Harga Drone Kamera yang Bagus dan Murah Dibawah 10 Jutaan Layak Dibeli

Diposting pada

Harga drone Kamera yang bagus – Saat ini penggemar drone di tanah air kian hari kian marak. Apalagi drone yang dijual bebas dipasaran tersedia dengan berbagai merek sehingga kita memiliki banyak pilihan. Sebut saja drone merek DJI, HUBSAN atau FIMI dari Xiaomi atau juga Parrot dan lain sebagainya.

harga drone kamera yang bagus dan murah
Drone kamera yang Bagus mampu merekam video kualitas yang baik

Perkembangan drone di tanah air bisa disebut baru sekitar dua atau tiga tahunan lalu dimana ada beberapa youtuber tanah air yang mengulas mengenai perangkat gadget terbang ini.

Hingga akhirnya banyak orang di Indonesia mulai tertarik untuk memiliki drone tersebut. Jika dikelompokkan mungkin drone akan terbagi dalam 3 kelompok.

Diantaranya adalah drone mainan yang biasa dimainkan oleh anak-anak. Drone ini biasanya tidak memiliki fitur yang cukup lengkap dan hanya cukup untuk terbang saja sehingga sudah bisa membuat anak-anak senang.

Kemudian drone untuk aerial photography dimana drone ini bisa dikategorikan drone canggih dengan banyak fitur namun lebih mengutamakan kualitas kamera agar mampu mengambil gambar dan video dengan kualitas sangat baik.

Kemudian kelompok drone untuk keperluan “pekerjaan” seperti drone untuk pemetaan wilayah atau drone untuk keperluan pertanian.

Drone Kamera yang Bagus

Kali ini kita akan berikan daftar pilihan drone dengan kamera yang bagus. Tentu saja drone jenis ini biasa digunakan untuk keperluan videograpgy aerial seperti untuk membuat video cinematic atau film.

Seiring perkembangannya banyak penggemar drone di Indonesia memang lebih memilih drone yang memiliki kualitas kamera mumpuni. Selebihnya adalah fitur tambahan yang diberikan oleh si drone tersebut.

Kebutuhan akan dunia fotography menggunakan drone seakan disambut baik oleh para produsen drone. Mereka berlomba-lomba memproduksi drone dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 4K atau bahkan 8K juga kemampuan memotret dengan kualitas gambar yang jernih dan tajam.

Rata-rata drone dengan kemampuan merekam video dengan resolusi tinggi biasanya dibekali dengan fitur yang canggih dan drone ini masuk kedalam kelas menengah hingga atas lantaran harganya yang tidak murah.

Meski begitu sobat tetap harus memperhatikan beberapa hal sebelum memutuskan membeli drone ini, minimal harus tahu fitur-fitir apa saja yang harus ada pada drone kamera yang bagus, berikut ini tips memilih drone kamera terbaik agar tidak salah pilih.

Tips Memilih Drone Kamera Terbaik

  1. Resolusi Video

Sudah jelas untuk mendapatkan drone kamera yang bagus tentu harus memperhatikan spesifikasinya dimana minimal kameranya mampu merekam video hingga resolsi 2.7K atau 4K atau bisa saja sampai 8K seperti yang dimiliki oleh drone DJI Mavic Air 2.

Konsekuensinya adalah semakin tinggi resolusinya maka ukuran file videonya akan semakin besar sehingga cukup sulit pada saat editing dengan prangkat yang dibawah standar resolusi tersebut.

  1. Drone Murah Waktu Terbang Lama

Akan sulit sih menemukan drone murah dengan waktu terbang lama apalagi harus memiliki kualitas kamera yang baik. Minimal sobat harus memperhatikan spesifikasi berapa lama drone ini mampu terbang semisal 25 menit atau 35 menit dan lain sebagainya.

Bagi saya drone dengan kemampuan lama terbang hingga 25 menit saja sudah cukup baik dan cukup untuk mendapatkan footage video yang banyak.

  1. Fitur Drone Lengkap

Fitur drone yang lengkap baik fitur safety atau fitur untuk menunjang kebutuhan videography. Semisal fitur Return to Home (RTH), fitur Orbit, fitur Active Track, Fitur Failsafe dan lain sebagainya. Silahkan perhatikan spesifikasi pada drone yang akan dibeli.

  1. Kamera Dilengkapi Gimbal Stabilizer

Paling penting menurut saya adalah adanya gimbal stabilizer 3 axis pada kamera dronenya. Hal ini agar gambar bisa ditangkap dengan halus tanpa ada getaran mengingat drone pada saat terbang tentu akan bergetar.

Dengan adanya gimbal maka sudah pasti getaran pada kamera akan diredam lebih maksimal sehingga bisa dikatakan tanpa getaran sama sekali dan gambar terlihat sangat halus dan baik.

Daftar Harga Drone Kamera yang Bagus Terbaru

Nah setekah mengetahui mengenai drone kamera terbaik serta fitur-fitur yang wajib ada pada sebuah drone kini saatnya saya memberikan list daftar harga drone kamera yang bagus yang bisa menjadi pilihan sobat sekalian.

