Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Mudah Hasil Maksimal

Diposting pada

Saat ini perkembangan dunia internet semakin pesat, kita tidak perlu lagi keluar rumah untuk menghasilkan uang. Cukup dengan laptop yang terhubung dengan internet maka sobat sudah bisa menghasilkan uang dari rumah. Ada banyak sumber penghasilan dari internet yang bisa sobat garap dan yang paling “murah” adalah menghasilkan uang dengan blog.

cara menghasilkan uang dari blog

Untuk membuat blog sendiri cukup mudah sobat bisa mengunjungi tutorial cara membuat blog diartikel sebelumnya yakni Cara Mudah Membuat Blog di Blogger (Blogspot) untuk Pemula.

Pengenalan Dasar SEO (Search Engine Optimasi)

Hanya saja sekedar membuat blog saja masih belum cukup karena sobat masih harus berusaha ekstra mendatangkan traffik atau pengunjung sebanyak-banyaknya ke blognya. Percuma saja sekalipun blog sobat memiliki tampilan yang bagus dengan artikel yang menarik dan panjang namun masih sepi pengunjung maka tidak akan bisa menghasilkan apapun.

Sobat masih harus belajar cara membuat blog dengan benar dengan menerapkan beberapa metode SEO (Search Engine Optimasi) baik On Page maupun Off Page. Metode SEO ini adalah cara memaksimalkan blog agar mampu mendatangkan traffik yang banyak.

Mencakup banyak aspek seperti cara penulisan judul artikel dan isi artikel yang benar yang mengandung cukup keyword atau kata kunci. Sebagai contoh kata kunci “Bisnis Sampingan Online”, maka sobat bisa membuat judul dengan kata “Contoh Bisnis Sampingan Online yang Terbukti Menghasilkan”.

Kemudian buatlah artikel beberapa paragraf semakin panjang artikel maka akan semakin bagus untuk SEO. Artikel juga harus mengandung kata kunci tadi dengan persentase yang disesuaikan.

Selain SEO On Page dengan memaksimalkan blog itu sendiri, kamu juga harus memaksimalkan SEO Off page yakni memperbanyak link dari blog luar ke blog kamu dengan link yang berkualitas. Link ini biasa disebut dengan backlink dengan tujuan memperkuat blog kamu di search engine seperti google search.

Nah itulah sekilas tentang SEO agar blog kamu menjadi lebih baik dimata search engine seperti google.com. Jangan sampai membuat blog asal-asalan dengan artikel yang copy paste yang tentu saja akan berdampak buruk untuk blog kamu.

Dengan menerapkan kaidah SEO ini dan sobat rutin update artikel setiap hari, maka lambat laun blog sobat akan mulai mampu mendatangkan traffik.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Meskipun hanya sebatas blog namun dengan traffik yang cukup banyak maka blog tersebut akan mampu menghasilkan uang yang cukup lumayan. Bahkan tak heran jika seorang blogger mampu menghasilkan uang hingga puluhan juta setiap bulannya. Nah dari mana saja sumber penghasilan blog tersebut? Berikut ulasannya.

1. Program Periklanan seperti Google Adsense

Jika sudah memiliki blog yang cukup baik maka sobat bisa bergabung pada program periklanan seperti Google Adsense, MGID, Adsterra dan lain sebagainya. Namun yang paling “gurih” dan banyak diminanti oleh para blogger adalah Google Adsense.

Hal ini tak lepas dari bayaran yang cukup lumayan lantaran Google memiliki jumlah pengiklan yang cukup melimpah sehingga blog kita akan menampilkan iklan yang beragam sesuai dengan tema blog kita.

Sistem kerja periklanan seperti google adsense ini cukup mudah, sobat tinggal mendaftar di “google.com/adsense” kemudian masukan nama domain blog yang sudah dimiliki, kemudian masukan data-data seperti email dan nama.

Setelah daftar dan memasangkan kode adsense di blog, tunggu beberapa hari lantaran tim google akan melakukan review terhadap blog sobat. Jika keterima maka iklan akan mulai muncul di blog.

Blog sobat akan dibayar jika ada pengunjung ke blog yang melakukan klik pada iklan yang tampil di blog. Harga perkliknya beragam tergantung kata kunci atau tema blog sobat. Untuk tema-tema tertentu harga perkliknya bisa mencapai Rp.2000 namun yang paling murahpun ada yang hanya dibayar Rp.50 perklik.

Intinya jika blog kamu memiliki pengunjung harian hingga ribuan bahkan puluhan ribu maka penghasilan blog sobatpun akan sangat besar. Saya sendiri rekor pernah tembus penghasilan diangka $4000 perbulan untuk blog bahasa inggris, sementara untuk blog bahasa Indonesia pernah tembus diangka Rp.20 jutaan perbulan.

2. Memaksimalkan Affiliate Marketing

Affiliate marketing cukup familiar bagi para pembisnis onlline. Ada banyak bisnis diinternet yang membuka sistem affiliate, sebut saja penyedia jasa domain dan hosting ada juga marketplace seperti banggod, lazada, atau sobat bisa menjadi affiliate penjualan template.

Anda akan dibayar jika ada pembeli melalui link affiliate anda. Misalkan anda daftar menjadi affiliate sebuah penyedia template blog. Kemudian link affiliate tersebut dipasang di blog sobat. Ketika ada yang tertarik ingin membeli template dan melalui link affiliate sobat, maka sobat akan mendapatkan komisi penjualan.

Sebagai contoh artikel tentang affiliate sebuah template blog, sobat bisa menuju artikel sebelumnya tentang Black Friday: Diskon 50%, Harga Themes WordPress Premium Hanya 15 Dollar.

3. Memasang Slot Iklan Mandiri

Jika blog sobat ramai dengan pengunjung maka tak heran akan ada banyak orang yang ingin memasang iklan di blog sobat dengan memasang banner iklannya. Mereka akan menawarkan pemasangan iklan dengan harga yang cukup lumayan menggiurkan.

Jika blog sobat memiliki nilai tinggi dengan jumlah pengunjung yang banyak, maka harga perslot iklanpun bisa sobat tentukan. Misal satu banner iklan dengan ukuran tertentu bisa dibandrol sebesar Rp.500 ribu perbulannya. Bayangkan jika ada dua atau tiga slot saja maka sobat mampu menghasilkan Rp.1,5 juta perbulan diluar penghasilan dari affiliate dan periklanan (Google Adsense).

4. Menjual Produk Sendiri

Jika sobat memiliki produk sendiri maka sobat juga bisa menanfaatkan blog sebagai media promosi produk sekaligus penjualan. Atau sobat memiliki keahlian didunia SEO maka sobat bisa membuka jasa SEO untuk menaikkan ranking sebuah blog.

Sobat juga bisa membuka jasa membuatkan blog, jasa verifikasi paypal, jasa translit bahasa, jasa photography, ecourse internet marketing, ecourse blogging dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa cara menghasilkan uang dari blog dengan mudah. Mudah disini jika blog sobat sudah bertrafik tinggi ya, jika blog sobat masih baru maka masih membutuhkan waktu agar mampu mendatangkan traffik yang banyak. Intinya sobat harus konsisten dan pantang menyerah.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *