Cara Mengawasi HP Anak, Ketahui Isi Whatsapp dan Facebooknya Secara Realtime

Diposting pada

Beberapa waktu lalu saya mengikuti rapat orang tua di sekolah SMP Negeri 2 Cipongkor, Bandung Barat. Kebetulan adek ipar saya sekolah disana. Rapat tersebut merupakan rapat rutin yang biasa dilakukan pihak sekolah dengan memanggil orang tua murid jelang pembagian raport.

Alhamdulillah adek saya meski tidak menempati posisi 3 besar namun dia sudah berhasil masuk di posisi 4 rangking kelas. Nampaknya adek saya masih harus mulai giat belajar lagi ya hehe.

cara awasi HP anak dengan mudah

Nah ada yang menggelitik pada saat tanya jawab rapat antara orang tua murid dan guru wali kelas, ada seorang bapak yang sudah “hampir angkat” tangan dengan sikap anak perempuannya. Pasalnya anaknya dikatakan sudah kecanduan gadget yang cukup parah, tangannya tak lepas dari smartphone untuk bermain game dan chattingan.

Memang fenomena saat ini anak-anak lebih cenderung senang dengan smartphonenya ketimbang bermain dilapangan. Saya masih ingat saat masih sekolah di SMA tahun 2003 lalu (Cung nu angkatan tahun 2000an), untuk bermain game saja masih harus pergi ke rental PS dan itupun cuman sanggup bayar untuk waktu 2 jam saja.

Namun saat ini anak-anak cukup menggunakan smartphonenya untuk bermain game berjam-jam dari pagi, siang, sore hingga malam menjelang tidur. Dan uniknya secara tidak langsung orang tuanya memfasilitasi anak-anaknya dengan memberinya smartphone dengan spesifikasi yang lumayan.

Kemajuan jaman memang tidak bisa kita hindari, teknologi semakin pesat berkembang untuk memudahkan kita dalam beraktifitas. Meski negatifnya juga besar namun positifnya juga sangat besar. Anak-anak bermain gadget memang tidak bisa kita larang, apalagi saat ini pelajaran di sekolah juga ada yang memungkinkan untuk menggunakan gadget.

Sebagai contoh tidak jarang guru memberikan tugas anak didiknya dan menyuruh mereka mencari jawabannya di internet. Maka mau tidak mau gadget menjadi pilihan utama murid untuk berselancar didunia maya guna mendapatkan kunci jawaban atas tugasnya.

Kita Tak bisa Lepas dari Gadget

Sebagai manusia modern maka kita tidak akan bisa lepas dari gadget terutama smartphone. Jika dahulu ponsel hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja namun saat ini ponsel bertransformasi menjadi sebuah smartphone atau ponsel pintar dengan segudang fitur unggulan yang memudahkan didalamnya.

Terkadang SMS dan melakukan panggilan keluarpun tak lagi menggunakan pulsa reguler melainkan menggunakan paket data internet yang lebih fleksibel. Kita bisa mengirim pesan melalui aplikasi Whatsapp atau facebook messenger, kita juga bisa melakukan panggilan dengan video langsung.

Bermain game pada ponsel pintar bukan lagi sebagai gaya hidup mencari hiburan semata, namun bagi sebagian orang lain bermain game di ponselnya bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan.

Nampaknya kita sudah sangat ketergantungan dengan gadget, bukan hanya anak-anak, bahkan orang tua pun tak bisa lepas dari gadget. Lantas bagaimana mau mencegah anak-anaknya bermain gadget sementara orang tuanya juga tak bisa lepas dari smartphonenya?

Cara Mengawasi HP Anak Secara Penuh

Pada saat rapat dikatakan oleh guru terkadang saat ini anak-anak lebih pintar ketimbang orang tuanya. Anak-anaknya sibuk dengan gadgetnya chatting yang entah dengan siapa dan apa isinya, orang tuanya tidak tahu dan tidak punya akses ke HP anaknya. Bahkan anak-anak kita juga lebih pintar dalam berbohong.

Maka dari itu jadi orang tua juga harus lebih pintar dari anak-anaknya. Bagaimana caranya mengawasi HP anaknya secara penuh sehingga tahu apa yang mereka lakukan didunia maya.

Karena harus kita sadari saat ini aktifitas anak-anak kita ternyata lebih banyak dilakukan didunia maya ketimbang didunia nyata. Jika pagi sampai siang mereka di sekolah, maka pulang dari sekolah hingga dia tertidur mereka cenderung lebih banyak menghabiskan waktunya didunia maya.

Oleh sebab itu, orang tua harus sejak dini mengetahui aktivitas anaknya didunia maya atau di smartphonenya. Minimal mengetahui isi Whatsapp dan facebooknya secara penuh. Alhamdulillah saya mempunyai akses penuh terhadap WhatsApp dan Facebook adik-adik saya tanpa sepengetahuan mereka.

Akses Penuh WhatsApp dan Facebooknya

Memiliki akses penuh terhadap akun Whatsapp dan Facebooknya adalah hal yang sangat penting yang harus bisa dilakukan orang tua. Alhamdulillah saya sendiri memiliki akses penuh terhadap kedua aplikasi tersebut di HP adik-adik saya sehingga tahu apa yang mereka lakukakan didunia maya, dan menariknya mereka tidak menyadari kalau saya sudah masuk didalamnya.

