Jelaskan Pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab

elaskan pengertian hak kewajiban dan tanggung jawab

Hi, artikel ini saya buat karena adek saya yang masih duduk di bangku sekolah mendapatkan pertanyaan seperti ini, Jelaskan pengertian hak kewajiban dan tanggung jawab.

Mungkin kamu sekalian juga tengah membutuhkan jawaban dari pertanyaan ini, nah berikut ini jawaban yang saya rangkum dengan lebih singkat dan mudah dipahami.

elaskan pengertian hak kewajiban dan tanggung jawab
Jelaskan pengertian hak kewajiban dan tanggung jawab

Pengertian HAK

Pengertian Hak adalah segala sesuatu yang harus didapatkan oleh setiap orang dari mulai belum lahir hingga sudah ada didunia ini. Contoh mudahnya jika kamu masih didalam kandungan maka hak kamu adalah mendapatkan nutrisi yang baik dari kedua orang tuamu.

Begitupun jika kamu sudah lahir kedunia maka hak kamu adalah mendapatkan apapun yang memang harus kamu dapatkan seperti kasih sayang, perlindungan, hak hidup yang layak, pendidikan yang baik, serta kebutuhanmu dan lain sebagainya.

Sementara pengertian Hak menurut kamus Bahasa Indonesia adalah suatu hal yang benar, milik, kepunyaan, kewenangan, kekuasaan untuk berbuat sesuatu (karena telah ditentukan oleh undang2, aturan, dsb), kekuasaan yang benar atas sesuatu atau untuk menuntut sesuatu, derajat atau martabat.

Pengertian Kewajiban

Sementara pengertian kewajiban adalah segala sesuatu yang harus kamu laksanakan atau kamu kerjakan sesuai dengan peraturan yang ada. Bisa saja jika kamu tidak melaksanakannya maka kamu akan mendapatkan sanksi.

Sebagai contoh jika disekolah maka kamu wajib mengikuti dan mentaati peraturan yang berlaku disekolah. Jika diberikan pekerjaan rumah (PR) maka kamu wajib menyelesaikannya dan lain sebagainya.

Jika dirumah maka kewajiban kamu adalah mentaati orang tua, menghormatinya, membantu orang tua dan lain sebagainya.

Pengertian Tanggung Jawab

Kita sering mendengar tentang tanggung jawab dan kita tahu maksudnya apa namun jika dijabarkan seakan sulit ya. Nah pengertian tanggung jawab adalah kesadaran diri pada manusia atas tingkah laku yang diperbuatnya yang sifatnya disengaja maupun tidak untuk diperbaiki atau berbuat sesuatu sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya.

Sementara menurut kamus bahasa Indonesia, pengertian tanggung jawab adalah berkewajiban menanggung, memikul, menanggung segala sesuatunya atau memberikan jawab dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja ataupun tidak disengaja.

Contoh mudahnya adalah jika kamu berada dilingkungan rumah maka kamu memiliki tanggung jawab untuk menjaga nama baik keluarga, kamu memiliki tanggung jawab agar rumah selalu terlihat rapi dan bersih. Kamu memiliki tanggung jawab memperbaiki apa yang sudah kamu rusak dan lain sebagainya.

Nah itulah sekilas mengenai pengertian Hak Kewajiban dan Tanggung Jawab, semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: deniandrian

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia”