Gambaran Pendapatan Youtuber Pemula dengan Subscriber Minim

Pendapatan Youtuber Pemula

Gambaran pendapatan youtuber pemula – Terkadang kita penasaran juga sih banyak sekali orang-orang pengen terjun didunia per-youtuban lantaran sudah melihat banyak orang yang sukses didalamnya.

Pendapatan Youtuber Pemula
Pendapatan Youtuber Pemula

Sebut saja youtuber-youtuber seperti Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, Ria Ricis dan lain sebagainya. Padahal jelas saja mereka sukses lantaran memang sudah memiliki popularitas sebelumnya. Lantas bagaimana dengan nasib kita yang baru mau terjun ke dunia youtuber?

Tentu akan sangat sulit menandingi mereka, jangankan menandingi mereka yang sudah memiliki jutaan subscriber hanya untuk tembus 1000 subscriber saja kita sudah sangat kesulitan padahal 1000 subscriber adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi agara channel kita bisa di monetisasi.

Menjadi Youtuber Pemula

Saya sendiri adalah youtuber pemula yang sudah memiliki channel youtube berusia 3 tahunan. Cukup lama memang tapi baru bisa menghasilkan empat bulanan terakhir ini secara berturut-turut.

Kenapa usia channel youtube saya cukup lama dan baru berpenghasilan sekarang?

Dulunya saya tertarik ingin menjadi youtuber lantaran banyak sekali youtuber-youtuber sukses yang menjadi pelecut semangat. Ketika saya membuat channel youtube dan mengupload hingga puluhan video ternyata masih belumbanyak yang nonton, sementara subscriber saja masih tetap diangka puluhan.

Disitulah saya mulai malas dan lemas jika harus membuat konten namun tidak ada peningkatan sama sekali dari sisi subscriber apalagi penghasilan karena masih belum memenuhi syarat monetisasi.

Sempet vakum beberapa tahun dan akhirnya di setahun terakhir mulai aktif lagi, mungkin sekitaran 6 bulanan baru tembus diangka 1000 subscriber dan hingga saat ini sudah mencapai 17 ribu subscriber. Sebuah waktu yang panjang hingga bisa memiliki subscriber seperti sekarang dan tentu saja sebuah pengalaman yang berharga buat saya.

Penghasilan Youtuber Pemula 2021 dengan Subsriber Minim

Memang tidak tentu berapa penghasilan youtuber pemula 2021 mengingat penghasilan kita tergantung dari seberapa banyak yang nonton setiap video kita atau dalam artian jumlah penayangan.

Perlu diketahui jika channel kamu sudah memiliki minimal 1000 subscriber dan telah mencapai 4000 jam tayang dalam setahun terakhir maka kamu berhak mengajukan monetisasi ke youtube, dan jika diterima kama channel kamu akan mulai di monetisasi dengan menampilkan iklan-iklan dari google adsense.

Pendapatan kamu akan dihitung sesuai dengan jumlah iklan yang tayang di semua video yang kamu miliki atau biasa disebut dengan CPM (Cost Per Mile).

Hitungannya per 1000 tayangan iklan maka kamu akan mendapatkan penghasilan dengan kisaran yang gak tentu karena tergantung dari banyak faktor. Bisa di angka Rp.7000 atau lebih atau kurang.

Saya sendiri saat ini sudah cukup rutin gajian dari youtube dan sifatnya bisa naik dan turun tergantung seberapa sering kita upload video. Jika rutin setiap hari upload video maka potensi yang melihat akan semakin banyak dan semakin besar penghasilan kamu.

Saya sendiri dengan jumlah subsriber 17.000 dan tidak setiap hari upload sudah cukup bisa menghasilkan uang sebesar Rp.3,5 jutaan setiap bulan. Bahkan gajian pertama saya diangka Rp.2,5 jutaan dengan subsriber 10.000.

Intinya meskipun subscriber kamu hanya ribuan asalkan videonya banyak yang nonton maka penghasilan kamu bisa lebih besar lagi.

Nah demikian sedikit gambaran mengenai pendapatan youtuber pemula tahun 2021, asalkan kita konsisten InsyaAllah hasilnya akan menyusul.

You May Also Like

About the Author: Yeni Irawan

"Travel Vlogger yang suka tantangan"