Cara Menyimpan Dokumen Menjadi HTML (File Microsoft Word ke Halaman WEB)

Diposting pada

Cara Menyimpan Dokumen menjadi HTML – Microsoft Word asalah aplikasi yang wajib kita bisa mengoperasikannya baik kamu memiliki komputer ataupun tidak memiliki komputer. Aplikasi ini biasa digunakan untuk mengetik apapun seperti surat menyurat, makalah dan lain sebagainya.

Cara Menyimpan Dokumen Menjadi HTML (File Microsoft Word ke Halaman WEB)
Cara Menyimpan Dokumen menjadi HTML

Meskipun sebenarnya aplikasi Microsoft Word tidak sebatas pada kegiatan mengetik surat menyurat saja melainkan ada banyak fungsi yang terdapat didalamnya sehingga perlu pendalaman khusus yang cukup lama agar bisa menguasainya.

Meski begitu asalkan kita sudah misa mengetik saja sudah cukup lumayan. Nah selain sebagai alat untuk mengetik ternyata Microsoft Word juga bisa dimanfaatkan untuk membuat halaman-halaman berbasis web HTML meskipun aplikasi Microsoft Word bukanlah pilihan utama untuk membuat website.

Cara Menyimpan File Dokumen Menjadi HTML (Halaman Web)

Buka dokumen Word yang ingin diubah menjadi halaman Web
Pada menu File, pilih menu Save As kemudian klik pada tombol bertuliskan Browse
Pilih lokasi tempat kamu akan menyimpan file melalui jendela Save As
Ketikkan nama file yang ingin kamu gunakan untuk halaman web tersebut
Klik pada Save As Type yang berupa menu dropdown
Nantinya akan ada 3 opsi apabila kamu ingin menyimpan dokumen sebagai halaman web, yaitu Single File Web Page; Web Page; dan Web Page, Filtered
Klik pada Change Title untuk memasukkan judul halaman web yang akan muncul pada title bar Browser pada saat dibuka.
Pilih salah satu kemudian pilih Save.

Nah dokumen kamu akan tersimpan dalam bentuk HTML atau Hyoertext Markup Language yang merupakan file pendukung dalam sebuah website.

Cara Menyimpan Dokumen dengan Web Page, Filtered

Page, Filtered menjadi pilihan yang cukup baik untuk menyimpan file dokumen menjadi HTML lantaran ukuran file akan lebih kecil, selain itu opsi ini akan menjaga format serta konten dokumen dan menghilangkan file HTML yang tidak diperlukan.

Namun ketika akan melakukan penyimpanan dokumen ke verso HTLM dengan opsi web page,filtered maka akan muncul peringatan yang menanyakan apakah kamu yakin ingin menyimpan file ini ke versi HTML, klik saja “YES”.

Cara Menyimpan Dokumen dengan Web Page

Sementara menyimpan dokumen menjadi HTML menggunakan opsi Web Page ukuran file akan lebih besar lantaran akan menyimpannya secara utuh dan ditempatkan secara otomatis pada sub folder tersendiri. Jika ingin di onlinekan maka harus diupload ke hosting.

Cara Menyimpan Dokumen dengan Single File Web Page

Pada opsi ini maka semua dokumen termasuk file gambar akan disimpat pada halaman HTML/MHTML sehingga ukuran filenya akan lebih besar dibanding opsi lainnya.

Cara Menyimpan Dokumen dengan Opsi Tambahan

Cara lainnya untuk menyiman dokumen menjadi HTML bisa memanfaatkan opsi tambahan. Caranya cukup mudah tinggal pada menu “Save As”, klik drop down dan pilih “Tools” dan “Web Options”. Kemudian ikuti langkah-langkahnya:

  1. Tab Browser: Tab ini memungkinkan kamu untuk memilih browser target untuk alasan kompatibilitas, mengizinkan PNG sebagai format grafis,CSS untuk pemformatan font, dan beberapa opsi lainnya .
  2. Tab Files: Opsi utama pada tab ini adalah untuk mengontrol apakah file pendukung (seperti gambar) diatur ke dalam folder mereka sendiri. Jika kamu mematikan opsi ini, file pendukung akan disimpan ke folder yang sama dengan halaman web. Ada juga opsi untuk mengkonfigurasi apakah nama file panjang digunakan dan apakah Word memperbarui tautan saat kamu menyimpan dokumen.
  3. Tab Pictures: Tab ini digunakan untuk mengontrol ukuran layar dan kepadatan (piksel per inci) untuk browser target. Gunakan opsi ini apabila tampilan gambar berantakan saat file HTML dibuka.
  4. Tab Encoding: Tab ini memungkinkan kamu mengubah bahasa encoding.
  5. Tab Font: Tab ini memungkinkan kamu menentukan set karakter dan font yang digunakan pada halaman web. Pastikan font yang digunakan adalah font yang umum dimiliki setiap orang agar tidak berantakan saat dibuka oleh seseorang yang tidak memiliki font yang kamu pilih.

Nah itulah mengenai cara menyimpan file menjadi HTML atau halaman web. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk Microsoft Word versi 2016 keatas. Semoga artikel ini bermanfaat.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"