Induk Organisasi Bola Basket di Indonesia dan Dunia

Diposting pada

Bola basket, salah satu olahraga permainan bola yang cukup banyak penggemarnya, namun tahukah kamu, apa induk organisasi bola basket di Indonesia dan di Dunia?

Seperti kita tahu semua olahraga yang dipertandingan dalam setiap even pastilah memiliki induk organisasi olahraganya, tidak terkecuali permainan bola basket maka sudah pasti ada induk organisasi baik skala nasional maupun internasional.

Fungsi induk organisasi olahraga ini memang sangat penting selain mengatur regulasi pertandingan juga keberadaan tim yang ada di suatu wilayah atau negara. Kemudian bisa juga untuk mengatur sebuah turnamen baik turnamen lokal maupun internasional sehingga semuanya menjadi lebih resmi.

induk organisasi bola basket di Indonesia

Induk Organisasi Bola Basket Indonesia PERBASI

Di Indonesia induk organisasi khusus menangani permainan bola basket adalah PERBASI dengan kepanjangan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Perbasi yang didirikan pada 23 Oktober tahun 1951 ini bertugas mengatur semua regulasi pertandingan basket di Indonesia. Mulai dari regulasi tim hingga kompetisi lokal, juga keikut sertaan Indonesia dalam ajang bola basket internasional baik laga resmi seperti SEA Games, Olimpiade hingga kompetisi liga bola basket baik lokal maupun unternasional.

Sejarah Singkat Perbasi

Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PERBASI) didirikan pada tanggal 23 Oktober 1951 sesuai permintaan Bapak Maladi yang menjabat sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI).

Saat itu Maladi meminta Tony Wen serta Win Latumeten untuk membentuk induk organisasi bola basket di Indonesia yang akhirnya didirikanlah PERBASI (Persatuan Basket Ball Seluruh Indonesia).

Tony Wen diangkat sebagai ketua PERBASI Kemudian Win Latumeten menjabat sebagai sekretaris. Pada tahun 1955 ada perubahan nama kepanjangan dari PERBASI yang awalnya adalah Persatuan Basket Ball Seluruh Indonesia kemudian dirubah menjadi Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia.

Seperti halnya induk organisasi cabang olahraga lainnya, PERBASI juga memiliki kepengurusan daru mulai tingkat bawah seperti pengurus di perkumpulan bola basket, Pengcab atau kepengurusan tingkat cabang Kabupaten, kemudian Pengda atau kepengurusan tingkat daerah provinsi hingga kepengurusan besar atau pusat atau PB PERBASI dalam hal ini tingkat nasional.

Persyaratan Menjadi Anggota Perbasi

Mungkin kamu memiliki sebuah tim bola basket dan sering mengikuti kejuaraan baik kejuaraan tingkat Pengcab, Pengda hingga tingkat nasional. Maka akan lebih baik jika klub bola basket kamu tergabung secara resmi dengan PERBASI.

Setidaknya ada tujuh persyaratan untuk tim bola basket kamu agar bisa tergabung secara resmi di PERBASI, syarat-syarat tersebut sudah tertuang dalam AD-ART PERBASI, berikut ini diantaranya:

  1. Klub bola basket kamu harus mengajukan permohonan untuk bergabung ke PERBASI baik tingkat cabang atau Pengda di kabupaten atau kota. Permohonan tersebut ditulis secara resmi dan di sampaikan ke kantor pengurus PERBASI didaerah. Juga pernyataan bahwa kamu akan mengikuti semua aturan dari PERBASI sesuai AD-ART PERBASI.
  2. Lampirkan juga dokumen-dokumen pendukung seperti:
  • Daftar pengurus tim kamu serta struktur organisasi lengkap
  • Daftar nama anggota tim dan official lengkap dengan foto
  • Peraturan kepengurusan atau perkumpulan kamu yang sudah pasti sesuai dengan PERBASI
  • Alamat sekretariat resmi tim kamu.
  1. Menyetujui persyaratan-persyaratan yang diminta PERBASI, salah satunya siap keanggotaannya di cabut jika suatu saat melanggar aturan PERBASI sehingga hak dan kewajibannya gugur.
  2. Jika ingin bergabung lagi maka harus kembali menyerahkan persyaratan serta kesediaannya mengikuti semua aturan yang ada di PERBASI.
  3. Status keanggotan berakhir setelah melakukan rapat pengurus PERBASI tingkat kabupaten atau Kota juga atas rekomendasi dari PB PERBASI.

Induk Organisasi Bola Basket Dunia (FIBA)

Selain Induk organisasi bola basket di Indonesia tentu ada Induk Organisasi Bola Basket di Dunia, dalam hal ini adalah FIBA (Federation Internationale de Basketball) dengan skretariat di Jenewa, Swiss.

FIBA pertama kali didirikan pada tanggal 18 Juni 1932 dengan nama Federation Internationale de Basketball Amateur yang di prakarsai oleh beberapa negara yakni Swiss, Argentina, Yunani, Cekoslowakia, Italian, Latvia, dan Rumania.

Organisasi FIBA ini memiliki tugas dan fungsi untuk mengatur regulasi cabang olahraga bola basket di seluruh dunia. Semua induk organisasi bola basket di dunia atau di negara-negara mengacu pada FIBA.

Kejuaraan bola basket tingkat dunia digelar FIBA pada tahun 1950 dan khusus untuk kelompok pria, kemudian tiga tahun berselang kejuaraan bola basket wanita digelar yakni pada tahun 1953.

Turnamen bola basket dunia diselenggaran setiap empat tahun sekali dengan waktu yang tidak bersamaan dengan perhelatan akbar olimpiade.

Induk Organisasi Bola Basket Amerika Serikat (NBA)

Kalian pasti sudah sering mendengar atau melihat NBA kan? Ajang kejuaraan bola basket Amerika Serikat yang paling banyak menyita perhatian dunia. Di Amerika Serikat, bola basket adalah salah satu olahraga paling populer dimana lahirnya Michael Jordan atau Sam O’Niel.

NBA sendiri memiliki kepanjangan National Basketball Association atau Induk olahraga bola basket Amerika Serikat.

Amerika dengan loga NBA nya menjadi satu-satunya liga bola basket terbaik di dunia dan menjadi kiblat bola basket dunia, stadion megah dan besar serta hadirnya bintang-bintang basket dari seluruh dunia bertanding di liga ini.

Awal berdirinya induk organisasi bola basket Amerika Serikat adalah pada tanggal 6 Juni 1946 di New York. Awalnya bernama BAA atau Basketball Association of America, kemudian pada tanggal 3 Agustus 1949 berubah nama menjadi NBA atau National Basketball Association setelah ada merger dengan National Basketball League (NBL).

Nag itulah sekilas sejarah mengenai induk organisasi bola basket di Indonesia dan di Dunia. Mudah-mudahan informasi ini bisa memberikan manfaat untuk sobat sekalian.

Baca Juga:

Menentukan Anggaran Biasa Proposal
Pengertian Tawakal dan Ikhtiar

Gambar Gravatar
"Travel Vlogger yang suka tantangan"