Pengertian Entrepreneur Adalah, Ciri-ciri dan Kelebihannya

Diposting pada

Pengertian entrepreneur adalah orang yang melakukan kegiatan wirausaha dengan sangat baik. Orang tersebut memiliki keahlian dan bakat dalam menganalisis sebuah produk baru hingga memproduksinya, melakukan pemasaran dengan sangat baik, memanajemen kegiatan usahanya hingga manajemen modal untuk operasional.

Tentu saja dengan spesifikasi tersebut maka seorang entrepreneur sudah pasti memiliki jiwa wirausaha yang tinggi dengan berpikir kreatif dan inovatif sehingga setiap peluang bisnis yang dia temukan bisa dilakukan dengan persiapan yang matang.

Bukan hanya itu, jiwa entrepreneurnya mendorong dirinya untuk bisa memberikan manfaat kepada orang lain, terutama orang-orang disekitar dari usaha yang dia jalankan.

Namun banyak pula orang yang terjebak dengan makna dari entrepreneur yang disamakan dengan pedagang, padahal hal itu berbeda. Hal ini pernah ditulis oleh Chandra Liang di forum Kaskus dengan judul Welcome to Entrepreneur Corner. Lantas apa sebenarnya entrepreneur itu?

entrepreneur adalah

Pengertian Entrepreneur Menurut Ahli

Seperti dikatakan diatas secara singkat pengertian entrepreneur adalah kegiatan wirausaha yang dijalankan oleh seseorang secara mandiri. Orang tersebut mampu berpikir kreatif fan inovatif dengan ide-ide bisnisnya. Memeperkenalkan ide bisnisnya meski dalam prosesnya harus menghadapi berbagai hadangan.

Kemudian mengekseskusi ide bisnisnya hingga mampu berkembang dengan baik dan menguasai pasar sehingga imbasnya dia bisa memberikan kontribusi positif baik bagi lingkungannya maupun ekonomis secara lebih luas dan memberikan solusi-solusi bagi kesuksesan banyak orang.

  • Entrepreneur menurut Ebert, Griffin, 2003

Entrepreneur adalah orang yang mampu menciptakan peluang serta mampu menerima resiko dalam hal peluang usaha baru yang dia ciptakan dengan tujuan utama adalah kesuksesan pertumbuhan dan perkembangan usaha.

  • Entrepreneur menurut Zimmerer, Scarborough, 2002

Entrepreneur adalah orang yang mampu melihat dan menciptakan peluang bisnis dalam kondisi apapun termasuk kondisi yang penuh ketidak pastian untuk memperoleh keuntungan serta pertumbuhan usaha dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki.

  • Entrepreneur menurut Thomberry. 2006

Entrepreneur adalah orang yang mampu melihat peluang, memiliki ide yang inovatif dan mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan sebagai wirausaha yang sukses.

  • Entrepreneur menurut Thomas W Zimmerer

Entrepreneur adalah implementasi dari sebuah inovasi yang kreatif untuk memecahkan permasalahan seputar pemanfaatan peluang usaha yang sering dihadapi oleh banyak orang.

  • Entrepreneur menurut Peter F Drucker

Entrepreneur adalah “ability to create the new and different” atau kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang berbeda.

  • Entrepreneur menurut Kasmir

Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki jiwa wirausaha tinggi yang sanggup mengambil resiko dalam membuka usaha dalam kondisi apapun.

  • Entrepreneur menurut Soeparman Spemahamidjaja

Entrepreneur adalah suatu kemampuan (ability) dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

Sebenarnya masih banyak pengertian dari entrepreneur menurut para ahli, mungkin sobat sendiri punya pemikiran sendiri mengenai apa yang dimaksud dengan entrepreneur meskipun pada intinya maksudnya adalah sama hanya mengolah kata yang berbeda.

Bagi saya pribadi menjadi seorang entrepreneur tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syarat-syarat tersebut tidaklah sulit dan tentu perlu mindset yang kuat, berikut ini beberapa syarat atau ciri entrepreneur menurut saya pribadi.

Ciri-ciri Entrepreneur Adalah

1. Memiliki Mindset Positif yang Kuat

Mindset positif yang kuat akan menentukan kesuksesan kamu dalam menjalani sebuah usaha setelah sebelumnya menemukan sebuah peluang. Mindset sukses akan membuat kamu sukses karena dalam dunia bisnis tidak melulu berhubungan dengan proukdi, pemasaran, klien dan lain sebagainya tapi pola pikir kita yang menentukan kualitas kerja kita sehingga kesuksesan akan lebih mudah dan lebih cepat diraih.

