Fitur Youtube yang Menyediakan Musik Gratis untuk Video

Diposting pada

Fitur Youtube yang menyediakan musik gratis untuk video – Jadi jika sobat mau terjun ke dunia “peryoutuban” sebagai seorang creator video tentu selain merekam sebuah video tapi juga melakukan editing yang baik serta menambahkan backsound musik yang sesuai agar video menjadi lebih hidup dan enak ditonton.

Fitur Youtube yang Menyediakan Musik Gratis untuk Video
Fitur musik youtube gratis untuk video

Jika hanya merekam saja tanpa melakukan editing dengan menambahkan musik mungkin akan terkesan biasa saja, tapi tentu semua tergantung dari tema channel youtube sobat. Ada tema-tema yang tidak memerlukan musik jadi terkesan apa adanya dan alami namun banyak pula yang memang memerlukan musik.

Memilih Musik yang Pas untuk Video Youtube

Ada banyak jenis musik gratis yang disediakan oleh youtube untuk menunjang kebutuhan para kreator video. Namun pemilihan musik tentu tidaklah sembarangan.

Pemilihan musik juga perlu disesuaikan dengan tema video yang dibuat agar video dan musik menjadi selaras dan penonton menjadi betah saat menikmati setiap tayangan video.

Sesuaikan kebutuhan musik backsound untuk video sobat dan jangan menggunakan musik-musik yang berlebihan. Terkadang kita hanya memerlukan musik hanya pada beberapa adegan saja dan tidak secara full pada video.

Misal saat pembukaan video dengan sedikit cuplikan atau pada sesi akhir video saat penutupan. Atau pada saat tidak ada percakapan pada sebuah video maka bisa diisi dengan cuplikan video dengan backsound musik.

Baca: Gambaran Pendapatan Youtuber Pemula dengan Subscriber Minim

Fitur Youtube yang Menyediakan Musik Gratis untuk Video

Youtube sendiri menyediakan fitur berupa koleksi musik backsound gratis untuk kebutuhan video para penggunanya. Fitur ini berada di halaman “Koleksi Audio”.

Caranya sobat tinggal masuk ke channel youtube kemudian pilih ke “Youtube Studio” kemudian setelah itu masuk ke “Koleksi Audio”. Maka didalamnya ada banyak sekali musik gratis berbagai genre dan mood yang bisa sobat pilih.

Silahkan pilih dan download musik gratis tersebut untuk dimasukan kedalam video sobat sekalian.

Cara Lain Mendapatkan Musik Gratis untuk Video Youtube

Selain di “Koleksi Audio” yang disediakan youtube tentu ada cara lain mendapatkan musik gratis yang sesuai keinginan. Bagi saya pribadi memang musik-musik gratis di “Koleksi Audio” masih dirasa kurang greget untuk video saya maka solusinya bisa mencari di sumber lain.

Saya sendiri mencarinya di pencarian youtube dengan memasukan kata kunci “Free Copyright Musik Sunda” atau “No Copyright Musik Sunda”. Maka akan muncul video-video musik bertemakan musik sunda. Dengarkan satu persatu hingga sobat merasa sudah ada yang tepat untuk dipilih.

Pastikan musik tersebut memang “No Copyright” dengan mengecek kolom deskripsi, jika tidak ada Copyright biasanya tidak ada kalimat “Dilisensikan”, pastikan juga pada kolom komentar dan lihat respon yang berkomentar.

Pastikan Bebas Copyright Musik Youtube

Dengan langkah diatas saja sudah cukup untuk memastikan musik yang kita gunakan bebas copyright, namun bisa dipastikan pada saat kita proses upload video di youtube. Secara otomatis saat video sudah 100 persen terupload langkah terakhir youtube akan memastikan prihal copyright.

Jika tidak ada pelanggaran maka akan ada pemberitahuan dengan ceklis hijau bahwasannya video kamu aman untuk di upload, setelah itu tinggal di Publish saja.

Nah itulah artikel mengenai fitur youtube yang menyediakan musik gratis untuk video yang bisa kita gunakan dalam proses editing video.

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"