Inilah Kelebihan dan Kekurangan Hubsan Zino 2, Drone 4K Jarak Terbang 8 KM

hubsan zino 2

Halo sobat sekalian, kali ini saya mau berbagi pengalaman pribadi selama menggunakan drone entry level Hubsan Zino 2. Drone ini dipasaran dibandrol sekitar Rp. 8 jutaan untuk versi combonya dan sudah ada beberapa toko dimarkerplace lokal yang menjualnya.

kelebihan dan kekurangan hubsan zino 2
kelemahan Hubsan Zino 2

Meski masuk kategori entry level karena harganya yang masih dibawah Rp.10 jutaan namun drone ini sementara masuk dalam jajaran drone unggulan pabrikan Hubsan. Secara spesifikasi memang cukup mentereng dan bisa bersaing dengan drone-drone mahal merek lainnya.

Sebut saja drone Hubsan Zino 2 ini diklaim mampu terbang hingga 8 KM dengan kualitas rekaman video hingga 4K 60 fps serta ada peningkatan gambar yang lebih tajam dibanding versi sebelumnya. Lama terbang mencapai 34 menitan dengan hovering yang cukup stabil dan lain sebagainya.

Namun benarkah apa yang ditawarkan pada spesifiaksi sesuai dengan apa yang dialami oleh para penggunanya? Jadi kali ini saya akan berbagi pengalaman untuk sobat blog sekalian dengan ulasan kelebihan dan kekurangan Hubsan Zino 2.

KELEBIHAN HUBSAN ZINO 2

  1. Jarak Terbang Cukup Jauh

Jika dilihat dari spesifikasinya tentu drone ini sudah selayaknya memiliki banyak kelebihan. Harga Rp.8 jutaan dengan kemampuan terbang yang stabil dan tahan angin “kenceng” serta jarak tempuh 8 KM dengan kualitas video 4K/60 fps tentu sudah lebih dari cukup.

Dan memang benar saja jarak terbang bisa dimaksimalkan hingga 8 KM jika sobat menerbangkannya ditempat yang hampir tidak ada intervensi sedikitpun. Sudah banyak yang test terbang drone Hubsan Zino 2 ini dan mencapai titik maksimum 8 KM.

Namun bagi saya pribadi jarak terbang hingga 8 KM sudah terlalu berlebihan, saya pribadi cukup diangka 4 hingga 5 KM saja sudah cukup puas dan bisa memenuhi kebutuhan membuat video cinematic.

Saya juga pernah mencoba drone Hubsan Zino 2 ini terbang di area perkampungan dan mampu mencapai angka 5000 meter atau 5 kilometer.

  1. Kualitas Video Maksimal

Drone Hubsan Zino 2 memang dibekali dengan peningkatan spesifikasi pada kameranya. Saya tidak akan membahas detail kamera yang digunakan serta spesifikasinya namun saya hanya akan memberikan gambaran mengenai hasil gambar videonya.

Menurut saya merekam video diresolusi 4K 60 fps mampu menghasilkan gambar yang mumpuni yang jernih dan tajam meski memang ada masalah pada kamera drone ini.

Hasil rekaman videonya sangat mumpuni untuk kebutuhan videography aerial apalagi didukung dengan kecakapan pilot dalam menerbangkan drone dan menempatkan drone pada posisi-posisi tertentu hasilnya akan sangat “cinematic”.

  1. Lama Terbang Lumayan

Keunggulan drone Hubsan Zino 2 lainnya adalah lama terbang yang mencapai angka 30 menitan meski pada kenyataan dilapangan saya palingan hanya menerbangkannya dikisaran 20 menitan. Demi keamanan saya selalu menyisakan 30 persen baterai sebelum akhirnya drone di landingkan.

Bagi saya lama terbang drone ini sudah cukup untuk menghasilkan banyak footage menarik sebagai bahan video cinematic yang akan dibuat. Apalagi saya memiliki 2 baterai cadangan.

  1. Tahan Terhadap Angin

Drone Hubsan Zino 2 ini memiliki bobot hampir 1 kg dengan ukuran yang lebih besar sedikit dibanding Zino Pro atau Zino standar pertama. Dengan spesifikasi ini membuat drone ini sangat tahan terhadap angin kencang.

Sobat tinggal melatih skill menerbangkan drone agar menjadi lebih terbiasa saat drone menghadapi angin kencang. Meski begitu drone masih terlihat cukup stabil.

KEKURANGAN HUBSAN ZINO 2

Flare pada Hasil Video

Salah satu kekurangan yang paling mengganggu dari Hubsan Zino 2 adalah sering terjadinya flare pada hasil videonya. Memang benar kualitas gambar yang dihasilkan mengalami peningkatan dibanding seri Zino lainnya hanya saja kamera drone Hubsan Zino 2 ini tidak bisa berhadapan langsung dengan matahari.

Alhasil akan terjadi flare atau pembiasan cahaya yang sangat parah yang sudah pasti hasil footagenya tidak akan terpakai. Padahal dari segi sudut pengambilan gambar footage tersebut sudah sangat baik dan cinematic namun karena adanya flare maka terpaksa harus dibuang.

Solusi untuk mengatasi flare tersebut adalah dengan memasang ND Filter pada lensa kameranya dan filter ini harus dibeli secara terpisah.

Gimbal yang Bergetar

Hubsan Zino 2 dibekali dengan masin yang sangat bertenaga yang mengakibatkan peningkatan getaran pada drone saat terbang. Pada kondisi tertentu seperti pada gerakan menurun gimbal kamera terkadang bergetar sehingga hasil footage menjadi tidak bagus dan terpaksa harus dibuang.

Kamera dan gimbal Hubsan Zino 2
Kamera dan Gimbal Hubsan Zino 2

Getaran pada gimbal ini tidak terjadi pada drone Hubsan Zino dan seri Hubsan Zino Pro dan hanya terjadi pada Hubsan Zino 2 saja. Bisa jadi jenis gimbal yang digunakan juga berbeda.

Update Firmware yang Kerap Bermasalah

Hubsan Zino 2 bisa melakukan update firmware secara manual melalui laptop ataupun melalui smartphone. Hanya saja update firmware ini banyak yang mengalami masalah dan sering gagal.

Banyak faktor penyebabnya diantaranya adalah koneksi internet yang kurang stabil. Selain itu kegagalan update firmware membuat drone tidak bisa terbang. Terkadang kita harus menghubungi pihak Hubsan akibat kegalalan ini lantaran tidak memiliki solusi yang pasti.

KESIMPULAN HUBSAN ZINO 2

Nah memperhatikan kelebihan dan kekurangan drone Hubsan Zino 2 diatas tentu bisa menjadi bahan pertimbangan sobat sekalian apakah akan memutuskan membeli drone ini atau tidak.

Apalagi saat ini juga ada seri terbaru dari DJI yang sudah siap meluncur dipasaran yakni DJI Mini 2 yang kebetulan dibandrol dengan harga kurang lebih sama dengan Hubsan Zino 2. Sayangnya saya masih belum mendapatkan informasi lengkap dari pengalaman pengguna mengenai DJI Mini 2 ini, Lantas drone mana yang ingin sobat pilih?

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”