6 Contoh Teks Deskripsi: Penjelasan, Ciri-ciri dan Strukturnya

Diposting pada

Contoh Teks Deskripsi – Kita bisa dengan mudah mencertikan sebuah keadaan pada suatu tempat secara lebih detail dan jelas. Misalkan kita bisa dengan mudah menceritakan keadaan sebuah waduk Saguling atau PLTA Saguling di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat kepada orang lain, bercerita dengan lebih rinci mulai dari keadaan sekitar, kondisi air, kondisi bendungan, akses jalan dan lain sebagainya sehingga orang yang mendengar seolah-olah terbawa suasana seakan berada di Waduk PLTA Saguling.

Nah hal yang kita lakukan dalam bercerita tersebut bisa di katakan sebagai mendeskripsikan suatu objek dengan lebih jelas dan terperinci dalam hal ini bendungan Saguling sehingga mudah di mengerti oleh orang lain. Jika kita menggambarkannya dalam sebuah tulisan atau teks maka disebut sebagai teks deskripsi.

Pengertian Teks Deskripsi

Sudah kebayang belum apa yang dimaksud dengan teks deskripsi? Secara pengertiannya teks deskripsi adalah sebuah teks atau tulisan yang menggambarkan sebuah objek baik tempat maupun peristiwa dan di jelaskan secara lebih detail atau terperinci sehingga siapapun yang membacanya seolah-olah tengah berada dalam situasi seperti yang dituliskan.

Tujuan Teks Deskripsi

Jika melihat penjelasan diatas tadi maka bisa di simpulkan teks deskripsi adalah teks yang bersumber dari fakta-fakta hasil dari observasi atau pengamatan secara langsung di lapangan sehingga mampu dijabarkan secara lebih jelas dan detail.

Tujuannya tentu memberikan gambaran yang jelas dan detail dengan fakta yang ada sehingga pendengar atau pembaca teks deskripsi menjadi lebih paham dengan apa yang ditulis atau di bicarakan. Baik penjelasan mengenai bentuk fisik sebuah objek maupun bentuk abstrak seperti sikap maupun rasa.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Ada jenis teks dalam belajar bahasa Indonesia, seperti teks eksposisi, teks prosedur, teks negosiasi, teks biografi, teks anekdot, teks editorial dan teks-teks lainnya. Semua teks memiliki ciri-ciri tersendiri sehingga kita akan lebih mudah memahami apa yang sedang kita pelajari, teman-teman bisa melihatnya di contoh teks deskripsi di bawah.

Nah berikut ini kita akan berikan penjelasan mengenai ciri-ciri dari teks Deskripsi agar kita bisa lebih mudah mengidentifikasi jenis teks, diantaranya adalah:

1. Menggambarkan suatu objek dalam hal ini bisa berupa benda, orang, tempat dan lain sebagainya.

2. Suatu objek di gambarkan secara lebih detail dan jelas melibatkan panca indra seperti penglihatan, pengecapan, penciuman, perabaan dan pendengaran)

3. Menggambarkan ciri-ciri fisik suatu objek secara detail dan jelas seperti ukuran, sipat, keadaan, warna dan lain sebagainya.

4. Kata sifat atau keadaan akan lebih banyak ditemukan

Struktur Teks Deskripsi

Seperti halnya sebuah teks lengkap maka teks deskripsipun akan terbagi menjadi tiga bagian. Dimana di bagian awal bisa disebut sebagai pengenalan atau identifikasi, kemudian penjabaran secara lebih detail agar pendengar atau pembaca menjadi lebih paham, kemudian di tutup dengan kesimpulan dari sebuah teks deskripsi. Berikut ini tiga bagian teks deskripsi yang perlu kamu ketahui:

1. Identifikasi

Tentu saja hal pertama yang harus ada dalam sebuah teks deskripsi adalah bagian identifikasi dimana disini penulis akan memberitahu secara garis besar mengenai sebuah objek yang akan dibahas. Bisa berupa tempat, orang, benda, dan lain sebagainya.

2. Deskripsi Bagian

Bagian ini penulis akan menjelaskan secara lebih detail atau terperinci mengenai sebuah objek yang sudah di identifikasi sesuai dengan fakta-fakta dilapangan atau hasil observasi yang melibatkan panca indra. Tujuannya adalah pendengar atau pembaca akan memahami secara utuh dari penjelasan seuatu objek sehingga sampai terbawa suasana.

Setidaknya ada empat hal yang mencakup bagian deskripsi ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Ruang: Misalkan objeknya adalah gedung sekolah, maka penjabarannya bisa ke ruang kelas, kantin, perpusatakaan, Tata Usaha dan lain sebagainya.
  • Bagian-Bagian Objek: Misalkan objeknya adalah mobil, maka bagian-bagian objek tersebut adalah roda, sepion, lampu, mesin, kursi , dan lain-lain.
  • Proses: Menunjukkan sebuah proses dari seuatu misalkan proses terjadinya hujan dari mulai awal hingga akhir.
  • Pemfokusan: Memfokuskan pada objek yang lebih di sukai oleh penulis.

3. Penutup atau Kesimpulan

Kesimpulan sendiri adalah bagian akhir dari teks deskripsi sebagai penutup biasanya penulis menjelaskan tentang kesan-kesan atas objek yang di jabarkan.

Jenis-Jenis Teks Deskripsi

Meskipun sudah dijelaskan mengenai teks deksripsi dengan berbagai ciri-ciri, namun ternyata teks deskripsi juga memiliki beberapa jenis diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Teks Deskripsi Spasial

Adalah teks deskripsi yang menggambarkan sebuah onjek khusus seperti tempat tertentu atau benda tertentu.

2. Teks Deskripsi Subjektif

Adalah teks deskripsi yang menceritakan suatu objek sesuai dengan pendapat dan kesan si penulis saja.

3. Teks Deskripsi Objektif

Adalah teks deskripsi menjabarkan suatu objek sesuai dengan fakta-fakta di lapangan hasil dari observasi langsung.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Deskripsi

Jika kamu mengalami kesulitan dalam menyusun sebuah teks deskripsi maka ada baiknya ikuti langkah-langkah berikut ini agar lebuh mudah:

1. Menentukan Topik atau Tema

Jika tema atau topiknya sudah kamu tentukan, sudah diketahui dan di putuskan akan menjelaskan sebuah objek misalkan membahas sebuah tempat yang ada di sekitaran kamu. Maka langkah selanjutnya dalam menyusun sebuah teks deskripsi akan semakin mudah.

2. Kumpulkan Informasi

Jika objek tempat sudah kamu tentukan, maka langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai objek tersebut agar lebih mudah di tuangkan dalam sebuah teks deskripsi.

Kamu bisa melakukan pengamatan secara langsung ke lokasi, melakukan wawancara dengan penjaga tempat tersebut untuk mengumpulkan informasi, dan mencari informasi dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan.

3. Menyusun Kerangka Teks Deskripsi

Menulis teks deskripsi akan semakin mudah jika kita sudah mepersiapkan kerangka teks terlebih dahulu, Kerangka ini berupa poin-poin penting yang nantinya akan kita kembangkan menjadi sebuah teks lengkap yang mudah di pahami.

Sebagai contoh kita akan membuat teks deskripsi sebuah objek tempat yaitu Sekolah kamu, maka kerangka teks deskripsi yang bisa kita buat adalah sebagai berikut:

  • Kerangka Teks Deskripsi Sekolah:
  • Identifikasi: Berupa nama sekolah, alamat sekolah, dan lain-lain
  • Deskripsi Bagian: Gedung, ruang kelas, ciri fisik seperti warna, luas dll.
  • Kesimpulan: Berisi kesimpulan yang menjelaskan kesan-kesan tentang sekolah tersebut.

4. Membuat Teks Deskripsi Secara Lengkap

Langkah terakhir adalah membuat teks deskripsi secara lengkap dengan menggabungkan teks dari kerangka teks deskripsi tersebut. Dijelaskan secara detail dan lengkap sehingga pembaca seolah-olah merasakan secara langsung apa yang sedang kita sampaikan.

Contoh-contoh Tesk Deskripsi

Berikut ini saya berikan beberapa contoh teks deskripsi dari beberapa kategori yang bisa teman-teman pelajari.

1. Contoh Teks Deskripsi Tentang Alam Indonesia

Identifikasi:

Indonesia adalah negara tropis yang memiliki keindahan alam yang luar biasa terbentang mulai dari Sabang sampai Merauke. Keindahan alam Indonesia sudah di akui oleh dunia dan tiada duanya.

Deskripsi Bagian:

Keindahan alam Indonesia sangat lengkap dan meliputi banyak hal. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau memiliki garis pantai yang panjang dengan beragam keindahan pantainya. Diantaranya yang paling populer di mata wisatawan adalah pantai Kuta Bali hingga Pantai Lombok.