Mindet ini ditanamkan sejak dini sehingga akan memunculkan semangat baru pada saat menjalankan sebuah usaha meskipun dalam kondisi terpuruk.

2. Memiliki Rencana Bisnis

Jika seorang hanya berpikir soal berdagang dan keuntungan, namun berbeda dengan seorang entrepreneur dimana dia akan memikirkan sebuah rancangan bisnis.

Mulai dari ide-ide bisnis, menciptakan peluang usaha, membuat konsep dan brand sebuah produk, melakukan analisa pasar, menjalankan sebuah usaha yang terkonsep hingga menemukan kembali berbagai peluang usaha yang baru yang mungkin bisa dia garap dan kembangkan.

Sehinga ciri khas seorang entrepreneur tidak sematan menjalankan sebuah bisnis dan memperoleh keuntungan, melaikan menaikkan level bisnisnya hingga tidak terbatas hingga mencapai titik kepuasannya.

3. Entrepreneur adalah Pantang Menyerah

Ciri khusus seorang entrepreneur sukses adalah dia tidak pernah menyerah dalam menjalankan usahanya. Tidak pernah menyerah dalam kondisi tersulit dan berusaha mencari solusi sendiri. Ketika terkumpul berbagai solusi yang dia racik kemudian berdiskusi dengan mentornya untuk mendapatkan solusi paling baik atau setidaknya meminimalisir sebuah resiko.

Setelah itu tidak stuck disitu saja melainkan ide-ide kreatif dan inovatifnya bermunculan untuk melakukukan sebuah usaha. Kegagalan adalah berkah karena dia mampu menemukan solusinya.

Kelebihan Menjadi Seorang Entrepreneur

Setelah mengetahui pengertian entrepreneur maka kita juga bisa melihat kelebihan-kelebihan yang dimiliki seorang entrepreneur. Seorang entrepreneur adalah orang yang mampu menemukan dan menciptakan sebuah peluang, memiliki banyak ide kreatif dan inovatif sehingga menciptakan sebuah usaha.

Maka sudah pasti seorang entrepreneur sudah paham betul akan sebuah resiko, hanya saja dia sudah terbiasa akan solusi. Dengan mindset yang kuat maka masalah yang muncul bukanlah sebuah kesulitan hidup melainkan bisa dirubah menjadi sebuah peluang usaha. Menciptakan solusi dan bisnis yang menjanjikan dari sebuah masalah.

Nah berikut ini beberapa kelebihan dari serang entrepreneur diantaranya adalah:

  1. Seorang entrepreneur memiliki kesempatan mewujudkan mimpi pribadinya
  2. Memiliki kesempatan dalam melakukan perubahan baik untuk dirinya dan lingkungan
  3. Mampu memaksimalkan potensi yang dimiliki
  4. Memperoleh keuntungan finansial dan kualitas hidup dirinya
  5. Mampu memberikan manfaat bagi dirinya dan masyarakat banyak
  6. Mampu melakukan apapun yang disukainya dan memanfaatkannya untuk hal baik

Pengertian Pengusaha

Ada banyak orang yang berpikiran entrepreneur adalah sama dengan pengusaha, padahal sejatinya adalah hal yang berbeda. Pengusaha sendiri adalah orang yang melakukan usaha dengan mengikuti cara bisnis yang sudah teruji.

Artinya seorang pengusaha memiliki resiko yang kecil karena menjalankan sebuah usaha yang sudah teruji dan dijalankan orang lain. Menghitung modal dan keuntungan dan memikirkan bagaimana cara mengalahkan para pesaingnya.

Perbedaan Entrepreneur dan Pengusaha

Dari pengertian diatas maka bisa disimpulkan seorang entrepreneur dengan seorang pengusaha adalah berbeda. Entrepreneur adalah seorang pencipta usaha baru sementara pengusaha adalah orang yang lebih menjalankan usaha yang sudah teruji yang dijalankan orang lain. Berikut ini beberapa perbedaan entrepreneur dan pengusaha.

1. Sifat dan Tujuan

Dari segi sifat dan tujuannya memang berbeda dimana entrepreneur adalah orang yang mampu menciptakan inovasi baru dalam hal bisnis. Memikirkan rencana bisnis yang baru dengan matang sehingga meraih kesuksesan dan memperkenalkan jalan baru kesuksesan kepada dunia.

Seorang entrepreneur tidak pantang menyerah dalam mencoba stragegi baru dan mewujudkan semua mimpinya. Tentu hal ini berbeda dengan pengusaha yang lebih memilih menjalankan bisnis yang memang sudah dijalankan orang lain dan teruji sukses.

