Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Gurih untuk Lebaran

Diposting pada

Resep kacang bawang renyah dan gurih – Saat ini kita sudah memasuki pertengahan bulan suci Ramadan dan tinggal setengah jalan lagi kita akan bertemu dengan Hari Raya Idul Fitri 2021.

Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Gurih untuk Lebaran
Resep Kacang Bawang Goreng yang Renyah

Tentu saja ada perasaan sedih dan juga bahagia menjelang hari lebaran dimana kita akan meninggalkan bulan suci Ramadan ini sebagai bulan pahala dan penuh ampunan. Kita sedih lantaran akan meninggalkan bulan suci ini dan tidak tahu apakah tahun depan umur kita akan sampai atau tidak

Sementara kita gembira karena akan memasuki hari kemenangan yakni Idul Fitri, Tentu saja kita akan bersuka cita merayakan dengan saling memaafkan satu sama lain.

Hari Raya lebaran sudah lazim dimanapun berada kita akan disuguhkan oleh aneka makanan seperti kue-kue, ketupat, cemilan dan minuman sirup yang manis dan segar.

Ada beberapa makanan khas lebaran yang selalu ada dan rasanya jika tidak ada akan terasa kurang. Diantaranya adalah kacang bawang yang gurih dan renyah.

Kalau ada kacang bawang satu toples saja gak kerasa tau-tau sudah mau habis aja kita makan, sambil ngobrol dengan keluarga gak kerasa kacang bawang habis kita makan.

Resep Kacang Bawang Renyah dan Gurih untuk Lebaran

Nah kali ini kita akan bagikan resep kacang bawang yang renyah dan gurih untuk lebaran. Cara membuatnya cukup mudah tinggal persiapkan saja semua bahan-bahannya, Berikut uraiannya:

Bahan-Bahan:

  • Kacang tanah sebanyak 1000 gram yang sudah dibuang kulitnya
  • Santan kental sebanyak 500 ml

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 5 Siung bawang putih yang sudah dibersihkan
  • 2 sendok makan garam atau secukupnya

Tambahan:

  • Goreng bawang putih secukupnya untuk ditaburkan

Cara Membuat Kacang Bawang Renyah dan Gurih

  1. Silahkan masak dan didihkan santan dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi, aduk-aduk sampai merata. Jika sudah mendidih dan merata bumbunya, matikan api dan masukkan kacang tadi diamkan sampai dingin dan santan bumbu meresap kedalam kacang. Setalah dingin kemudian tiriskan kacang tersebut.
  2. Siapkan minyak yang cukup banyak dan panaskan, kemudian goreng kacang yang sudah ditiriskan tadi dan aduk-aduk sampai matang. Setelah itu angkat dan tiriskan.
  3. Jika sudah matang dan tiriskan pada wadah yang sudah dilapisi kertas agar minyak-minyaknya meresap pada kertas dan taburi goreng bawang. Aduk-aduk hingga merata dan masukan kedalam toples, tutup hingga rapat.

Baca juga: Cara Membuat Kue Putri Salju

Cara Membuat Kacang Mete Goreng Renyah

Selain resep kacang bawah gurih dan renyah kita juga bisa membuat goreng kacang mete yang renyah dan nikmat. Caranya hampir sama berikut ini lebih lengkapnya:

Bahan-bahan:

  • Kacang mete 500 gram
  • Bawang putih 4 siung
  • gula pasir 3 sendok makan
  • garam satu sendok teh atau secukupnya
  • minyak goreng secukupnya.

Cara Membuat Kacang Mete Goreng yang Gurih dan Renyah

  1. Agar kacang mete lebih garing, beraroma dan renyah maka sebelumnya kita perlu menyangrai sedikit kacang mete tersebut hingga sedikit berubah warna.
  2. Buatlah bumbu halus dari bawang putih, gula pasir dan garam tadi. Seletah halus kemudian campurkan dengan kacang mete aduk-aduk hingga merata dan diamkan selama 30 menitan.
  3. Setelah dirasa bumbu sudah meresap maka gorenglah kacang mete tersebut pada minyak panas yang cukup banyak dengan api kecil. Aduk-aduk sampai warna berubah dan matang.
  4. Angkat dan tiriskan pada wadah yang sudah dikasih kertas atau tisu agar minyak meresap. Jika suka sobat bisa menaburi kacang mete tersebut dengan bawang putih goreng.
  5. Simpan pada toples dan tutup rapat jika ingin disimpan terlebih dahulu sebelum disajikan.

Nah demikian cara membuat kacang bawang gurih dan renyah serta kacang mete goreng yang nikmat. Silahkan dicoba semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"