Harga DJI Mini 2 Nanggung dengan Drone Mavic Air 2, Pilih Mana?

dji mini 2 atau mavic air 2

Halo sob, kali ini penggemar drone terutama merek DJI lagi harap-harap gembira lantaran DJI baru saja merilis DJI Mini 2 yang bisa dikatakan seri penyempurnaan dari DJI Mavic Mini.

dji mini 2 atau dji mavic air 2
Beli DJI Mini 2 atau sabar trus beli DJI Mavic Air 2

Meski namanya DJI Mini 2 namun tak bisa dipungkiri drone ini adalah kembaran DJI Mavic Mini lantaran memiliki desain dan ukuran yang sama persis. Hanya saja sebagai seri penyempurnaan maka ada penambahan-penambahan fitur yang diberikan.

Tentu saja fitur ini akan semakin memanjakan para penggemar drone mini di tanah air. Harap-harap gembira lantaran banyak penggemar sudah kepalang beli DJI Mavic Mini jauh-jauh hari dan ingin upgrade namun dananya sudah habis terpakai.

Maka tak heran di grup-grup facebook drone tanah air banyak yang menawarkan kembali drone DJI Mavic Mini nya untuk dijual kembali. Lantas apakah DJI Mini 2 ini layak untuk dibeli mengingat DJI juga memiliki drone satu kelas diatasnya yang memiliki fitur yang jauh lebih canggih yakni DJI Mavic Air 2.

Maka kita semakin dilema apakah memutuskan ingin membeli DJI Mini 2 atau DJI Mavic Air 2 apalagi jika harga yang ditawarkan terpaut sekitar satu atau 2 juta saja.

Uang satu atau dua juta itu tentu sangat berarti sekali untuk sebuah drone karena dengan uang segitu maka kamu akan memiliki drone Mavic Air 2 yang jauh lebih canggih dan memanjakan para videographer aerial.

Apalagi review mengenai DJI Mini2 di Indonesia masih sangat-sangat jarang kita temui. Tidak sedikit penggemar yang penasaran dan ingin membandingkan Mini 2 dengan Mavic Mini. Penggemar juga berharap di Mini 2 ini bisa lebih baik terutama dari sisi jarak terbang.

DJI Mavic Mini vs DJI Mini 2

Maka dari itu sebaiknya sobat melihat sekilas ulasan komparasi dari DJI Mavic Mini dengan DJI Mini 2 dibawah ini.

Kualitas Kamera Mini 2 Lebih Baik

Jika dilihat dari sisi spesifikasi tentu saja ada perbedaan yang mencolok dari sisi kualitas foto dan video rekaman kedua drone. DJI Mini 2 memiliki kemampuan merekam video yang lebih baik lantaran sudah dibekali resolusi hingga 4K/30fps serta kemampuan memotret hingga max bitrate 100 Mbps.

kamera dji mini 2 4K 30fps
Resolusi 4K/30 fps pada DJI Mini 2

Sementara di DJI Mavic Mini hanya dibekali dengan resolusi video maksimum 2.7K/30 fps sehingga jelas penggemar akan mendapatkan ketajaman dan kedetailan gambar yang lebih pada DJI Mini 2 meski secara kasat mata tentu tidak jauh berbeda. Namun para videography akan lebih nyaman saat nantinya mengolah gambar di software editing video.

Jarak Terbang DJI Mini 2 yang Lebih Jauh

Kita tahu DJI Mavic Mini menggunakan sistem transmisi Enhanced Wifi pada remot kontrolnya. Menariknya DJI juga menerapkan dua sistem pada produknya disesuaikan dengan wilayah yakni FCC (Federal Communications Commissions) seperti wilayah Australia dan Amerika Serikat juga sistem CE.

Tentu saja untuk wilayah di Indonesia jarak terbang menjadi sangat terbatas pada DJI mavic Mini. Bahkan banyak penggemar yang mengeluhkan jarak terbangnya hanya beberapa puluh meter saja dengan ketinggian kurang maksimal.

Beberapa pengguna ditanah air mengakalinya dengan memanfaatkan perangkat tambahan penguat sinyal sehingga bisa memaksimalkan jarak terbang menjadi beberapa ratus meter.

Remot transmisi DJI Mini 2 sama dengan DJI mavic Air 2

Pada DJI Mini 2 sudah mengadopsi teknologi Ocusync 2.0 atau yang sama pada DJI Mavic Air 2 yang mendukung pita frekuensi 2.4GHz dan 5.8Ghz dan diklaim mampu dikendalikan hingga jarak 10 kilometer.

Namun perlu diingat kita masih belum mengetahu pasti jika di Indonesia apakah bisa tembus diangka 10 KM. Namun jika berkaca pada DJI Mavic Air 2 kemungkinan besar drone Mini 2 bisa tembus diangka 3 hingga 4 kilometer saja dan itu sudah sangat memenuhi kebutuhan para videograohy aerial.

DJI Mini 2 Lebih Bertenaga dibanding DJI Mavic Mini

Kabarnya DJI memberikan sedikit peningkatan dari segi tenaga pada DJI Mini 2. Meski begitu pentingkatan ini tentu tidak akan begitu terasa bagi pengguna. Kecemapatan terbang DJI Mini 2 lebih cepat 1 m/s yakni menjadi 5 m/s dimana di DJI Mavic Mini hanya 4 m/s.

