, setiap kali membuat konten video maka sobat bisa menamankan link blog atau menyertakannya dalam video tersebut.

Blogwalking juga perlu dilakukan, blogwalking adalah mengunjungi blog orang lain yang memiliki tema yang sama atau artikel yang setema kemudian sobat melakukan komentar dikolom komentar yang disediakan.

Dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan untuk membangun blog sobat, intinya adalah bangunlah blog sobat secara full dan diurus layaknya “anak sendiri”, berikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat dan sesekali kasihlah vitamin berupa backlink maka dengan sendirinya blog akan tumbuh dengan baik dengan pengunjung yang banyak.

Nah itulah sekilas mengenai cara mendatangkan banyak pengunjung ke blog yang bisa sobat lakukan, tidak ada cara khusus yang perlu dilakukan hanya saja kamu perlu lebih serius mengurus blognya, semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *