Pengertian Tawakal dan Ikhtiar Adalah: Manfaat, Hikmah dan Contoh

Diposting pada

Tawakal dan Ikhtiar adalah – Dalam kehidupan ini kita pasti sudah sering mendengar istilah Tawakal dan Ikhtiar. Dalam kedipuan memang tak lepas dari sebuah usaha namun juga kita harus berdoa agar usaha yang kita lakukan bisa membuahkan hasil. Nah kali ini kita akan kupas tuntas mengenai tawakal dan ikhtiar.

pengertian ikhtiar adalah

Pengertian Ikhtiar dalam Islam

Dalam Islam, Ikhtiar merupakan suatu usaha yang dilakukan secara sungguh-sungguh dan semaksimal mungkin demi mencapai apa yang dicita-citakan, atau demi memenuhi kebutuhan dalam kehidupannya. Tentu saja semua usaha ini haruslah sesuai dengan tuntunan agama.

Bentuk Ikhtiar

Bentuk-bentuk Ikhtiar yang harus dilakukan agar sesuai dengan tuntunan agama adalah sebagai berikut.

1. Ikhtiar yang Bersungguh-sungguh

Apapun yang kita usahakan maka kita harus bersungguh-sungguh menjalaninya agar apa yang kita inginkan dan cita-citakan bisa terlaksana tentu yang sesuai dengan syariat agama.

Sebagai contoh dalam jodoh jika ingin mendapatkan jodoh yang baik maka mulailah bersungguh-sungguh memperbaiki diri dan mencari jodoh yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

2. Ikhtiar Adalah Bekerja Keras

Jika kamu sudah memiliki kesungguhan yang kuat dalam berikhtiar maka selanjutnya adalah anda harus bekerja keras untuk mencapai apa yang diinginkan. Jangan malas karena malas adalah pekerjaan yang disukai oleh syaitan. Bekerja keras sesuai syariat agama dengan berjuang sekuat tenaga demi hasik yang maksimal.

Sebagai contoh anda ingin mendapat kesembuhan dari penyakit yang diderita maka apapun pantangan dokter maka dituruti, berjuang dengan rajin berolahraga dan membersihkan lingkungan.

3. Tidak akan Putus Asa

Tidak mudah putus asa dan oantang menyerah sekalipun apa yang tengah diusahakan tidak kunjung membuahkan hasil, namun kamu tetap berusaha sekuat tenaga dan tidak menyerah karena ada banyak cara yang bisa dilakukan sekiranya cara tersebut baik dan sesuai syariat agama.

Sebagai contoh sobat tengah menjalani sebuah usaha namun tenyata masih mengalami kegagalan, kegagalan tersebut bukanlah akhir dari perjuangan melainkan sebuah cara agar kita menjadi semakin matang dalam berbisnis dan terus mencoba dan mencoba lagi.

Dalam Al-Qur’an di jelaskan, Allah SWT berfirman:

Artinya: “Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan (nasib) suatu kaum, sehingga mereka mengubah keadaan (nasib) yang ada pada diri mereka sendiri“. (QS: Ar-Ra’d ayat 11).

Sebagai seorang muslim maka kita memang diwajibkan untuk terus berikhtiar yang dibarengi dengan doa. Meskipun urusan hasilnya adalah hak dari Allah Subhanahuwata’ala. Allah SWT akan menykai orang-orang yang berikhtiar dengan sungguh-sungguh serta orang-orang yang sabar.

Manfaat Ikhtiar

Bentuk ikhtiar yang bersungguh-sungguh dan tidak mudah menyerah akan memberikan manfaat yang luar biasa kepada kita karena bisa sekaligus menempa diri menjadi lebih kuat baik fisik maupun mental.

Kepuasan batin akan lebih terasa karena kita selalu berusaha semaksimal mungkin demi apa yang kita inginkan. Keberhasilan dari apa yang kita usahakan adalah bonus, kemudian kita akan mendapat kehormatan dari Tuhan dan juga sesama manusia. Kita juga akan lebih bisa menghargai apa yang tengah diuasahakan orang lain karena apa yang kita usahakan juga penuh dengan liku.

Hikmah Ikhtiar Adalah

Dengan berikhtiar tentu kita akan mendapatkan hikmah yang sangat luar biasa bagi kehidupan kita. Kita akan terhindar dari rasa malas dan murung, juga terhindar dari rasa puas diri karena semata-mata apa yang kita usahakan dan keberhasilan adalah pemberian dari Allah SWT.