  1. Hubsan Zino Pro Plus

Drone ini dirilis akhir tahun 2020 dan masuk kedalam salah satu drone kamera terbaik dengan fitur yang canggih. Hubsan Zino Pro Plus adalah drone merek Hubsan asal Tiongkok yang mampu merekam video hingga resolusi 4K 30fps.

harga drone kamera yang bagus hubsan zino pro plus
Hubsan Zino Pro Plus dengan resolusi video 4K 30 fps

Drone berwarna hitam ini memiliki spesifikasi kamera gimbal 3 axis dengan kemampuan merekam 4K, jarak terbang hingga 8 KM, lama terbang hingga 43 menit serta fitur-fitur unggulan seperti active track, battery failsafe, RTH, GPS dan lain sebagainya.

Harga drone kamera yang bagus Hubsan Zino Pro Plus saat ini dibandrol sekitar Rp.6 jutaan untuk versi combonya. Tentu saja drone dengan harga Rp.6 jutaan dengan spesifikasi canggih dan lengkap membuat drone ini sangat layak dibeli tahun ini.

  1. DJI Mini 2

DJI juga baru saja mengeluarkan drone kelas entry levelnya yakni DJI Mini 2. Drone ini sekaligus sebagai versi peningkatan spesifikasi dari DJI Mavic Mini yang sudah hadir sejak awal tahun 2020 lalu.

DJI Mini 2 dengan resolusi video 4K
DJI Mini 2 dengan resolusi video 4K

Dilihat dari spesifikasinya, kamera drone DJI Mini 2 sudah sangat baik yakni 12 MP dengan kemampuan merekam video hingga resolusi 4K. Selain itu drone ini diklaim mampu terbang hingga 10 KM (dinegara tertentu) dengan durasi terbang hingga 31 menit.

Drone GPS ini juga dibekali dengan gimbal 3 axis sehingga kestabilan gambar video sangat terjaga. Mengenai harga drone kamera DJI Mini 2 cukup mahal dibanding Hubsan Zino Pro Plus yaitu dibandrol Rp.9 jutaan versi Combonya.

  1. Fimi X8SE 2020

Merek Tiongkok lainnya yakni Fimi juga merilis versi terbaru drone kameranya yaitu Fimi X8SE 2020. Drone ini memiliki spesifikasi hampir serupa dengan Hubsan Zino Pro Plus dimana diklaim mampu terbang hingga 8 KM dengan durasi 35 menitan.

Fimi X8SE 2020 dengan resolusi 4K HDR

Sementara urusan kamera drone ini dibekali dengan gimbal 3 axis dengan kemampuan merekam video hingga resolusi HDR 4K. Fiturnya cukup lengkap seperti Smart Tracking dan Smart Flight Mode yang mempermudah dalam urusan video cinematic.

Harga drone Fimi X8SE 2020 saat ini dibandrol sekitar Rp.7 jutaan untuk versi combonya dan bisa dibeli di marketplace-marketplace lokal.

  1. Hubsan Zino 2 Plus

Selain Hubsan Zino Pro Plus, Hubsan juga merilis versi tertinggi dari produk dronenya yakni Hubsan Zino 2 Plus. Drone ini memiliki spesifikasi lebih baik ketimbang versi Pro Plus dimana kameranya mampu merekam video resolusi 4K serta maksimal 120 fps dan max bitrate 100 Mbps.

Hubsan Zino 2 Plus dengan resolusi 4K 120 fps dan 100 Mbps bitrate
Hubsan Zino 2 Plus dengan resolusi 4K 120 fps dan 100 Mbps bitrate

Kualitas gambar sangat stabil dengan bantuan gimbal 3axisnya. Selain itu jarak terbang mencapai 9 KM dengan durasi 35 menit. Terdapat banyak fitur untuk memudahkan mengambil footage yang lebih cinematic.

Mengenai harga drone Hubsan Zino 2 Plus saat ini dibandrol sekitar Rp.9 jutaan untuk versi combonya.

  1. DJI Mavic Mini

Drone DJI Mavic Mini sempat menjadi primadona diawal tahun 2020 ini, drone ini langsung laris dipasaran lantaran memiliki ukuran yang mungil dengan kualitas kamera 12 MP dan video resolusi 2.7K, hasil videonyapun cukup jernih dan layak untuk video cinematic.

DJI Mavic Mini dengan resolusi video 2.7K
DJI Mavic Mini resolusi video 2.7K

Sayangnya kekurangan drone ini dari jarak terbang yang hanya mampu beberapa puluh meter saja, meski begitu ada juga yang bisa mengakalinya sehingga drone bisa terbang hingga 1 km.

Durasi terbang cukup lama mencapai 30 menitan, drone ini juga memiliki fitur standar yang cukup untuk kebutuhan videography. Mengenai harga drone DJI Mavic Mini saat ini dijual sekitar Rp.7 jutaan versi combonya.

Kesimpulan

Dari daftar diatas tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun jika melihat kisaran harga yang lebih bersahabat dengan isi kantong serta kualitas dan fitur yang mumpuni maka bisa jadi drone Hubsan Zino Pro Plus menjadi pilihan sobat sekalian.

Sekian informasi harga drone kamera yang bagus dibawah Rp.10 jutaan mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat bagi sobat sekalian.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”