Selain itu DJI Mini 2 yang lebih bertenaga memberikan sedikit peningkatan pada kemampuan menahan angin hingga 24 mph. Meski begitu saya tidak menyarankan bagi sobat yang ingin menerbangkan drone Mini 2 ini dikondisi angin yang cukup kencang apalagi terbang jauh.

Peningkatan lainnya yakni pada lama terbang menjadi semenit lebih lama dibanding DJI Mavic Mini yakni mencapai 31 menitan.

DJI Mini 2 dan Foto Mentah DNG

Jika di DJI Mavic Mini hanya bisa memotret dengan hasil gambar berupa JPEG namun pada DJI Mini 2 ini sudah mampu memotret dengan hasil DNG atau file mentah dimana file ini biasa digunakan oleh fotographer untuk pengeditan di software seperti Photoshop dan lainnya.

Harga DJI Mini 2 vs DJI Mavic Mini

Dengan peningkatan spesifikasi pada DJI Mini 2 seperti peningkatan resolusi 4K pada kualitas videonya, kualitas foto lebih baik dengan jenis file DNG serta JPEG. Memiliki fitur Zoom, lama terbang nambah 1 menit, sistem transmisi OcuSync 2.0 sehingga lebih kuat dan stabil dan memungkinkan terbang dengan jarak yang lebih jauh.

Namun dibalik peningkatan tersebut DJI Mini 2 tidak dibekali dengan active track yang biasa digunakan para video aerial profesional.

Mengenai harga DJI Mini 2 ini tentu lebih mahal dibanding DJI Mavic Mini dimana harga versi standarnya dibandrol Rp.7 atau 8 jutaan sementara versi combo mencapai Rp.9 jutaan.

Sementara kita tahu DJI Mavic Mini dibandrol dengan harga Rp.6 jutaan versi standarnya dan Rp.7 jutaan versi combonya.

Lantas bagaimana dengan DJI Mavic Air 2?

Tentu tidak ada apa-apanya jika DJI Mavic Mini maupun DJI Mini 2 dibandingkan dengan DJI Mavic Air 2. Drone terbaru ini bisa dikategorikan drone flagship dan sudah sangat mememnuhi standar para videographer aerial profesional sekalipun.

Bukan lagi resolusi 4K seperti pada drone umumnya justru DJI Mavic Air 2 memiliki bukaan sensor 1/2 inci pada kameranya dengan kemapuan merekam hingga 8K.

dji mavic air 2 memiliki kelebihan fitur yang sangat baik
DJI mavic Air 2 kelebihan dan harga terbaru

Ya, bagi saya resolusi 8K tidak begitu menjadi perhatian penting mengingat di 4K saja kita setengah mati dalam hal editing lantaran laptop yang masih kurang memadai memutar video 4K. Tapi tentu bagi para penggiat konten creator profesional bisa jadi resolusi 8K ini sangat memanjakan.

Diakatan untuk saat ini DJI Mavic Air 2 memiliki keunggulan dibanding seri Mavic lainnya. Pada kameranya dibekali 12 MP dan 48 MP dengan sensor Sony IMX586.

Bukan hanya itu kamera DJI Mavic Air 2 juga mampu merekam video hingga 4K/60fps dengan 120 Mbps maksimum bitrate serta high framerate 120fps & 240fps pada resolusi 1080p dengan 4x & 8x slow motion.

Fitur memanjakan seperti active track atau Focus Track akan membuat kamera drone fokus pada objek yang ditentukan sekalipun drone bergerak bebas kearah manapun. Hal ini sangat bagus untuk kebutuhan membuat video cinematic.

Teknologi canggih lainnya adalah AirSense sehingga mampu mendeteksi jika ada benda yang bergerak disekitar drone Mavic Air 2. Advanced Pilot Assistance System (APAS) generasi ke-3 juga memungkinkan meredam benturan.

Jarak terbang yang mampu mencapai 4 hingga 5 kilometer pada saat terbang diperkotaan sudah cukup memuaskan. Selain itu lama terbang mencapai 34 menit membuat kita lebih leluasa dalam mengambil footage.

Harga DJI Mavic Air 2

Dengan fitur canggih tentu saja harga DJI mavic Air akan lebih menguras isi dompet. Untuk versi standar dengan satu baterai drone ini dibandrol Rp.11 juta sementara versi combonya dibandrol Rp.15 jutaan. Tentu ada harga ada kualitas yang ditawarkan.

Lantas Pilih DJI Mini 2 atau Mavic Air 2?

Jika dilihat dari harga tentu DJI Mini 2 versi combo lebih murah 2 juta dengan DJI mavic Air 2 versi standar yang satu baterai. Namun jika kita mau berpikir jernih tentu apa yang terdapat di DJI Mini 2 masih sangat tanggung dan semuanya terlengkapi dengan baik di DJI Mavic Air 2.

Dengan tambahan Rp.2 juta saja maka sobat sudah bisa mendapatkan drone profesional dengan fitur canggih seperti active track dan kualitas kamera yang jauh lebih baik.

Saya pikir lebih baik jangan memaksakan beli DJI Mini 2 versi Combo dan bersabar untuk menabung Rp. 2 juta lagi agar bisa memboyong DJI Mavic Air 2 versi standar.

Meski versi standar dengan satu baterai tidak akan mengurangi kualitas drone sama sekali. Dan tinggal menabung lagi secara perlahan agar bisa membeli baterai drone baru untuk cadangan.

So bagaimana pilihan sobat?

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”