Hukum Berwudhu Sebelum Membaca Al-Qur’an Termasuk…

Diposting pada

Berwudhu Sebelum Membaca Al-Quran Termasuk…Assalamualaikum sobat sekalian, sudah menjadi kebiasaan kita ketika hendak mengaji kita berwudhu terlebih dahulu kemudian mengambil mushaf Al-Qur’an dan mulai membacanya.

Berwudhu Sebelum Membaca Al-Quran Termasuk
Membaca Al-Qur’an

Padahal itu bukanlah sekedar kebiasaan kita yang dutanamkan sejak kecil melainkan memang ada hukum aturan yang mengharuskan kita untuk bersuci terlebih dahulu sebelum menyentuh kitab suci Al-Qur’an.

Sering ada pertanyaan yang menanyakan prihal boleh tidaknya membaca Al-Qur’an baik secara langsung ataupun tidak langsung tetapi kita tidak dalam keadaan suci setelaj berwudhu.

Dari beberapa sumber mengatakan membaca Al-Qur’an tanpa berwudhu adalah boleh-boleh saja selama sifatnya secara tidak langsung atau berupa hafalan. Nabi Muhammad Sollollohu alaihi wassallam juga pernah membacakan surah Al–Qur’an baik setelah berwudhu maupun dalam keadaan belum berwudhu.

Sementara itu jika berkaitan dengan mushaf Al-Qur’an maka tidaklah diperbolehkan bagi seorang muslim memegangnya tanpa berwidhu terlebih dahulu. Kita harus bersih dan suci dari hadast kecil maupun hadast besar terlebih dahulu.

Dalam surah Al-Waqi’ah ayat 70, Allah Subhanahuwata’ala berfirman:

لَا يَمَسُّهُ إِلَّا الْمُطَهَّرُونَ

“Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.“(Al-Wa-qi’ah: 79). Yakni orang-orang yang suci dari semua hadats, najis dan syirik.

Juga dalam Hadist Nabi Shollollohu alaihi wasallam,

لاَ يَمَسُّ الْقُرْآنَ إِلاَّ طَاهِرًا

“Tidak boleh menyentuh al-Qur’an kecuali orang yang dalam kondisi suci.” (Muwaththa’ Imam Malik, kitab al-Qur’an, Hal. 199; Sunan ad-Darimi, kitab ath-Thalaq (2183)).

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata,

وَالصَّحِيحُ فِي هَذَا الْبَابِ مَا ثَبَتَ عَنْ الصَّحَابَة – رِضْوَانُ اللَّهِ عَلَيْهِمْ – وَهُوَ الَّذِي دَلَّ عَلَيْهِ الْكِتَابُ وَالسُّنَّةُ وَهُوَ أَنَّ مَسَّ الْمُصْحَفِ لَا يَجُوزُ لِلْمُحْدِثِ

“Pendapat yang tepat dalam masalah ini adalah pendapat para sahabat. Itulah pendapat yang sejalan dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah yaitu menyentuh mushaf tidak diperbolehkan bagi orang yang berhadats.” (Majmu’ah Al-Fatawa, 21: 270)

Para Imam kaum muslimin sepakat bahwasannya tidak diperkenankan bagi seorang muslim untuk menyentuh kitab suci Al-Qur’an tanpa berwudhu terlebih dahulu, jadi harus suci baik dari hadast kecil maupun hadast besar.

Sebaiknya jika kondisi darurat maka harus dilapisilah Al-Qur’an tersebut baik dengan kain ataupun dengan kotak pembungkus.

Nah itulah artikel tentang Berwudhu Sebelum Membaca Al-Quran Termasuk yang sebaiknya kita lakukan. Jika membaca Al-Qur’an tidak berwudhu terlebih dahulu maka boleh asalkan tidak menyentuhnya, namun jika harus menyentuhnya maka kita harus berwidhu dan suci terlebih dahulu baik dari hadast kecil maupun hadast besar.

Gambar Gravatar
“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”