Selain keindahan pantainya, Indonesia juga kaya akan keberagaman flora dan fauna yang sangat eksotis. Sebut saja hewan Komodo yang berada di pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur yang merupakan satu-satunya spesies purba di dunia yang masih hidup hingga sekarang.

Bukan hanya itu, kehidupan bawah laut Indonesia juga tidak ada duanya. Banyak wisatawan asing yang terpesona dengan keindahan laut Manado, Pulau Bali hingga Raja Ampat.

Indonesia juga terkenal sebagai salah satu negara dengan luas hutan terbesar di dunia mencapai 1/3 hutan dunia. Banyak gunung-gunung aktif yang menjadi ciri khas Indonesia dan menarik wisatawan asing.

Kesimpulan

Indonesia memang memiliki keindahan alam yang tak terbantahkan lagi, mulai dari daratan dengan hamparan hutan yang hijau serta ke aneka ragaman flora dan faunanya. Juga sebagai negara kepulauan yang memiliki sejuta keindahan pada sepanjang pantainya.  Oleh sebab itu Indonesia selalu menjadi tujuan utama para wisatawan mancanegara.

2. Contoh Teks Deskripsi Tentang Hewan

Identifikasi:

Aku mempunyai seekor kucing bernama Arjuna. Aku beri nama Arjuna karena kuncing Persia ku terlihat ganteng. Sebelumnya aku juga pernah memiliki kucing namun mati tertabrak motor.

Deskripsi Bagian:

Si Arjuna adalah kucing persia memiliki bulu yang lebat dan berwarna putih. Warna putihnya disekujur tubuhnya. Ekornya cukup panjang dengan bulu putih terurai.

Matanya kuning menyala dan terlihat gagah, hidungnya sedikit lebih pesek membuatnya terlihat imut. Kalau sedang kesal, Arjuna sering mengibas-ngibaskan ekornya yang lebat ke lantai.

Meski kucingku jenis Persia, namun makanannya tidak terlalu sulit. Dia mau makan apa saja termasuk ikan dan daging ayam goreng. Kesukaannya bermain dengan benda-benda bulat seperti bola-bola kecil.

Kalau aku sedang belajar, dia sering menemaniku dan duduk di meja belajar. Saat hendak tidur, dia selalu ikut ke tempat tidurku dan berbaring di sampingku. Aku sayang kucingku yang putih dan gagah ini.

Kesimpulan

Si Arjuna selalu mengikutiku jika aku sedang dirumah, terkadang jika diajak bicara dia selalu mengeong seolah mengerti dengan apa yang aku katakan. Kucingku selalu mengajak bermain, dia juga manja dan sering mengelus-elus kakiku dengan kepalanya. Aku sangat menyayangi kucingku.

3. Contoh Teks Deskripsi Panjang tentang Tempat Wisata

Identifikasi:

Salah satu tempat wisata andalan Jawa Barat adalah Pantai Pangandaran. Pangandaran sendiri sebuah Kabupaten di Ujung Jawa Barat berbatasan dengan Jawa Tengah sekitar 300 KM dari Kota Bandung.

Deskripsi Bagian

Keindahan Pantai Pangandaran memang tidak diragukan lagi. Pantai Pangandaran menjadi salah satu onjek wisata Jawa Barat yang selalu ramai pengunujung.

Terdapat dua sisi di Pantai ini yaitu Pantai Barat Pangandaran dan Pantai Timur Pangandaran. Keduanya memiliki keistimewaan tersendiri. Satu sisi biasa digunakan untuk berenang wisatawan, disisi lain terdapat wahana wisata banana boat dan aktivitas nelayan.

Di Kawasan Pantai Pangandaran juga terdapat pantai pasir putih yang berada tepat di Cagar Alam Pangandaran. Pantai Pasir Putihnya sangat berkelas dengan terumbu karang yang indah, disini juga terdapat “bangkai” kapal besar Viking yang pernah ditangkap oleh pemerintah.

Setiap akhir pekan Pantai Pangandaran selalu di padati oleh wisatawan baik wisatawan lokal maupaun dari luar daerah. Banyak juga wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Pangandaran.

