Cara Pasang Iklan Google Adsense di Blog WordPress

pasang kode adsense di blog

Tutorial Pasang Iklan Google Adsense di Blog WordPress. Pada awalnya siapapun yang membuat blog pasti ingin mendapatkan penghasilan dari blognya tersebut. Dan yang pertama dibayangkan adalah bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gaji bulanan dari google dengan modal minim yakni sebuah blog saja.

blog adsense

Bukan sekali atau dua kali ketika banyak orang yang menanyakan kesaya, “Kang, gimana caranya bisa berpenghasilan dari internet terutama dari google dengan modal cuman blog doang?”.

Kalau hidup dikampung tuh emang serba bingung mau menjelaskannya bagaimana mengingat mereka benar-benar masih awam didunia blogging dan internet marketing. Jangankan berpenghasilan dari google lah membuat blog saja benar-benar gak tau.

Apa Itu Google Adsense?

Google Adsense sendiri merupakan jaringan periklanan yang dimiliki dan dijalankan oleh Google. Secara teknis cara kerjanya adalah sobat membuat blog yang diurus dengan baik sehingga blog tersebut mampu mendatangkan pengunjung cukup banyak setiap harinya.

Kemudian sobat mendaftarkan blog tersebut ke Google Adsense dengan mengisi data-data berupa nama sesuai KTP, alamat dan lain sebagainya. Google Adsense mereview perngajuan kerjasama tersebut, kalau misalkan keterima maka blog sobat bisa menampilkan iklan dari Google Adsense.

Ketika ada pengunjung ke blog sobat untuk membaca artikel dan melihat ada iklan yang tampil di blog tersebut kemudian pengunjung tertarik dengan iklannya dan mengkliknya, maka sobat akan mendapatkan komisi sejumlah uang. Artinya semakin banyak pengunjung ke blog sobat maka peluang yang mengklik iklan semakin besar dan penghasilanpun sobatkun kian besar.

Dalam hal ini sobat disebut sebagai Publisher Google Adsense. Sementara para pengiklan akan mengiklankan produknya melalui Google Adwords. Iklan-iklan tersebut akan didistribusikan oleh Google Adsense ke semua blog yang didaftarkan termasuk blog sobat.

Ko bisa Google membayar? Para pengiklan (advertiser) mendeposit sejumlah dana ke Google Adwords untuk mengiklankan produknya misalkan produk Smartphone, kemudian sobat memiliki blog yang membahas smartphone maka secara otomatis iklan smartphone akan muncul di blog sobat.

Ketika ada pengunjung blog sobat yang mengklik iklan yang tampil maka deposit uang para adversiter akan berkurang, misalkan perkliknya dikenakan biaya 1000 maka akan dibagi antara Google Adsense dan sobat yang memiliki blog. Saya rasa sobat udah paham kan?

Cara Mudah Daftar Google Adsense

Banyak yang mengatakan daftar google adsense itu sulit keterima, padahal menurut saya daftar google adsense cukup mudah asalkan blog sudah memenuhi syarat maka kemungkinan besar akan keterima.

Buatlah blog wordpress dengan self hosting serta domain TLD. Cara membeli domain dan hosting silahkan menuju artikel sebelumnya : Cara membeli Domain dan Hosting.

Setelah diinstal dan blognya jadi, silahkan isi artikel secara rutin minimal setiap hari satu artikel, lakukan secara konsistem selama sebulan sampai semua artikel banyak terindek di google. Setelah itu silahkan daftar di Google Adsense.

Temen-temen menuju ke laman http://www.google.com/adsense kemudian isi kolom alamat blog dengan blog sobat kemudian isi data-data seperti nama sesuai KTP. Setelah itu tunggu prosesnya maksimal hingga 14 hari apakah keterima google adsense atau tidak.

Cara Pasang Kode Google Adsense di Blog WordPress

  • Pertama sobat harus login terlebih dahulu ke dashboard Google Adsensenya, silahkan menuju http://www.google.com/adsense.
  • Setelah login, klik pada menu “Iklan” kemudian ada dua pilihan yakni memasang iklan menurut situs yang berati model iklan otomatis atau iklan “menurut Unit Iklan” jadi dipasang sesuai dengan keinginan. Saya akan contohkan memasang menurut unit iklan.
cara pasang google adsense di blog
cara pasang google adsense di blog
  • Klik memasang Iklan “Menurut Unit Iklan” maka akan muncul beberapa pilihan diantaranya “iklan Display”, “iklan dalam Feed” dan “Iklan dalam Artikel”. Saya pribadi lebih suka memasan model “Iklan Display”.
cara pasang kode adsense di blog
  • Klik “Iklan Display” maka akan ada beberapa pengaturan dan pilihan seperti model iklan persegi, horizontal atau vertical. Juga ukuran iklan apakah ingin responsif yang artinya ukurannya akan otomatis menyesuaikan dengan blog atau ukuran yang ditetapkan oleh sobat. Jangan lupa beri nama iklan sobat misal “Bawah Judul”, lalu klik “BUAT”.
pasang kode iklan di blog

  • Maka akan muncul kode iklan adsense yang harus dipasang di blog wordpressnya atau blogspotnya.

Pasang Iklan Google Adsense di Blogger (Blogspot)

Langkah selanjutnya adalah sobat masuk ke dashboard blognya, jika menggunakan blogger maka silahkan menuju blogger.com dan login. Setelah itu pada “Tata Letak” tambahkan Gadget dan pilih “HTML/JavaScript” dan inputkan kode iklan Google Adsensenya dan SIMPAN.

cara pasang google adsense di blog

Pasang Iklan Google Adsense di Blog WordPress

Login ke dashboard wordpress blog sobat kemudian pilih “tampilan” dan “widget”, kemudian pilih wodget “HTML Khusus”, inputkan kode adsensenya dan geser ke kanan pasang di tempat yang diinginkan, dan SAVE.

pasang kode google adsense di blog wordpress

Nah silahkan cek blog sobat maka iklan dari google adsense akan muncul di blog sobat dan mulai bisa menghasilkan uang untuk sobat jika ada pengunjung yang mengklik iklannya. Cara pemasangan kode iklan di blog wordpress sendiri terkadang lebih mudah jika di Themesnya menyediakan secara khusus tempat memasang kode iklan.

Sekian artikel cara memasang kode iklan adsense di blog semoga bisa memudahkan sobat sekalian yang masih kesulitan dengan hal ini, semoga bisa bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *