Cara Cepat Membuat Halaman Disclaimer Secara Online untuk Blog

cara cepat membuat halaman disclaimer

Bagi seorang blogger memiliki blog dengan beberapa halaman “Disclaimer” membuat blog tampil lebih meyakinkan, selain disclaimer juga ada halaman privacy policy, halaman contact dan halaman about me yang menjelaskan secara garis besar dari sebuah blog yang dimiliki.

Namun terlepas dari itu halaman-halaman tersebut memang cukup penting apalagi jika blog sobat berencana didaftarkan ke Google Adsense dan menjadi penayang iklannya google. Maka tak heran jika blog-blog baru yang berniat dimonetisasi menggunakan Google Adsense maka halaman-halaman tersebut dianggap wajib ada.

Blog Terlihat Profesional

Google akan melihat blog sobat sebagai blog yang serius diurus dengan menampilkan halaman kebijakan seperti Disclaimer dan privaci Policy, selain itu ada halaman contact yang memungkinkan siapa saja untuk menghubungi si pemilik blog.

Jika sobat melihat ke blog-blog yang profesional baik blog pribadi maupun blog berita apalagi blog yang dimonetisasi dengan iklan-iklan Google maka minimal terdapat tiga halaman yakni About, Disclaimer dan Privacy Policy.

Kelengkapan halaman tersebut juga dianggap memperbesar peluang blog sobat diterima sebagai publisher Google Adsense terlepas dari banyak faktor lainnya. Biasanya halaman-halaman tersebut diletakkan dibagian footer sebuah blog meski tak sedikit juga memasangnya di header.

Fungsi Disclaimer

Meski isi dari Disclaimer berbeda dengan isi dari Privacy Pilicy namun isinya semata-mata si pemilik blog terlepas dari tanggung jawab atas kekurangan dari isi materi artikel yang dimuat di blognya.

Menurut Graham J.H. Smith dalam bukunya “Internet Law and Regulation”, Pada dasarnya disclaimer atau pernyataan penyangkalan diberikan dengan tujuan perlindungan bagi pemilik website atau situs sebagai pemberi informasi. Pembaca suatu situs dianggap secara otomatis menerima syarat dan ketentuan yang berlaku pada situs tersebut, termasuk klausul disclaimer.

Sementara di Indonesia sendiri pencantuman halaman Disclaimer tidak serta merta pemilik blog terlepas dari tanggung jawab mengingat di Indonesia sudah diatur dalam UU ITE yang menjadi acuan akan hal tersebut.

Meski begitu maka tak ada salahnya jika kita juga memasang halaman Disclaimer selain menambah meyakinkannya sebuah blog untuk kebutuhan daftar google adsense juga agar blog kita terlihat lebih profesional.

Cara Membuat Halaman Discalimer untuk Blog

Kali ini saya akan berikan cara tercepat membuat halaman disclaimer secara online dan hanya memerlukan informasi dasar blog dan alamat email saja. Caranya silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

cara membuat disclaimer online
  • Kemudian pilih “Disclaimer Generator”.
  • Kemudian masukan data-data seperti Nama Blog dan alamat Blog.
cara cepat membuat halaman disclaimer
  • Pilih negara, kemudian provinsi (state) dan alamat email, klik “CREATE DISCLAIMER”.
cara cepat membuat halaman disclaimer blog
  • Selamat, isi dari halaman Disclaimer sudah jadi, silahkan klik “copy to clipboard” dan pastekan di halaman blog sobat.
cara membuat disclaimer untuk blog

Cara Memasang Halaman Disclaimer di Blogger

Silahkan temen-temen masuk ke dashboard bloggernya kemudian klik “HALAMAN” kemudian tombol “PLUS” untuk menambahkan halaman dan isi judulnya dengan “Disclaimer” kemudian pastekan isi dari Disclaimernya dan publish.

cara memasang halaman disclaimer di blogger

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi temen-temen.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”