Cara Mudah Membuat Channel Youtube di HP Android dan PC

Youtube merupakan salah satu media sosial berbagi video paling populer di Indonesia. Indonesia tercatat merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna youtube terbanyak didunia.

cara mudah membuat channel youtube

Apalagi youtube juga bisa dimanfaatkan sebagai ladang penghasilan jika sobat bisa memanfaatkannya secara maksimal. Sobat bisa mulai terjun sebagai youtuber dengan membuat konten video dan membagikannya di channel pribadinya.

Sobat bisa menjadi creator video dengan membuat video yang menarik dan banyak dicari oleh orang lain, melakukan editing yang sempurna secara mudah dengan software editing yang simpel seperti yang pernah saya bahas di artikel sebelumnya tentang Software Edit Video Terbaik Mudah Digunakan untuk Youtuber Pemula.

Banyak pengguna youtube di Indonesia tergiur ingin menjadi youtubr dengan harapan bisa mulai menghasilkan uang. Namun sebagai pemula selalu saja ada kendala untuk memulainya.

Seperti dalam membuat channel youtube dan membuat video lebih keren dengan melakukan editing. Nah semuanya akan saya bahas lebih detail di blog ini. Namun yang pertama tentu saja kita akan kasih tutorial cara membuat channel youtube dengan mudah baik di HP Android maupun PC.

Cara Membuat Channel Youtube di PC atau Laptop

Langkah 1 – Buat Akun Gmail

Hal pertama yang harus sobat miliki adalah akun gmail.com, cara membuatnya cukup mudah tinggal langsung saja menuju gmail.com, atau sobat bisa menuju artikel sebelumnya tentang Cara Daftar Gmail Login, Panduan Bikin akun Gmail.com.

Langkah 2 – Buka situs Youtube

cara membuat channel youtube

Akses situs Youtube di browser yang kamu gunakan semisal chrome, kemudian klik tombol “SIGN IN” jika kamu belum pernah login sebelumnya, namun jika sudah pernah silahkan klik “LOG IN” dan akan login menggunakan akun gmail tadi.

Langkah 3 – Setting

Setelah login di youtube silahkan klik pada pojok kanan atas pada bagian profil kemudian pilih “settings”.

Langkah 4 – Buat Channel Baru

cara mudah membuat channel youtube

Kemudian buat channel baru sobat dengan mengklik “Creat a New Channel”. Isi kolom “brand Account Name” dengan nama Channel sobat.

cara mudah membuat channel youtube di hp

Langkah 5 – Sesuaikan Tampilan Channel

Channel sudah berhasil dibuat sekarang tinggal sesuaikan tampilan channelnya. SObat bisa memulainya dengan mengklik tombol “CUSTOMIZE CHANNEL”.

cara membuat channel youtube

Sobat bisa memasang photo profil channel di angka no 1, kemudian memasang gambar cover di no 2 dan menambahkan deskripsi tentang channel sobat di no 3.

Langkah 6 – Selesai

cara mudah membuat channel youtube

Ini adalah channel youtube yang baru dibuat dengan nama “TECH DENN” serta photo profil dan cover yang disesuaikan.

Cara Membuat Channel Youtube di Smartphone Android

Langkah 1 – Instal Aplikasi Youtube

Silahkan sobat menginstal aplikasi youtube di smartphone androidnya. Kemudian login menggunakan akun gmail kamu dengan cara mengklik ikon profil dibagian pojok kanan atas. Masukan alamat email gmail yang kamu miliki beserta passwordnya.

Langkah 2 – Buat Channel Youtube

cara membuat channel youtube di HP
tutorial membuat channel youtube di hp

Setelah masuk ke youtube menggunakan email sobat kemudian klik profil kanan atas dan masuk ke menu “Pengaturan”. Kemudian pilih “Channel saya” untuk membuat channel youtube dan isikan nama Channel sobat pada kolom yang tersedia, terakhir klik “Buat Channel”.

Langkah 3 – Sesuaikan Tampilan Channel Youtube

Sobat juga bisa melakukan penyesuaian tampilan channel youtube dengan memasang photo profil dan juga gambar ciover dengan langkah-langkah yang sama seperti pembuatan channel youtube di PC atau laptop.

Tips Sukses Mendapat Penghasilan Uang dari Youtube

Siapapun bisa menjadi youtuber dengan membuat channel sendiri dan mulai mengupload video hasil kreasi kamu. Meski cara kerjanya simpel, namun tetap saja sobat harus benar dalam prosesnya. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin terjun menjadi youtuber diantaranya.

1. Channel Satu Tema

Agar channel youtube kamu cepat berkembang maka lebih baik kamu membuat channel satu niche atau satu tema, misalkan temanya teknologi yang membahas apapun seputar teknologi seperti smartphone, drone, game dan lain-lain.

2. Buat Channel yang Profesional

Buatlah channel yang terlihat lebih profesional mulai dari tampilan channelnya, photo profil hingga cara penyajian videonya yang lebih enak dilihat dan mudah dipahami.

3. Video yang Menarik

Buat video yang menarik seperti video tips dan tutorial, video mengulas produk seperti HP, Drone, mainan dan lain sebagainya. Atau video tempat-tempat wisata.

4. Peralatan yang Memadai

Jika memungkinkan dan ingin fokus di youtube maka sebaiknya kamu memiliki alat perekam yang mumpuni bisa kamera digital seperti mirroless atau DSLR atau kamu juga bisa menggunakan kamera smartphone. Kamu juga harus memiliki aplikasi pengedit video seperti filmora dan lainnya agar video terlihat lebih profesional.

5. Rutin Upload Video

Agar channel kamu cepat berkembang maka kamu wajib upload video secara rutin, jika masih pemula dan cukup berat dalam pengeditan video kamu bisa upload video seminggu satu atau dua kali. Semakin banyak tentu saja semakin baik.

6. Konsisten

Dan yang paling penting menjadi youtuber sukses adalah konsisten dalam membuat konten dan menguploadnya ke channel youtube sobat.

Nah itulah 6 tips agar kamu sukses mendapat penghasilan dari youtube. Ingat, channel youtube kamu mulai bisa di moneteiz jika sudah memiliki subscriber minimal 1000 orang dan sudah bisa didaftarkan ke adsense. Jika keterima maka video sobat akan mulai menampilkan iklan sumber penghasilan kamu.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *