Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit dan Enak Dimakan

Diposting pada

Cara merebus daun pepaya agar tidak pahit – Bagi saya sebagai orang sunda rasa daun pepaya baik pahit atau tidak sudah hal biasa dan itu tetap terasa nikmat. Saya sendiri sering menikmati daun pepaya sebagai lalapan untuk sambal, bisa di konsumsi mentah secara langsung atau bisa di rebus terlebih dahulu.

Daun pepaya mentah yang di konsumsi secara langsung lebih nikmat jika dicampur dengan daun jambu mete dan sambal kacang tanah. Ini adalah perpaduan yang sempurna karena memunculkan citarasa yang enak.

Selain dikonsumsi untuk lalapan daun pepaya juga nikmat dimasak dengan cara dibikin urab, di rendang dengan bumbu-bumbu atau dalam masakan sunda di sebut “Gembrot”, daun pepaya di campur dengan daun singkong yang sudah di rebus terlebih dahulu. Kemudian di gulung dan di ikat menyerupai bulatan.

Setelah itu di masak dengan bumbu-bumbu dan santan ajuga parutan kelapa. Rasanya nikmat banget dan bikin nambah terus. Menariknya masakan ini daun pepaya menjadi tidak pahit sehingga siapapun pasti suka.

Baca: Rahasia Cara membuat Bakso Kenyal

Cara merebus daun pepaya agar tidak pahit dan lunak enak dimakan
Cara merebus daun pepaya agar tidak pahit dan lunak enak dimakan

Rahasia Cara Merebus Daun Pepaya agar Tidak Pahit

Lantas apa rahasia merebus daun pepaya agar tidak pahit dan lunak? Nah berikut ini langkah-langkahnya.

Diantaranya adalah pilihlah daun pepaya yang masih muda atau pucuknya agar teksturnya lebih lunak dan tidak mudah rusak. Selain itu daun pepaya yang masih muda juga memiliki rasa yang tidak terlalu pahit.

Kemudian rebuslah daun pepaya pada air mendidih yang sudah dikasih garam. Air garam ini akan membantu menetralkan rasa pahit daun pepaya, rebus selama 30 sampai 45 menitan.

Cara lain merebus daun pepaya agar tidak pahit tanpa campuran bahan lainnya adalah dengan cara merebus daun pepaya selama satu jam kemudian buang air rebusannya dan cuci dengan air dingin yang bersih dan mengalir.

Kemudian rebus lagi daun pepaya yang sudah dibersihkan tersebut selama 45 menitan dan buang air rebusannya, cuci kembali dengan air dingin yang mengalir.

Lakukan sekali lagi dengan waktu merebus selama 30 menitan. Buang air sisa rebusannya dan cuci dengan air dingin mengalir yang bersih. Setelah itu tiriskan beberapa saat. Kemudian kita bisa memasaknya sesuai selera.

Cara Saya Merebus daun Pepaya agar Tidak Pahit

Ukuran pahit atau tidak bagi setiap orang tentu berbeda ya, saya sendiri mengkonsumsi daun pepaya mentah sebagai lalapan masih merasakan sensasi pahit yang nikmat.

Saya juga sering merebus daun pepaya sampai terlihat matang dang lunak dan kemudian digunakan sebagai lalapan sambal dan rasanya nikmat sekali. Sedikit pahit tentu tidak masalah karena rasa pahit akan kalah dengan rasa pedas dan lauk-pauk lainnya.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"