Tidak mau mengambil resiko denga ide-ide bisnis baru karena tujuan utamanya adalah membuat bisnisnya berkembang dan kuat sehingga saingannya melemah.

2. Rentang Resiko

Seorang entrepreneur tentu memiliki resiko yang besar karena dia seorang inovator dari ide-ide bisnisnya. Menjalankan bisnis baru dengan resiko besar karena jika gagal tentu modal uang, waktu dan segala sumber dayanya seolah habis sia-sia. Namun kegagalan bukanlah akhir melainkan sebuah proses menuju kesuksesan.

Maka ketika sukses maka dia berhasil menciptakan usaha baru yang memimpin pasar karena tidak memiliki pesaing.

Sementara seorang pengusaha bersipat meminimalisir resiko dengan tidak mau menjalankan bisnis baru melainkan memilih model bisnis yang sudah teruji. Hanya saja dia akan mendapat banyak pesaing sehingga dia harus berpikir kreatif dalam mengembangkan usahanya untuk mendapat keuntungan sebanyak-banyaknya serta mengalahkan pesaingnya.

3. Sikap dengan Karyawan dan Pelanggan

Seorang entrepreneur memiliki keramahan dan kesabaran terhadap karyawannya. Menyukai orang-orang yang berjiwa tanggung jawab dan memiliki tujuan dan mampu memberikan manfaat kepada pelanggan dengan inovasinya.

Sementara seorang pengusaha lebih suka memerintah layaknya seorang manajer atau majikan, lebih memilih orang-orang yang ahli dibidangnya demi tercapai pertumbuhan yang cepat pada bisnisnya.

4. Tempat Kerja

Seorang entrepreneur memiliki tempat kerja yang bebas dan disesuaikan agar ide-idenya bermunculan dan bisa mengimplementasikan ide tersebut. Dia juga bisa mengubah tempat kerjanya sesuai kebutuhan.

Sementara berbeda dengan pengusaha dimana reputasi sebuah perusahaan sangat penting untuk menunjang kesuksesan perusahaan. Dimana dia dapat memisahkan departemen atau kantor rekan kerja dan mempromosikan hubungan kerja tim antara karyawannya.

5. Keahlian

Sebagai seorang wirausahawan yang memiliki sifat encaustic, maka ia selalu siap mengambil resiko, dan jika gagal dapat mengatasinya dan mencari solusi yang sesuai.

Namun dalam kasus pengusaha, ia memanfaatkan pengalamannya dan membuat beberapa strategi antisipasi untuk mengatasi kerugian, namun begitu ia gagal, maka ia membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengatasi kegagalannya.

6. Adaptasi

Menurut seorang entrepreneur setiap hari dunia berubah sehingga harus bisa beradaptasi dengan perubahan tersebut. Dia bersifat revolusioner yang mampu menerima setiap perkembangan terbaru dan memiliki ide-ide baru untuk mengatasi setiap perubahan yang terjadi.

Berbeda dengab pengusaha yang menghadapi banyak rintangan dan kesulitan dalam mengadaptasi teknik-teknik baru untuk pembangunan.

7. Tujuan

Seorang entrepreneur pada dasarnya adalah passion yang mana tujuan akhirnya adalah kepuasan diri dan tidak terlalu tertarik dengan keuntungan finansial yang didapatkan.

Sementara seorang pengusaha tentu tujuan utamanya adalah meraih kruntungan yang sebesar-besarnya meski dalam perjalannya akan mendapat rintangan dan bisa juga kerugian.

8. Waktu

Sebuah produk adalah karya dari seorang entrepreneur sehingga dia lebih banyak menghabiskan waktu untuk mendapatkan sebuah ide baru. Ide-ide tersbeut nantinya akan menjadi sebuah produk yang sempurna.

Sementara seorang pengusaha lebih bisa menghargai waktu, waktu adalah uang sehingga tidak suka menghabiskan waktu untuk mendapatkan sebuah ide. Apalagi sudah banyak ide yang digunakan oleh orang lain yang bisa dia adopsi Ciri khasnya adalah disiplin dalam bekerja.

9. Visi

Beroikiran masa depan dengan memiliki inspirasi untuk menciptakan sebuah produk baru. Sementara pengusaha akan lebih fokus pada apa yang tengah dikerjakan.

Nah itulah sekilas tentang pengertian entrepreneur, ciri-ciri serta kelebihannya. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan untuk sobat sekalian.

Baca juga: Pengertian Tawakal dan Ikhtiar

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"