Caranya cukup mudah, untuk mengakses Whatsappnya maka orang tua harus memiliki sebuah laptop. Saya pikir demi mengawasi anak kesayangan kita kenapa kita tidak maksain saja membeli sebuah laptop dan laptop itupun bisa digunakan anak kita untuk belajar nantinya. Masa beli HP mahal sanggup tapi Laptop malah tidak?

Setelah itu, mulailah menghubungkan akun Whatsapp anak kita dengan Whatsapp versi WEB di laptop. Caranya bisa baca di artikel sebelumnya atau klik tautan ini Cara Mudah Menggunakan WhatsApp Web di Laptop dan PC.

Nah ketika whatsapp di smartphone anak sudah terhubung dengan whatsapp versi web di laptop, maka kita bisa mengkases isi whatsapp anak kita secara penuh kapanpun dimanapun dengan catatan kita bisa login ke whatsapp anak kita di versi web jika whatsapp di smartphone anak tengah aktif.

Artinya kita bisa memantau langsung percakapan anak kita di Whatsapp secara “realtime”. Tapi ingat bapak ibu jangan ikut mengetik sesuatu di whatsappnya karena nanti bisa ketahuan.

Aplikasi kedua yang perlu kita kuasai dari anak-anak kita adalah facebook. Hampir sama seperti cara untuk whatsapp, bapak ibu juga perlu memiliki akses penuh ke facebook anak kita melalui facebook versi web di laptop.

Caranya cukup mudah, bapak ibu tinggal mempersilahkan anak kita membuka akun facebooknya di laptop, kemudian jangan sampai facebook di laptopnya di “logout” oleh anak kita, setelah itu tutuplah laptopnya dan biarkan anak kita pergi bermain.

Tanpa disadari facebook anak kita yang dilaptop masih belum keluar karena tidak dilakukan “logout”, maka bapak ibu bisa mengkases secara penuh aktifitas facebook anak kita kapanpun dimanapun tanpa sepengetahuan anak kita.

Mengatasi Kecanduan Bermain Game di Smartphone

Saya sendiri cukup senang dengan permainan game di smartphone, jika ada waktu luang saya selalu menyempatkan diri bermain game Mobile Legends, kalau teman-teman mau MABAR dengan saya silahkan di follow akun “Kiansantang” hehe.

Nampaknya cukup sulit untuk melarang anak-anak kita bermain game di smartphone karena itu salah satu hiburan mereka setelah seharian “fullday” di sekolah. Yang perlu dilakukan adalah pembatasan penggunakan smartphone untuk ngegame.

Kemarin bapak-bapak yang mengeluh anaknya sudah kecanduan game menyarankan agar guru lebih aktif memberikan tugas, tak masalah jika setiap hari mereka diberikan tugas agar setidaknya bisa mengurangi anak-anaknya bermain game.

Saya cukup sepakat dengan saran si bapak tersebut, guru bisa memberikan tugas literasi kepada anak muridnya, misalkan tugas membuat sebuah artikel pendek minimal 3 lembar dan bebas membahas apa saja yang anak-anak sukai.

Jika anak-anak suka dengan game online maka setiap hari guru memberikan tugas membuat artikel tiga lembar tentang game online.

Mengarahkan Anak dari Hobby ke Rejeki

Saya juga memiliki saran kenapa tidak mengarahkan anak-anak kita ke hal lainnya yang masih berhubungan dengan dunia gadget, misalkan selain diberikan tugas oleh gurunya untuk membuat artikel, maka si anak lama kelamaan akan mulai terbiasa membuat tulisan artikel.

Kemudian karena si bapaknya sudah membeli laptop, maka langkah selanjutnya adalah mengarahkan anak-anaknya menjadi seorang penulis dan mempublikasikannya di internet. Anak-anak kita bisa menjadi seorang blogger, ya! Blogger seperti halnya Deniandrian.com.

Anak-anak yang gemar game online bisa membuat blog tentang game online dan menulis artikel-artikel tutorial dan tips tentang game yang biasa mereka mainkan. Jika hal ini sukses maka bukan hal yang mustahil mereka akan menjadi penulis blog yang dikenal suatu saat ini dan mulai menghasilkan uang untuk dirinya sendiri.

Mereka juga bisa mulai berkreasi membuat video menggunakan smartphonenya dan di publikasikan di Youtube. Selain menjadi bligger maka sekalian menjadi seorang youtuber.

Menariknya saat ini beberapa orang yang gemar bermain game juga bisa menghasilkan uang dari hobbinya tersebut. Sebagai contoh bermain game mobile legends dan mengikuti program Streaming Game Facebook, maka dengan jumlah penontong yang banyak kita akan mulai menghasilkan uang dari facebook. Mengenai hal ini silahkan baca artikelnya disini 3 Cara Menghasilkan Uang dari Facebook Tanpa Modal.

Nah itulah beberapa hal yang perlu saya sampaikan di artikel ini mengenai cara mengawasi HP anak mulai dari Whatsapp hingga Facebooknya. Saya pikir sebagai orang tua kita tidak boleh kalah pintar dari anak kita. Kebiasaan anak kita bermain gadget harus bisa kita arahkan agar menjadi kegiatan yang lebih positif tanpa mereka kehilangan kegemarannya. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *