Cara Memasukan Kartu ATM BRI atau Lainnya yang Benar

Diposting pada

Sepertinya masih ada yang menanyakan mengenai cara memasukan kartu ATM BRI atau lainnya secara benar, padahal di jaman sekarang ini rasanya hampir tidak ada yang kesulitan mengenai hal itu. Tetapi nyatanya di pedesaan saat saya tengah antri di ATM tidak sedikit yang merasa kesulitan untuk memasukan kartu ATM nya.

Kadang kalau kartu ATM terbalik maka akan sulit masuk dan tersendat, dipaksa gimanapun gak akan masuk. Atau ada juga yang masuk tapi setelah itu langsung keluar lagi. Bagi kamu yang masih awam tentu akan mengherankan kenapa kartunya keluar lagi.

Ada juga yang kartu ATM nya sampai tertelan kedalam mesin ATM namun tidak bisa keluar lagi, kemungkinan memang mesin ATM nya tengah eror.

Selama saya menggunakan kartu ATM memang terkadang ragu untuk memasukan kartu ATM BRI atau kartu lainnya kedalam mesin ATM, ragu karena khawatir kartu ATM nya tertelan dan gak keluar lagi karena hal itu pernah saya alami. Setelah itu maka kita cukup repot mengurusnya ke pihak BANK untuk memblokir kartu ATM Tersebut.

cara memasukan kartu ATM BRI

Tips Cara Memasukan Kartu ATM BRI agar Aman

Sebenarnya ada tips agar aman saat memasukan kartu ATM BRI ke mesin ATM sehingga terhindar dari tertelan. Caranya kamu perlu memastikan terlebih dahulu apakah mesin ATM yang akan kamu gunakan dalam keadaan normal atau tidak.

Biasanya petugas akan memberikan tanda berupa tulisan jika ATM tengah rusak. Sebaiknya sebelum memasukan kartu ATM BRI Kamu maka teliti terlebih dahulu, lihat pada sisi samping mesin ATM atau depan apakah ada tulisan ATM tengah rusak dan tidak bisa di gunakan.

Selain itu mesin ATM yang tengah rusak pada layar utamanya tidak menampilkan seperti semestinya melainkan layar yang error. Nah berikut ini kami akan sampaikan cara memasukan kartu ATM BRI ke mesin ATM dengan benar agar tidak tertelan.

Cara Memasukan Kartu ATM BRI ke mesin ATM agar Tidak Tertelan

Berikut ini cara memasukan kartu ATM BRI ke mesin ATM agar tidak tertelan, silahkan simak baik-baik ulasannya:

  1. Masukan kartu ATM BRI dengan posisi yang benar, garis magnetik hitam ada di bawah dan sebelah kanan
  2. Pada bagian atas logo BANK BRI Berada di depan
  3. Jika posisinya salah biasanya mesin ATM tidak akan menarik kartu ke dalam
  4. Jika posisinya benar maka mesin ATM akan menarik kartu masuk kedalam
  5. Jika posisinya salah namun kartu ATM masuk, maka biasanya akan kembali dikeluarkan.
  6. Setelah itu masukan PIN kartu ATM kamu
  7. Kemudian piluh menu transaksi yang akan digunakan, misal tarik tunai atau transfer.
  8. Ikuti langkah-langkahnya hingga prosesnya berhasil, klik selesai.
  9. Tekan tombol cancel pada mesin ATM untuk mengeluarkan kartu ATM.

Pertanyaan Seputar Memasukan Kartu ATM BRI Ke Mesin ATM

Kenapa Kartu ATM Tidak Bisa Masuk?

Biasanya salah posisi kartu ATM semisal terbalik, atau bisa juga karena strip hitam magnetiknya rusak atau tergores. Kasus lain adalah masa berlaku kartu ATM telah habis sehingga menyebabkan kartu ATM tertelan.

Bagaimana Cara Mengeluarkan Kartu ATM yang Tertelan?

Jika kartu ATM BRI kamu tertelan maka kamu harus melakukan pemblokiran rekening terlebih dahulu agar tidak ada orang menyalahgunakan kartu ATM Kamu. Kamu bisa langsung datang ke kantor Bank cabang terdekat atau juga bisa melalui contact center.

Kesimpulan

Cara memasukan kartu ATM BRI ke mesin ATM pada dasarnya sangat mudah, jika kamu salah posisi dalam memasukan kartu ATM maka mesin ATM akan secara otomatis menolaknya dan kamu hanya perlu membalikan saja kartu ATM nya.

Kini kamu bisa memasukan kartu ATM BRI ke mesin ATM manapun yang memiliki logo “ATM Bersama” dengan tarif transaksi hanya Rp.6500 saja.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"