Cara Membuat Video Menarik untuk Youtube dan Banyak Penontonnya

cara membuat video youtube lebih menarik

Saat ini banyak orang tertarik untuk menjadi seorang youtuber, membuat video dan membagikannya di youtube dengan harapan menjadi terkenal dan mampu menghasilkan banyak uang. Namun ternyata semua tidak semudah yang dibayangkan, sebagai pemula tentu kita harus faham dulu cara membuat video menarik untuk youtube sehingga banyak penonton dan like.

Cara membuat video youtube lebih menarik
Cara membuat video youtube lebih menarik

Namun masalahnya seorang pemula mungkin sudah memiliki ide untuk video youtubenya, tapi masalahnya dia tidak tahu bagaimana cara mengambil video yang bagus kemudian melakukan editing dengan software atau aplikasi android sementara pemahaman soal editingpun masih minim.

Tentu jangan patah semangat, saya pribadipun pernah mengalami hal yang sama, membuat channel youtube namun ternyata video yang diupload terlihat lucu dan abal-abal, orang lainpun enggan untuk melihat video kita, dari sisi tema, cara pengambilan gambar serta editing yang masih amburadul.

3 Hal Penting Sebelum Membuat Video Menarik untuk Youtube

Ada beberapa hal yang perlu sobat dalami sebelum terjun didunia youtube, setidaknya ada tiga hal yang perlu sobat persiapkan secara matang agar video menjadi lebih menarik dan layak diupload di channel sobat sekalian, diantaranya adalah:

  1. Menentukan Tema Channel Youtube

Tema menjadi sangat penting yang perlu dipersiapkan secara matang dari awal, hal ini agar channel sobat menjadi lebih tertata rapi dengan konten-konten yang sejalur atau konten yang tidak bercampur-campur.

Baca: Cara Membuat Channel Youtube di HP

Channel yang satu tema juga cenderung lebih bagus karena bisa menarget pengunjung lebih baik, membangun loyalitas penonton sehingga lebih cepat dalam penambahan subscriber. Beberapa tema yang bisa dipilih seperti dunia RC, Gadget, Hobby, Kamera, Adventure dan lain sebagainya.

Misalkan tema yang sobat ingin garap adalah Hobby mancing maka sobat bisa mulai membuat channel youtube dengan nama yang ada kesan mancingnya, misalkan “Deni Fishing” ataupun bebas disesuaikan dengan temanya.

  1. Pengambilan Gambar Video

Cara membuat video menarik untuk youtube agar banyak penontonnya dan likenya maka tak lepas dari cara pengambilan gambar atau cara syutingnya. Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah peralatannya seperti kamera yang sesuai dengan kebutuhan.

Jika sobat memiliki dana maka untuk tema hobby mancing mungkin akan lebih mudah menggunakan Action Cam seperti GoPro, gunakan kamera yang mampu merekam gambar dengan kualitas baik semisal GoPro yang mampu mereka hingga resolusi 1080p, 2K atau 4K.

Selain itu GoPro sangat fleksibel dimana bisa dipasang di kepala, didada ataupun digenggam sehingga tidak akan begitu mengganggu aktivitas mancing sobat dan tetap fokus ke mancing.

  1. Editing yang Rapi

Terakhir adalah proses editing agar video lebih menarik dan layak diupload di youtube. Proses editing bisa menggunakan aplikasi editing yang sobat paling mudah mengoperasikannya.

Baca: Software Edit Video Terbaik dan Mudah Digunakan untuk Youtuber

Jika di laptop atau PC bisa menggunakan aplikasi Filmora X atau Premier Pro, namun jika di smartphone android bisa memanfaatkan aplikasi KineMaster.

Proses editing jangan terlalu berlebihan dalam memberikan efek, apalagi jika temanya adalah mancing maka editing hanya membuang bagian video yang tidak diperlukan saja kemudian menyambungkan satu video dengan video selanjutnya. Lama video mungkin bisa 10 sampai 15 menitan agar penontong tidak bosan saat menonton videonya.

Buang bagian-bagian yang tidak diperlukan kemudian gabungkan dengan video-video lainnya karena proses perekaman video tidak full selama aktivitas, jadi merekam hal-hal yang kira-kira penting dan menarik saja terlebih kamera yang digunakan daya tahannya terbatas juga memori yang kita pakai kapasitasnya standar.

Jadi rekam hal-hal yang kira-kira menarik saja yang kemudian dirapikan pada saat proses editing.

Jika diperlukan bisa menggunakan backsound musik namun saya sarankan lebih baik gunakan musik-musik yang tidak mengganggu jalannya suasana video, mungkin bisa memasangnya diawal video dan diakhir video.

  1. Berinteraksi dalam Video

Tentu penonton membutuhkan interaksi dalam video yang sobat bikin, maka sobat sebaiknya bercakap-cakap dalam video, membahas aktivitas yang tengah dilakukan, memberikan informasi apapun yang berhubungan dengan video yang dibuat sehingga penonton menjadi betah menonton video sobat.

Tips Youtuber Pemula Agar Sukses

Jika keempat tips diatas dilakukan maka video tersebut sudah pasti akan terlihat lebih profesional dan menarik untuk ditonton. Biasakan setiap akan terjun dilapangan menerapkan tips diatas sehingga cara membuat video youtube lebih menarik akan menjadi terbiasa.

Tips untuk pemula sebaiknya jangan terburu-buru mengupload video ke youtube, buatlah channel terlebuh dahulu kemudian buatlah video semenarik dan sebagus mungkin sebagai video pertama sobat yang layak diupload di youtube.

Setelah itu mintalah saran dan kritik ke orang-orang terdekat seperti keluarga ataupun rekan. Jika sudah mendapat penilaian bagus maka tinggal upload ke youtube. Nah video tersebut menjadi video acuan standar minimal sobat sekalian dalam membuat video-video selanjutnya.

Oke, sekian dulu tips cara membuat video menarik untuk youtube sehingga banyak penonton dan likenya. Jangan lupa untuk tetap konsisten dan jangan menyerah. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”