Cara Menentukan Topik Website atau Niche Blog

Diposting pada

Cara menentukan topik blog – Sebagai seorang pemula terkadang kita bingung ingin membangun website seperti apa? Apakah akan membangun web atau blog jenis berita dengan membahas semua topik yang umum atau membuat blog dengan topik khusus.

tips menentukan niche blog
Menentukan Topik Bahasan Blog

Apalagi yang sering menjagi ganjalan adalah kita tidak memiliki pengetahuan lebih mengenai sebuah topik bahasan sehingga merasa tidak percaya diri dan tidak yakin untuk membahas topik tersebut.

Padahal para blogger profesional awalnya juga mengalami hal yang sama. Percayalah blog-blog mereka biasanya lebih dari satu bisa beberapa blog bahkan hingga puluhan blog. Lantas pertanyaannya apakah mereka mengerti dan faham mengenai topik yang mereka bahas pada blognya?

Jawabannya bisa iya dan bisa tidak dan kebayakan dari mereka awalnya tidaklah faham. Namun karena mereka mencoba membahas sebuah topik pada blognya maka pengetahuanpun akan semakin terbuka sehingga mulai paham pada topik tersebut.

Menentukan Topik atau Niche Blog

Topik blog atau biasa kita kenal dengan niche blog tentu sangatlah banyak. Misalkan kita mencoba membuat blog dengan tema gadget dan itupun masih bisa dikembangkan lagi menjadi topik yang lebih spesifik lagi semisal drone.

Nah dari sini kita bisa memutuskan untuk membuat blog seputaran drone, tidak perlu sobat menjadi ahli drone dan mengerti semua hal tentang drone. Sobat hanya perlu melihat blog-blog serupa yang membahas mengenai drone kemudian mulailah membuat artikel yang mirip tapi tidak sama seperti blog-blog kompetitor sobat.

Menentukan Topik Blog Harus Diawal

Sangat penting bagi kita sebelum memutuskan membeli domain dan menginstalnya di hosting sehingga blog sobat bisa diakses maka hal pertama yang perlu dipikirkan matang adalah sebuah topik website atau niche blog.

Misalkan sobat sudah memutuskan ingin membuat blog tentang drone maka domainpun akan disesuaikan dengan niche tersebut semisal “lagitdrone.com” atau “dronelangitan.com”.

Silahkan cek ketersediaan domain tersebut di perusahaan penyedia domain seperti Idwebhost (klik disini Idwebhost). Jika tersedia maka tinggal diregister.

Baca: Tempat Membeli Domain dan Hosting Berkualitas

Menentukan niche blog diawal juga akan sangat menentukan bagaimana perkembangan blog sobat kedepannya. Tentunya dengan niche yang sudah dipatenkan maka sobat akan lebih teratur dan rapi lagi dalam mengisi konten-konten artikelnya.

HAL YANG TIDAK BOLEH DILAKUKAN

Banyak pemula yang gagal dalam membangun blognya padahal mereka sudah mengeluarkan uang cukup lumayan untuk membeli domain dan hosting. Mereka membeli domain dan menginstalnya di hosting sehingga blognya sudah siap dikembangkan.

Namun sayangnya karena mereka tidak memiliki strategi matang terutama menentukan sebuah niche diawal akhirnya mereka bingung ingin membahas apa.

Bukan hanya itu mereka terkadang suka mudah tertarik dengan apa yang orang lain bahas sehingga akhirnya blognya menjagi campur-campur dengan banyak topik.

Tidak jelek memiliki blog dengan banyak topik namun hal itu akan cukup sulit dikembangkan terutama jika sobat masih pemula maka sebaiknya fokuslah pada satu topik hingga blog tersebut ramai pengunjung.

Jangan beranggapan blog akan langsung banyak pengunjung butuh waktu cukup lama bisa tiga bulan atau enam bulan bahkan setelah setahun baru ada pengunjungnya. Yang penting yang harus sobat lakukan adalah konsisten update artikel agar keyword-keywod blog sobat nantinya banyak yang terindek.

Nah itulah sekilas mengenai cara menentukan niche blog atau topik sebuah blog, semoga artikel ini cukup bermanfaat bagi sobat sekalian.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”