Cara Custom Domain Blogspot Jadi Dot Com

Diposting pada

Membuat blog lumayan mudah dan gak perlu modal uang yang cukup besar, cukup dengan uang sekitar Rp.150.000 selama setahun kamu sudah bisa memiliki blog dengan domain dot.com. Dan jika sudah habis masa kontraknya selama setahun kamu tinggal perpanjang saja nama domainnya sehingga blog dan domainnya masih bisa dimiliki.

cara custom domain blogspot jadi com

Caranya adalah kamu tinggal membuat blog di blogger yang merupakan blog gratisan yang dimiliki oleh google. Nantinya blog tersebut akan memiliki domain berakhiran blogspot sebagai contoh adalah deniandrian.blogspot.com.

Keunggulan membuat blog di blogger yakni kita diberikan hosting gratis unlimited jadi gak perlu beli hosting lagi. Selain itu blogger adalah platform milik google sehingga sudah pasti lebih disukai oleh mesin pencari google. Hanya saja jika blog kita melanggar aturan bukan tidak mungkin blog kita akan di hapus blogger.

Namun kesannya memiliki blog dengan domain berakhiran blogspot terasa kurang profesional, kelihatan banget blog gratisannya sehingga kurang bagus. Untuk mengakalinya adalah sobat perlu membeli domain TLD seperti dot.com, dot.net dan lain sebagainya. Kemudian nantinya tinggal di custom domain saja ke blogspotnya.

Jadi misalkan jika blog sobat adalah deniandrian.blogspot.com akan di custom domain menjadi deniandrian.com sehingga lebih simpel dan enak dibaca. Caranya adalah silahkan sobat membeli domain terlebih dahulu misalkan domain deniandrian.com.

Cara membeli domain yang benar sobat bisa menuju artikel sebelumnya yaitu Tutorial Cara Membeli Domain Dot Com.

Persiapan Custom Domain

Nah berikut ini adalah cara mengcustom domain blogspot menjadi dot.com, dot.net dan lain sebagainya.

  1. Buatlah blog di blogspot terlebih dahulu. Caranya sobat buat akun gmail terlebih dahulu kemudian buka blogger.com dan login menggunakan akun gmail tadi. Setelah itu “Create Blog” atau “Buat Blog”, isikan judul blog, nama domain sesuai keinginan kemudian pilih tampilan. Selesai, blog sobat sudah jadi.
  2. Beli domain do.com, dot.net, dot.id dan lain sebagainya di jasa penyedia domain seperti idwebhost. Jika kesulitan bisa menuju artikel sebelumnya tentang cara membeli domain untuk blog.

Tutorial Custom Domain Blogspot jadi Dot Com

  • Login ke dashboard blogspotnya kemudian pilih “setelan”. Pada bagian publikasi klik tulisan “Siapkan URL pihak ketiga untuk blog anda”.
cara custom domain dot com
  • Setelah di klik isi kolom dibawah “setelan domain pihak ketiga“. Isi dengan nama domain yang sudah sobat beli diawali dengan WWW misalkan www.muslimbeauty.com kemudian klik SIMPAN.
cara custom domain blogspot jadi com
  • Setelah disimpan maka akan muncul ERROR serta kode CNAME yang nantinya akan kita masukan ke akun dashboard dimana sobat membeli domain. Misalkan sobat membeli domainnya di Idwebhost.
custom domain blogspot jadi com

www | ghs.google.com
r4atnx3bm6au | gv-jdjacb5yrffgtv.dv.googlehosted.com

Pengaturan Pada Domain

  • Langkah selanjutnya adalah sobat silahkan login ke member area dimana sobat membeli domain, misalkan di Idwebhost. Setelah login klik pada tulisan “DOMAIN”.
custom domain blogspot
  • Pilih nama domain yang sudah sobat beli dan persiapkan. Klik nama domainnya maka sobat akan menuju settingan. Dan yang perlu sobat rubah adalah Nameserver sama Keloa DNS.
custom domain blogspot
  • Pilih “Gunakan Nameserver Lain (Masukan Dibawah“. Kemudian pada kolom dibawah masukan nameserver 1 dengan ns1.idwebhost.id dan nameserver 2 dengan ns2.idwebhost.id. setelah itu klik “Ganti Nameserver”. Jika ada kendala silahkan hubungi CS dari penyedia domain tersebut.
  • Langkah selanjutnya adalah klik “Kelola DNS” dan masukan empat IP Adress berikut ini:
    216.239.32.21
    216.239.34.21
    216.239.36.21
    216.239.38.21
custom domain blogspot
  • Caranya adalah pada kolom “Nama Host” isi dengan tanda “@”, pada “Jenis Record” pilih A(Adress) kemduian pada alamat IP masukan yang empat tadi satu persatu misal 216.239.32.21 dan pada kolom “prioritas” bisa dikosongkan. Jika sudah tinggal di klik “SIMPAN”. Lakukan hal ini hingga ke empat IP Adress dimasukan.
  • Jika 4 IP Adress diatas sudah dimasukan kemudian masukan CNAME yang dari blogger tadi seperti pada gambar dibawah ini, setelah semuanya dimasukan tinggal tunggu prosesnya antara 6 sampai 8 jam.
cara custom domain

Nah itulah cara custom domain blogspot jadi dot.com. Cara ini sebenarnya tidaklah sulit asalkan sobat ikuti langkah-langkahnya.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *