Cara Terbaik Merebus Daun Singkong Agar Empuk dan Tetap Hijau

Cara Terbaik Merebus Daun Singkong Agar Empuk dan Tetap Hijau

Cara terbaik merebus daun singkong agar empuk dan tetap hijau dan nikmat saat disantap. Memang caranya terkesan sepele saja seperti merebus sayuran seperti biasa, namun agar rasanya menjadi lebih enak maka ada tips khusus saat mengolahnya.

Cara Terbaik Merebus Daun Singkong Agar Empuk dan Tetap Hijau
Cara merebus daun singkong

Nikmatnya Daun Singkong

Sebelumnya kita kenalan dulu nih dengan daung singkong, bagi saya sendiri yang berasal dari Bandung, Jawa Barat daun singkong bisa disebut makanan atau sayuran sehari-hari.

Biasanya yang paling mudah adalah dijadikan lalapan untuk sambal dimana daun singkong cukup direbus terlebih dahulu dan setelah matang tinggal ditiriskan.

Kita bisa menyantapnya sebagai lalapan sambal yang pedas dan nikmat. Sambal khas Sunda seperti sambal terasi atau sambal tomat juga cocok menjadi teman daun singkong rebus.

Selain dijadikan lalapan daun singkong juga bisa diolah menjadi menu makanan yang nikmat. Kalau dirumah saya masakan dengan bahan utama daun singkong disebut “Gembrot”.

Daun singkong direbus terlebih dahulu kemudian ditiriskan, setelah itu digulung seukuran kepal tangan dan diikat dengan tali. Daun singkong yang sudah diikat dengan tali kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu khusus yang ditanbah santan kelapa.

Parutan kelapa menjadikan daun singkong terasa sangat nikmat. Rasanya mirip gule daun singkong yang sedikit manis dan gurih.

Cara terbaik Merebus Daun Singkong Untuk Lalapan

Caranya simpel dan mudah sekali, yang pertama kali harus dilakukan tentu saja membersihkan daung singkong. Cuci bersih daun singkong kemudian simpan diwadah.

Rebus air bersih hingga mendidih kemudian setelah mendidih masukan daun singkong tadi dan tunggu sampai layu. Agar rasanya lebih nikmat tambahkan sedikit gula pasir sehingga ada rasa-rasa manisnya.

Jangan terlalu lama saat merebus daun singkong agar daun tetap hijau dan tidak hancur. Sebaiknya gunakan api kecil saja. Setelah itu angkat dan tiriskan dan siap disajikan dengan sambal kesukaan sobat sekalian.

Cara Terbaik Merebus Daun Singkong untuk Sayuran

Misalkan ingin memasak “Gembrot” atau gule daun singkong caranya cukup mudah. Bersihkan terlebih dahulu daun singkong kemudian rebus dengan air mendidih dan gunakan api kecil.

Rebus jangan terlalu matang karena nantinya akan dimasak kembali dengan bumbu-bumbu tambahan. Rebus saja sampai setengah matang.

Setelah itu angkat dan tiriskan sejenak, kemudian siapkan bumbu-bumbu khusus untuk memasak rendang atau gulai daun singkong. Tumis bumbu-bumbu tersebut dan tambahkan air secukupnya. Kalau sudah mendidih kemudian masukan daun singkong yang sudah direbus tadi.

Gule daun singkong atau “Gembrot” sudah bisa disajikan dan dinikmati anggota keluarga.

Nah itulah cara terbaik merebus daun singkong agar tetap hijau namun juga empuk dan enak saat dinikmati, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

"Travel Vlogger yang suka tantangan"