Kesimpulan:

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Pantai Pangandaran terutama saat musim liburan tiba membuat pantai ini selalu ramai. Menikmati matahari terbit dan terbenam menjadi salah satu aktivitas liburan di Pangandaran yang paling berkesan. Tempat ini akan menjadi pilihan utama keluarga untuk berlibur karena memiliki banyak spot wisata yang sayang jika dilewatkan.

4. Contoh Teks Deskripsi tentang Sekolah (Kelas 3 IPA 1)

Identifikasi

Kelas 3 IPA 1 adalah tempat bagi kami di didik untuk menuntut ilmu di Sekolah. Ruangan ini mengajarkan kabi bagaimana arti kebersamaan dengan teman-teman.

Deskripsi Bagian:

Kelas 3 IPA 1 adalah bagian kecil dari banyaknya ruangan di sekolah kami di SMA Negeri 1 Pangandaran. Kelas ini hanya berukuran 7×6 meter persegi namun sangat nyaman dan bersih.

Keramik putih menjadi lantai kelas kami, meja-mejanya terbuat dari kayu dan bersih tidak ada coretan Tipe-X, jumlahnya cukup untuk kami yakni sebanyak 36 siswa.

Pada dinding bagian depan terdapat papan tulis yang masih berwarna hitam dengan kapur putih dan kuning untuk menulis. Diatasnya terdapat dua foto yang terdiri dari foto presiden dan wakil presiden, sementara di bagian tengahnya terdapat patung burung garuda.

Di sisi lainnya terdapat berbagai hiasan seperti tulisan kata-kata bijak yang indah, daftar piket kelas, hingga jadwal pelajaran. Kelas 3 IPA 1 adalah kelas yang paling baik diantara kelas lainnya di sekolah kami.

Kesimpulan

Kelas 3 IPA 1 adalah kelas kebanggaanku, kelas dimana kami mendapatkan pelajaran terbaik dari guru-guru kami sehingga kami siap untuk menghadapi masa depan. Kelas ini mengajarkan banyak hal selain pelajaran sekolah juga arti kebersamaan dengan teman-teman.

5. Contoh Teks Deskripsi Singkat Arjuna

Aku memiliki kucing bernama Arjuna. Kucingku berjenis persia dengan bulu putih dan lebat. Bulunya sangat halus dan ekornya panjang. Arjuna memiliki mata yang kuning tajam membuatnya terlihat gagah. Namun hidungnya pesek membuatnya terlihat imut.

Arjuna gemar bermain dengan bola-bola kecil, dia suka berlari-lari sambil mengejar bola. Makanannya tidak sulit karena mau memakan ikan dan daging ayam goreng. Itulah Arjuna, kucing persia keayanganku yang lucu.

6. Contoh Teks Deskripsi Singkat Tentang Rumah

Identifikasi:

Rumah Kirana lokasinya tepat berada di samping rumahku. Di depan rumahnya terdapat pohon rambutan yang rindang dengan buahnya yang sudah mulai memerah.

Deskripsi Bagian:

Pagar rumah Kirana terbuat dari besi dan di cat hitam. Dinding rumahnya berwarna putih cream dengan pintu utama yang besar diapit oleh jendela yang berwarna cokelat. Lantai terasnya dilaisi keramik putih yang bersih sehingga nyaman dipandang.

Kesimpulan:

Rumah Kirana memang sangat rapi dengan penataan halaman dan ruangan yang selaras. Suasana sejuk sangat terasa di rumah ini sehingga banyak orang yang berkunjung merasa betah berlama-lama.

Kesimpulan Teks Deskripsi

Nah itulah kumpulan contoh tesk deskripsi yang bisa saya berikan untuk teman-teman sekalian. Membuat teks deskripsi sangatlah mudah asalkan kita mengerti terlebih dahulu mengenai apa itu teks deskripsi.

Teks Deskripsi adalah sebuah teks yang menggambarkan suatu objek dengan sangat detail dan lengkap sesuai dengan apa adanya sehingga pembaca menjadi paham dan seolah-olah tengah merasakan objek tersbeut.

Cara mudah membuat teks deskripsi adalah dengan menentukan tema terlebih dahulu, kemudian mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai tema tersebut. Selanjutnya menyusun kerangka dari teks deskripsi yang akan dibuat sesuai tema dan terakhir menjabarkannya kedalam sebuah teks deskripsi yang lengkap.

Demikian ulasan kami mengenai contoh teks deskripsi semoga bisa memberikan penjelasan yang mudah diterima dan di mengerti oleh teman-teman semuanya. Salam.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"