Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 7, 8, 10 Asus dan Lenovo

menyambungkan wifi laptop

Barangkali ada sobat sekalian yang masih bingung cara menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 7,8 dan 10 baik merek Asus, Lenovo dan lain sebagainya. Nah kali ini saya mau share bagaimana cara melakukannya.

Semua laptop terbaru sudah pasti memiliki fasilitas wifi agar memudahkan kita terhubung dengan internet apalagi pekerjaan-pekerjaan saat ini hampir semuanya membutuhkan akses internet.

Saya sendiri bekerja full time sebagai internet marketing yang membutuhkan akses internet yang cepat, memasang Indihome dan mengaktifkan wifi untuk terhubung dengan laptop akan lebih memberikan kenyamanan saat bekerja.

Pada dasarnya menyambungkan wifi ke laptop baik pada windows 7, 8 maupun 10 adalah sama saja begitupun menyambungkan wifi pada laptop Asus, Lenovo dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya berikut langkah-langkahnya.

Cara Menyambungkan Wifi Ke Laptop Lenovo atau Asus

Seperti saya katakan diatas pada dasarnya untuk menyambungkan wifi ke laptop adalah sama saja jadi sobat jangan terpaku laptop merek apa yang sibat gunakan atau OS windows versi berapa yang digunakan.

  1. Pastikan WIfi Aktif atau dalam keadaan ON

Semua laptop keluaran terbaru sudah memiliki fitur Wifi namun jika sobat masih menggunakan laptop versi lama maka akan cukup menyulitkan karena tidak memiliki fasilitas wifi dan sebaiknya sobat membeli laptop lagi untuk keluaran terbaru.

cara menyambungkan wifi ke laptop lenovo

Nah pastikan fitur wifi pada laptop sudah aktif dengan cara menekan tombol wifi yang biasa terdapat pada taskbar bagian pojok kanan bawah.

Klik untuk mrengaktifkan kemudian lihat adakah jaringan wifi yang tersedia, jika sobat memiliki jaringan internet wifi maka akan langsung kedetect dan tinggal connect saja.

  1. Kombinasi Tombol Fn

Kombinasi tombol Fn untuk menyambungkan wifi ke laptop bisa dilakukan pada laptop-laptop tertentu saja. Biasanya di beberapa laptop ada tombol wifi antara F1 hingga F12, silahkan perhatikan pada keyboard laptop sobat.

Jika terdapat tombol dengan logi Wifi maka silahkan tekan Fn+ (tombol wifi baik di F2, F5 atau F12). Nah jika tidak ada tombol Wifi maka sobat bisa melakukan cara pertama saja gak usah maksain kalau gak ada.

  1. Menyambungkan Wifi Ke Laptop Windows 7 atau 8

Caranya bisa melalui control panel, silahkan sobat buka menu Control Panel laptopnya dengan cara klik “Start” dipojok kiri bawah kemudian klik “Control Panel”. Setelah itu pilih “Network and Internet” kemudian klik “Network and Sharing Center”.

Pada sebelah kiri tampilan pilih “Change Adapter Setting” maka akan terdapat jaringan Wifi yang tersedia, klik kanan pada jaringan tersebut untuk melakukan “Connect atau Disconnect”.

  1. Cara Menyambungkan Wifi ke Laptop Windows 10

Pada bagian bawah kiri terdapat kolom search kemudian sobat tinggal ketikan “Wifi” nanti akan muncul tampilan “WI-FI Setting” kemudian klik saja. Maka akan muncul tampilan jaringan wifi yang tersedia sobat juga bisa ON atau OFF kan jaringan wifi.

cara menghubungkan wifi ke laptop
cara menghubungkan wifi ke laptop windows0

Wifi Laptop Bermasalah?

Terkadang laptop kita bermasalah saat hendak menghubungkan wifi ke laptop sudah dicoba beberapa kali namun hasilnya selalu gagal. Bisa jadi ada masalah pada driver network laptop sobat. Nah untuk mengatasinya cobalah beberapa cara berikut ini:

  1. Pada laptop windows 8 klik kanan di My Computer atau This PC
  2. Kemudian Klik Manage tidak bisa connect ke Wifi
  3. Selanjutnya pilih Device Manager
  4. Pilih Network Adapters untuk proses penghubungan ke wifi

Nah dengan melihat beberapa langkah diatas tentu saja cara menghubungkan wifi ke laptop lenovo, Asus, windows 7, 8 atau 10 rasanya sangat mudah dan bisa dilakukan siapa saja. Namun jika masih ada masalah dalam proses penyambungan ke wifi setelah melakukan berbagai cara maka kemungkinan laptop sobat ada masalah yang cukup serius, sebaiknya vawa ke service center, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”