Cara Atasi Smartphone Lemot Terlalu Banyak Foto di Memori

Diposting pada

Solusi mengatasi smartphone lemot – Ada kalanya kita yang memiliki smartphone dengan kualitas kamera mumpuni selalu gatal ingin foto-foto, apalagi kita juga aktif di sosial media seperti instagram atau facebook yang menuntut kita untuk selalu upload foto terbaru.

Momen-momen penting berharga tentang kebersamaan juga tak luput dari kamera smartphone yang mengabadikan, seperti momen kemarin lebaran Idul Fitri disaat semua keluarga berkumpul dan sayang rasanya jika tidak di foto.

Alhasil memori smartphone kita tak terasa semakin penuh, kinerja smartphone menjadi lebih lambat dan bahkan loading terlebih dahulu. Tentu saja hal ini cukup emnjengkelkan sementara disisi lain foto dan video masih tersimpan di memori dan sayang untuk dihapus, apalagi foto-foto tersebut banyak yang bagus dan belum di publish di sosial media.

Cara mengatasi smartphone lemot
Cara mengatasi smartphone lemot

Cara Atasi Smartphone Lemot

Nah kali ini kita akan bagikan tiga langkah mengatasi smartphone lemot karena terlalu banyak foto di memori. Cara ini cukup mudah dilakukan karena semua fitur sudah tersedia di smartphone.

  1. Pilih Foto Terbaik Saja

Kita tak mau setiap momen penting terlewatkan begitu saja alhasil kitapun mengambil foto dengan smartphone dengan sangat sering dan banyak. Harapannya akan ada banyak foto yang bisa dipilih dengan kualitas cukup baik.

Namun ada banyak pula foto yang terlihat buruk seperti ngeblur dan tidak fokus atau ada beberapa foto yang adegannya mirip. Pilihlah foto-foto berkualitas terbaik yang patut di pertahankan sementara selebihnya yang buruk di hapus saja.

Hal ini akan mengurangi konsumsi memori smartphone sobat sehingga tidak akan terlalu memberatkan kinerjanya.

  1. Simpan Foto di Cloud seerti Google Drive

Salah satu solusi mengatasi smartphone yang lemot karena kapasitas memoti penuh oleh foto maka sobat bisa memanfaatkan Cloud seperti Google Drive. Fitur ini rata-rata sudah tersedia di smartphone sobat dan bisa digunakan.

Fitur ini untuk masyarakat Indonesia sendiri masih belum begitu familiar dan belum banyak digunakan. Padahal fitur ini disediakan agar kapasitas memori ponsel tetap terjaga dan kosong.

Mungkin sobat memiliki koleksi foto ratusan bahkan ribuan di smartphone, semuanya dirasa bagus dan sayang jika harus dihapus, apalagi foto-foto tersebut belum sempat di upload di sosial media seperti instagram atau facebook.

Solusinya adalah simpanlah foto-foto tersebut di Google Drive dengan membuat folder khusus disesuaikan dengan momen foto. Misal folder liburan, folder lebaran dan folder-folder lainnya.

Menyimpan foto di Google Drive tidak akan mengganggu kapasitas memori di ponsel sehingga masih tetap kosong. Hal ini tidak akan mempengaruhi kinerja smartphone dan tidak akan lemot/

  1. Bagikan Foto dengan Membagikan Link Cloud

Lantas bagaimana jika ada temen ingin meminta foto koleksi sobat? Caranya cukup mudah yakni cukup dengan membagikan link foto di google drive ke orang tersebut sehingga dia cukup membuka link tersebut maka foto akan terbuka semuanya.

Hal ini berbeda jika sobat mengirimkan foto melalui WhatsApp yang sudah pasti memakan kapasitas memori yang cukup besar sesuai dengan jumlah foto yang dikirim.

Nah itulah tiga langkah mengatasi smartphone lemot lantaran terlalu banyak menghabiskan memori karena koleksi foto. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk sobat sekalian.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"