Ada banyak usaha yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan usaha tersebut mendapatkan sejuta harapan. Sebuah harapan adalah energi positif bagi kehidupan kita. Kita juga akan ditinggikan derajatnya dihadapan Allah SWT dna juga sesama manusia.

Pengertian Tawakal

Dalam kehidupan memang tidak lepas dari ikhtiar dan tawakal. Proses ikhtiar yang dilakukan secara bersungguh-sungguh maka haruslah dibarengi dengan sikap tawakal dimana kita meyakini apa yang kita usahakan dalam proses ikhtiar untuk urusan hasilnya adalah tergantung dari Allah SWT.

Apa yang Allah putuskan kita meyakini bahwa itulah yang paling baik bagi kita dan merupakan keberkahan. Tidak ada yang siap-sia dalam setiap usaha yang kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan kita hanya perlu menjadi manusia yang selalu bersabar.

Keutamaan Bertawakal

Sebagai umat Islam selain berikhtiar juga kita diharuskan bertawakal karena juga memiliki beberapa keutamaan, diantaranya:

1. Membuktikan Keimanan

Bertawakal adalah ciri-ciri orang yang betaqwa dan sebagai salah satu pembuktian keimanan kepada Allah SWT.

2. Mendapat Jaminan Rezeki

Dalam hadist, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

“Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan tawakal yang sebenar-benarnya, kalian pasti diberi rezeki sebagaimana burung diberi rezeki, ia pergi pada pagi hari dalam keadaan perut kosong, kemudian pulang pada sore harinya dalam keadaan kenyang.” (HR Tirmidzi).

3. Dibenci Syaita

“Sungguh, setan itu tidak akan berpengaruh terhadap orang yang beriman dan bertawakal kepada Tuhan.” {Qs. an-Nahl : 99).

4. Selalu Menghargai Setiap Usaha

Setiap usaha yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh dan dibarengi dengan sikap tawakal maka apapun hasilnya dia akan menerimanya dengan ikhlas. Dia akan menghargai setiap usaha yang dia lakukan karena proses akhir yakni hasilnya adalah hak preogratif Allah SWT.

Jika dia bisa menghargai setiap usaha yang dia lakukan maka dia juga akan menghargai setiap usaha yang dijalani oleh orang lain. Karena pada dasarnya setiap usaha penuh dengan perjuangan kuat dan berserah diri kepada Allah SWT.

5. Dicintai Allah SWT

Allah Subhanahu wata’ala sangat menyukai orang-orang yang bekerja keras, berikhtiar yang sungguh-sungguh yang sesuai syariat dan bertawakal kepada Allah SWT.

Manfaat Bertawakal

Bertawakal adalah bentuk dari keimanan seseorang, takwa dan berserah diri kepada Allah SWT. Dia menyakini apa yang dia kerjakan adalah sebagai bentuk ikhtiar sementara urusan hasilnya adalah mutlak keputusan Allah SWT.

Tidak ada pekerjaan yang sia-sia baginya selama semuanya sesuai dengan syariat islam. Apapun hasilnya dia akan menikmatinya baik di dunia maupun di akherat.

Hikmat Tawakal

Berikhtiar dan bertawakal tentu memiliki hikmah. Hikmah dari tawakal adalah kita akan lebih mengkonsep dengan baik apa yang akan kita kerjakan sehingga menjadi optimis, selalu mendapatkan ketenangan diri karena menyadari keterbatasan dirinya dalam berusaha dan kebesaran Allah SWT.

Contoh Tawakal

Dalam keseharian kita ketika hendak berpergian keluar rumah untuk berikhtiar kita sering berdoa kepada Allah SWT “Bismillahi Tawakaltu Alallah, La Haula Walaa Quwwata Illabillah”.

Secara mudahnya kita pergi untuk berikhtiar dan menyerahkan hasil dari segala urusan kita kepada Allah. Allah lah yang lebih tahu apa yang terbaik untuk kita. Sementara kita akan berikhtiar dengan semaksimal mungkin.

Nah itulah pengertian dari Ikhtiar dan Tawakal semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semuanya, amiinn.

Baca Juga:

Penentuan Anggaran proposal
Contoh Teks Deskripsi

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"